CreativeDisc Exclusive Interview With Yuka: Memaksimalkan Kesempatan Yang Ada Pasca Viralnya ‘Baby You’

Oleh: luthfi - 27 Mar 2024 | Views: 4

Sejak SMA, penyanyi asal Osaka, Jepang bernama Yuka mempunyai keinginan yang kuat untuk menyeriusi karirnya di bidang musik. Meskipun ia ditolak terus menerus di berbagai macam audisi dan kontes ia tidak menyerah dan memilih untuk menjadi pekerja kantoran dulu sambil berkarya di bidang musik. Sembari bekerja, cewek yang mengagumi penyanyi ayaka ini mengunggah cover lagu populer di Instagram dan pada 2015 ia mengunggah lagu ‘Birthday Note’ yang sukses menarik perhatian banyak orang di Jepang. 

Ia terus konsisten dalam berkarya dan hasilnya ia telah merilis dua mini album dan satu EP secara independen dan berhasil mengumpulkan basis penggemar yang cukup banyak di Jepang. Kesuksesan dia di sirkuit indie membuahkan kontrak major label Nippon Columbia yang merupakan label legendaris di Jepang dan menjadi rumah penyanyi/penulis lagu perempuan yang unik dan mempunyai warnanya sendiri.

Setelah masuk major label, ia merasakan tekanan yang cukup luar biasa dan ingin membuktikan bahwa ia pantas untuk masuk ke jenjang karir yang lebih tinggi apalagi ia berada di bawah manajemen yang sama dengan nama legendaris seperti Tatsuro Yamashita dan Mariya Takeuchi. Untunglah, ia berhasil membuktikan bahwa ia pantas naik tingkat dengan lagu pertamanya di bawah major label, ‘Baby You’ yang viral dimana-mana termasuk Indonesia. ‘Baby You’ sendiri membawanya menjadi salah satu artis Jepang yang populer di Indonesia karena lagu ‘Baby You’ sendiri dipakai di banyak video TikTok dan dipakai oleh berbagai macam artis dan influencer di dalam video TikTok mereka.


Setelah ia merilis ‘Baby You’, ia langsung merilis album “messy bag” serta merilis dua single pasca album “messy bag” yaitu ‘LOVESICK’ dan ‘Kokuuta’. Kepiawaiannya dalam merangkai kisah cinta yang lucu disertai dengan vokal manisnya membuat karya Yuka sangat cocok untuk orang-orang yang ingin bersantai dengan lagu riang gembira yang dia persembahkan.

Lewat wawancara singkat kami dengannya ia tidak mau terlena dan bersantai dengan kepopuleran ‘Baby You’ dan terus bekerja keras agar ia bisa dikenal di seluruh dunia dan suatu saat bisa tampil secara live di Jakarta. Era indie label-nya ternyata membentuk etos kerja keras dan kemandiriannya sehingga ia ingin terus memaksimalkan momentum yang ia raih di ‘Baby You’ ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Simak wawancara CreativeDisc bersama Yuka dimana kami bertukar cerita tentang Jakarta, ‘Baby You’, album “messy bag”, keinginannya untuk bisa berduet dangan idolanya ayaka, dan beberapa sesi karaoke lagu Jepang klasik lewat video di bawah ini:

 

luthfi