Trending News

Blog Post

CreativeDisc Interview with Sabrina Claudio: Tak Menyangka Punya Banyak Fans di Indonesia
Artist Interviews

CreativeDisc Interview with Sabrina Claudio: Tak Menyangka Punya Banyak Fans di Indonesia 

Mengawali karir di dunia musik dengan mengcover lagu-lagu di soundcloud dan youtube, Sabrina Claudio sudah mulai merintis karir musik di dunia internasional. Suaranya yang mystical membuat penyanyi berumur 22 tahun ini memiliki ciri khas tersendiri. Pada tahun 2016, ia merilis 3 lagu secara independen yang berjudul ‘Runnin’ Thru Lovers’, ‘Orion’s Belt’, ‘ dan ‘Confidently Lost’. Melalui lagu’Confidently Lost’, karir bermusik Sabrina Claudio mulai melejit dan dikenal oleh banyak orang. Ia merilis EP dengan judul ‘Confidently Lost’ pada tahun 2017 di bawah naungan SC Entertainment/Atlantic Records.

Sikapnya yang friendly dan easy-going menutup paras wajahnya yang tegas, sehingga Sabrina Claudio di kenal menjadi pribadi yang asik untuk bersosialisasi. Pembawaan ia pun saat bernyanyi di atas panggung yang santai namun tetap menawan menjadi daya tarik lain bagi penyanyi yang lahir di Miami tersebut.

Penampilannya di We The Fest 2019 beberapa hari yang lalu mengundang banyak fans baru dan tidak lama lagi Sabrina Claudio akan merilis album baru dengan judul “Truth Is”. Lagu ‘As Long As You’re Asleep’ yang baru saja ia rilis tanggal 22 Juni lalu juga akan menjadi salah satu lagu yang ada di dalam album tersebut. Simak interview Sabrina Claudio yang diadakan di kantor Warner Music Indonesia berikut ini.

Creative Disc: Bagaimana perasaanmu tampil di We The Fest 2019? Apakah masih merasakan suasananya?
Sabrina Claudio: Oh tentu! We The Fest merupakan salah satu festival yang paling berpengaruh yang pernah saya lakukan dalam waktu yang lama. Ini merupakan kali pertama saya berada di luar Amerika utara. Jadi Indonesia merupakan perhentian pertama saya dan saya sama sekali tidak menyangka akan ada banyak orang yang tahu saya disini jadi untuk berada di panggung dan mendengar mereka, kamu tahu, hanya berteriak dan mendengar mereka menyanyikan seluruh lirik lagu-lagu saya itu benar-benar luar biasa dan nampak tidak nyata bagi saya. Sejauh ini, hal tersebut menjadi pengalaman terbaik bagi saya.. yeah!

Creative Disc: Adakah perbedaan antara konser atau festival di Indonesia dengan di luar sana dan apa hal yang tidak bisa dilupakan di We The Fest kemarin?
Sabrina Claudio: Mungkin perbedaan terbesar bagi saya adalah kultur dan energinya. Itu merupakan hal yang belum pernah saya alami dan untuk dapat berada disini dan melihat dan untuk merasakan energi dari keramaian orang-orang yang menonton, kamu tahu, itu berbeda dari festival-festival yang pernah saya lakukan di Amerika. Momen yang mengesankan selain melihat dan bernyayi bersama orang banyak, melihat ke keramaian penonton dan melihat banyak dukungan yang saya dapat. Karena saya selalu menganggap itu menarik untuk pergi ke konser saya dan festival-festival dan melihat banyak orang yang tersentuh dengan musik saya. Jadi itu merupakan beberapa hal yang menarik dari festival dan merupakan sesuatu yang saya selalu pikirkan saat saya menulis musik, jadi tentu itu merupakan hal indah yang selalu saya sadari.

