Quantcast

CreativeDisc Interview with Radhini: Cerita di Balik Pembuatan Single “FLY” dan “LELAH”

By - 3 months ago in Artist Interviews

Penyanyi pop Radhini baru saja menggebrak industri musik tanah air dengan karya-karya terbarunya di akhir 2018 lalu. Penyanyi bernama lengkap Radhini Aprilya Hapsari ini menghadiahi para pecinta musik dengan single-single baru berjudul “Fly” dan “Lelah” yang ia garap dengan tidak biasa. Yuk, simak wawancara CreativeDisc dengan Radhini berikut ini!

CD : Baru-baru ini kamu merilis single ‘Fly’ yang surprisingly keren banget dan di sini kamu berduet dengan Ramengvrl yang namanya semakin meroket di tahun 2018 kemarin. Ceritakan dong gimana kolaborasi ini bisa terbentuk?
Radhini : Kebetulan Ramengvrl ada di labelnya suamiku. Dan sebelumnya kita memang udah kenal juga, udah sering hangout bareng. Semuanya berawal dari pertemanan itu dan kita suka ngobrol bareng. Kebetulan kita sama-sama Aries dan ulang tahun kita cuma beda sehari. Kalau ngobrol soal musik pun kita nyambung banget. Lalu suatu hari aku punya ide untuk bikin lagu yang temanya self empowering. Menurutku seru aja kayaknya bikin lagu tentang seorang cewek, terus aku ngajak cewek juga untuk kolaborasi. Pas aku bilang ide ini ke dia, ternyata dia juga antusias! Lalu terciptalah “Fly”.

CD : Berapa lama nih prosesnya dari sejak “ngide” sampai dengan akhirnya lagu ini bisa dirilis?
Radhini : Untuk prosesnya sendiri sekitar dua-tiga bulan yang kita habiskan di aransemen beserta revisi-revisinya. Tapi pas udah fix, kita recordingnya cepet banget

CD : Apakah kalian nulis lirik lagunya bareng-bareng juga?
Radhini : Ramengvrl nulis lirik untuk part dia-nya aja. Tapi kalau untuk lagu dan lirik yang lain itu aku sendiri yang nulis.

CD : Susah gak sih ngaransemennya? Kan tiba-tiba ada part rap-nya di tengah-tengah lagu?
Radhini : Kebetulan memang lagu ini memang sengaja dibikin beatnya agak hip-hop. Aku ngga mau juga bikin Ramengvr untuk dipaksa masuk ke pop, atau bikin dia untuk nge-rap di atas beat pop.

CD : Selain “Fly”, yang sangat menarik perhatian adalah single “Lelah”. Katanya Radhini membuka “layanan curhat” untuk para fans dengan mengirimkan curhatan mereka melalui media sosial ke kamu. Ceritain dong tentang proses pembuatan lagu “Lelah” ini!
Radhini : Pas aku bikin kampanye #CurhatinRadhini ini, kebetulan cerita yang masuk semuanya sedih. Kebanyakan yang curhat itu cewek-cewek, dan aku baca satu-persatu. Dari semuanya, aku pilih tiga orang yang ceritanya paling mewakili. Dari ketiga cerita mereka lalu aku buatkan lirik yang temanya memang tentang kesedihan.

CD : Apakah mereka tahu kalau cerita merekalah yang dipilih Radhini?
Radhini : Mereka tahu! Karena akhirnya aku ngajak ketiga orang ini untuk makan dan hang-out bareng dan cerita secara langsung ke aku. Dari situ aku bisa lebih dapetin feel dri cerita-cerita mereka untuk kemudian dibuatkan lagu.

CD : By the way, Radhini.. kasih tau dong 5 hal yang nggak orang lain tahu tentang kamu!
Radhini :
1. Aku itu dulunya adalah atlet roller blade. Dan dulu aku benar-benar serius sampai masuk Pekan Olahraga Nasional (PON)
2. Sebelum nyanyi, aku biasanya suka deg-degan parah sampai bikin aku tuh diem banget. Banyak orang bilang aku songong banget padahal sebenarnya aku lagi nervous.
3. Aku itu anaknya doyan makan, pemakan segala pokoknya!
4. Aku orangnya agak moody.
5. Kalau berurusan soal makanan, aku tuh kalau lagi pengen satu makanan tertentu ya harus dapet. Pernah waktu itu aku pengen satu makanan tapi tokonya keburu tutup. Aku sampai telepon manajernya mohon-mohon untuk tetep buka sampe aku sampe di sana dan akhirnya dapet deh!

Photo by: Titaz
Interview & Teks: Jeni Rahman

a weirdo, a dreamer, a freethinker. I'm on a diet but I'm not getting thinner.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Concerts Review | May 4, 2019 By

ONE OK ROCK Kembali Guncang Jakarta Setelah 6 Tahun

Concerts Review | April 1, 2019 By

Music Unites Us!! 15 Tahun Perayaan Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2019

Artist Interviews | March 20, 2019 By

Exclusive Interview with Jeff Bernat: Mantan Dancer Yang Beralih Menjadi Penyanyi Soul R&B