fbpx

Trending News

Blog Post

Penjualan Vinyl Raih Angka Tertinggi Dalam 25 Tahun Terakhir
Music News

Penjualan Vinyl Raih Angka Tertinggi Dalam 25 Tahun Terakhir 

Kecintaan orang-orang jaman sekarang pada segala sesuatu yang berbau retro tampaknya berimbas secara postif juga pada vinyl. Piringan rekaman klasik ini tetap digemari dan diburu oleh banyak orang, di tengah semakin gencarnya “serangan” digital dan streaming yang mengancam eksistensi album fisik seperti CD misalnya. Setidaknya di Inggris.

Menurut laporan DigitalSpy, tahun lalu telah terjual sebanyak 3.2 keping vinyl dan menandakan peningkatan sebesar 53% dibandingkan tahun 2015 dan merupakan penjualan tertinggi semenjak tahun 1991 lalu. Tahun 2016 menandakan tahun kesembilan secara berturut-turut yang menunjukkan peningkatan penjualan vinyl secara signifikan.

Album terakhir David Bowie, “Blackstar”, adalah album dengan format vinyl yang paling banyak terjual. Bahkan dua kali lipat dari album “25” milik Adele. Sang musisi yang wafat di awal tahun 2016 tersebut juga memiliki 4 album album lain yang masuk dalam daftar 30 yang terlaris. Berada di posisi 2 adalah album klasik Amy Winehouse, “Back to Black”.

Untuk tahun 2017, diprediksi jika vinyl masih akan menunjukkan geliat yang menggembirakan. Apalagi muncul trend atau kecenderungan di kalangan musisi untuk merilis ulang album-album mereka dalam bentuk vinyl, seperti yang dilakukan oleh Beck atau Radiohead.

Related posts

Leave a Reply