Creative Disc: Berbicara tentang We The Fest, bagaimana perasaanmu saat kamu tau bahwa musikmu dapat membawamu ke beberapa wilayah?
Sabrina Claudio: Benar, itu tentu saja sangat menginspirasi. Karena terkadang untuk saya saat saya berada di rumah dan tidak tampil, bahkan di Amerika, dan saya hanya menulis dan mengerjakan musik saya, itu mudah bagi saya untuk lupa bahwa musik saya memiliki tujuan untuk beberapa orang. Banyak orang-orang hanya menunggu saya untuk menulis sesuatu dan mengeluarkannya. Saya hanya memikirkan bahwa musikku dapat tersebar keseluruh dunia membuat saya selalu ingin kembali pulang dan terus membuat musik dan terus mengeluarkannya dan tetap melakukan hal ini seumur hidup. Jadi itu sangat menginspirasi.

Creative Disc: Pernahkan kamu mengalami hal sulit di dunia permusikan dan bagaimana caramu untuk bangkit kembali?
Sabrina Claudio: Menurut saya mengalami writer’s block tidak dapat dihindari saat saya menulis musik saya. Tetapi saya pikir hal terbesar adalah saya sangat selalu meragukan diri saya sendiri. Saya ragu dengan diri saya saat saya ada di dalam proses kreatif dan menurut saya karena saya menjadi kreatif sendiri yang datang dengan tidak berada di dalam satu ruangan dengan penulis lagu lain, dengan saya menulis semuanya sendiri, itu seperti saya memiliki masalah bahwa saya harus melakukan sesuatu lebih baik lagi. Saya sadar bahwa itu hanya ada di dalam pikiran saya saat saya hadir disini, dan tampil, dan orang-orang sangat senang dan bernyanyi dan lainnya. Tetapi saat saya sendiri dan melakukan proses saya sendiri, tentu saya memiliki keraguan terhadap diri sendiri, sayangnya. Untuk bangkit saya hanya harus memastikan untuk datang ke Indonesia dan tampil di We The Fest.

Creative Disc: Bisakah kamu ceritakan sedikit tentang album barumu dan adakah perbedaan dari album sebelumnya?
Sabrina Claudio:Yeah, jadi album yang sedang saya kerjakan ini merupakan projek yang lebih kolaboratif yang pernah saya punya. Sebelumnya saya sudah bilang bagaimana saya selalu menulis lagu sendiri jadi proyek ini memiliki banyak kolaborator di dalam penulisan lagu dan produser yang berbeda jadi album ini akan tetap konsisten dalam suaranya karena saya selalu menjaga kekonsistensian saya dalam bernyanyi tetapi ada banyak cerita yang disampaikan karena saya bekerja dengan beberapa penulis lagu dan wanita yang dapat membuka dirinya kepada saya dan menceritakan kisahnya dan dari aspek melodi juga berbeda karena, kamu tahu, saya memberi kebebasan beride kepada mereka dan melodi mereka, ide lirik mereka, saya pikir kalian akan dapat mendengar perbedaan tersebut didalam musik ini.

Creative Disc: Apa yang akan kamu ceritakan di dalam album baru tersebut?
Sabrina Claudio:Jadi “Truth Is” adalah… ngomong-ngomong itu adalah judul albumnya, tentang kerentanan dan menyentuh kedalam emosi-emosi tertentu yang orang-orang hampir takut untuk membicarakannya dan jadi secara konsep setiap lagu merupakan deskripsi suatu emosi yang berbeda yang kita sering pikirkan atau terkadang sangat takut untuk mengekspresikannya. Jadi saya agak ingin menjadi pelarian untuk orang-orang saat mereka mendengarkannya dan untuk bisa memutar lagunya dan berpikir, ‘Well, saya memikirkan hal ini setiap waktu, saya tidak menyangka akan mendengarkannya di dalam sebuah lagu’. Kamu tahu maksud saya kan? Jadi itulah keseluruhan pesan dan konsep dari projek baru ini.

Creative Disc: Kamu baru saja merilis lagu dengan judul ‘As Long As You’re Asleep’, bisakah kamu ceritakan arti di balik lagu tersebut?
Sabrina Claudio:‘As Long As You’re Asleep’ merupakan lagu tentang patah hati yang benar-benar sulit. Bahwa mungkin seseorang mengalaminya dimana satu-satunya waktu yang meraka rasa mereka bisa menjalani hidup mereka yaitu saat mereka tahu bahwa orang lain yang membuat mereka galau sedang tertidur, karena saat kalian tertidur dan tidak sadar, saat itulah orang tersebut dapat merasa bahwa mereka bebas untuk hidup dan tetap menjalani hidup.. yeah..

Creative Disc: Tentunya kamu memiliki banyak lagu, adakah lagu yang kamu paling nikmati saat tampil di atas panggung?
Sabrina Claudio: Lagu favorit saya yang saya tidak akan pernah lelah untuk menampilkannya adalah ‘Confidently Lost’. Karena lagu tersebut merupakan lagu pertama yang saya tulis saat saya pindah ke Los Angeles dan juga merupakan lagu pertama yang paling saya banggakan. Saya sudah menulis lagu sebelumnya tetapi saya termanipulasi untuk menulis sesuatu yang saya tidak ingin tulis. Jadi ‘Confidently Lost’ merupakan lagu berjiwa bebas pertama saya dan itu juga menggambarkan beberapa momen dalam hidup saya, yaitu saat saya pindah ke Los Angeles, bahwa setiap kali saya menampilkan lagu itu saya selalu teringat perasaan saya sekarang dan saya dapat melihat perbandingannya. Itu juga merupakan lagu yang bagus kan hehehe.

Creative Disc: Apakah kamu ingin mencoba genre lain selain R&B?
Sabrina Claudio: Uh.. Well.. saya sudah mencoba dance music seperti house music,jadi itu yang sudah saya coba untuk lakukan dalam hal musik yang lain. Saya pikir pop merupakan hal terdekat yang saya ingin coba hanya karena saya dapat bernyanyi pop. Hanya saja melodinya sedikit sulit untuk saya karena saya suka menjadi sedikit gila dengan melodi saya dan pop lebih terstruktur. Tetapi pop akan menjadi keren untuk saya mencobanya, mungkin saya dapat membawakannya dengan baik hehehe.

Creative Disc: Apakah kamu memiliki caramu sendiri untuk mengatasi anxietymu?
Sabrina Claudio: Pertanyaan yang bagus. Bagi saya, terkadang anxiety saya dapan menjadi sulit untuk saya tangani sendiri dan hal yang saya selalu lakukan adalah, saya merupakan orang yang family-oriented, jadi setiap saya merasa sedih atau saya merasakan semacam anxiety-attack, Uhm saya selalu… disana ada Cassandra, dia adalah sahabatku yang selalu saya bawa kemanapun saya pergi dan dia seperti penenangku. Saat saya berada di rumah, saya merasakan hal-hal tersebut, saya selalu mencoba mengelilingi diriku dengan kasih sayang dan keluarga dan dukungan. Itulah cara yang saya tahu untuk mengatasi anxiety saya saat hal itu sulit bagi saya untuk saya atasi sendiri.

Creative Disc: Ceritakan 5 hal yang fans kamu tidak tahu tentang dirimu?
Sabrina Claudio: Ya Tuhan! uhmmm 5… cukup banyak ya. Okay 3 saja ya, saya bahkan tidak dapat berpikir ketiganya. Mari kita lihat. (sambil berpikir keras) Jadi salah satu hal favorit yang saya lakukan, guilty pleasure saya adalah menonton mukbang di youtube! Itu merupakah hal favorit yang saya suka tonton di youtube, saya menontonnya setiap malam. Kedua, saya memiliki 4 anjing, saya tidak tau apakah itu disebut fun fact atau boring fact, mereka baik-baik dan saya menyayangi mereka. Lalu, yang terakhir, saya tidak suka berpergian. Untuk perempuan berumur 22 tahun, sangat jarang berpergian. Bahkan jarang memegang handphone untuk membuka social media.

Teks & interview by: Icha
Special thanks to Warner Music Indonesia.

Related posts

Leave a Reply