10 Kejadian Tak Terduga Sepanjang Sejarah MTV VMAs

Oleh: riadini - 17 Aug 2019

Siapa yang tak tahu MTV Video Music Awards? Penghargaan musik yang diberikan oleh MTV sejak 1984 untuk video musik terbaik tersebut selalu digelar di setiap tahun. Banyak deretan nominasi dan kategori penghargaan yang diberikan oleh MTV kepada para musisi untuk mengapresiasi kerja keras mereka. Acara tersebut juga selalu dimeriahkan oleh penampilan-penampilan dari para artis di atas panggung yang spektakuler. Tahun ini, MTV VMAs akan kembali diselenggarakan sebentar lagi! Yaitu pada 26 Agustus 2019 di New Jersey.

Namun siapa sangka, banyak hal tak terduga yang pernah terjadi di sepanjang sejarah MTV Video Music Awards mulai dari kejadian yang mengejutkan hingga memalukan. Apa sajakah kejadian-kejadian tersebut? Berikut kami rangkum informasinya:

1. Miley Cyrus dan Robin Thicke (2013)

Pelantun ‘Wrecking Ball’, Miley Cyrus, pernah tampil dengan sangat memalukan dan tidak senonoh di atas panggung MTV VMAs pada 2013. Menggunakan ‘bikini’ ia menari-nari sembari Robin Thicke sedang bernyanyi di atas panggung yang sama. Miley juga memakai sebuah sarung tangan besar yang terbuat dari styrofoam dan menggunakannya untuk melakukan gerakan-gerakan tak pantas terhadap dirinya sendiri. Ia bahkan menyentuh bagian intim Robin dengan sarung tangan tersebut. Sepertinya ini akan menjadi penampilan Miley yang paling diingat oleh banyak orang.

2. Michael Jackson dan Lisa Marie Presley (1994)

Mendiang King of Pop dunia, Michael Jackson, juga pernah melakukan tindakan yang mengejutkan banyak orang saat membuka acara penghargaan MTV VMAs pada 1994 silam. Ia naik ke atas panggung sambil menggandeng Lisa Marie Presley, yang tak lain merupakan anak dari King of Rock, Elvis Presley, yang saat itu rupanya telah menjadi istri dari Michael Jackson. Momen tersebut merupakan pertama kalinya Michael dan Lisa muncul di hadapan publik bersama. Tak lama setelah Michael mengucapkan beberapa kalimat kepada para penonton, pasangan tersebut berciuman dan kemudian kembali masuk ke balik panggung disertai sorak sorai penonton. Sangat disayangkan, dua tahun setelahnya pasangan tersebut memilih untuk bercerai.

3. Madonna, Britney Spears, dan Christina Aguilera (2003)

Dikenal sebagai Queen of Pop, Madonna, juga pernah memberi kejutan di tengah-tengah penampilannya saat menghibur penonton MTV VMAs di tahun 2003. Ia saat itu tampil bersama dengan Britney Spears dan Christina Aguilera dan membawakan single ‘Hollywood’. Ketiganya tampil dengan formasi Madonna berada di tengah dengan kostum serba hitam diantara Britney dan Christina yang menggunakan kostum sexy berwarna putih. Lalu secara tiba-tiba, Madonna mencium bibir Britney dan Christina secara bergantian. Terang saja kejadian itu membuat heboh para penonton sekaligus musisi lain yang menyaksikan aksi panggung tiga penyanyi wanita tersebut termasuk mantan kekasih Britney, Justin Timberlake.

4. Taylor Swift dan Kanye West (2009)

Mungkin, momen tak terduga yang satu ini juga menjadi yang paling diingat oleh banyak orang. Saat itu, Taylor Swift telah dinobatkan sebagai salah satu pemenang dalam ajang MTV VMAs tahun 2009. Saat dirinya tengah memberikan pidato kemenangannya, tiba-tiba saja, rapper kenamaan, Kanye West, ikut naik ke atas panggung lantas kemudian merebut microphone yang sedang dipegang oleh Taylor. Kanye West menyela Taylor dan mengatakan bahwa pemenang kategori Best Female Video yang jatuh ke tangan Taylor seharusnya diberikan kepada Beyonce. Tentu saja, seluruh penonton saat itu sangat bingung dan terkejut termasuk Beyonce yang namanya ikut disebut-sebut oleh Kanye. Menurut sumber, salah seorang staf bahkan membeberkan bahwa setelah itu, Taylor Swift menangis di belakang panggung ditemani oleh Beyonce. Walau pada akhirnya mereka sempat berbaikan, hingga saat ini hubungan Taylor Swift dan Kanye West tetap saja buruk.

5. Nicki Minaj dan Miley Cyrus (2015)

Saling melontarkan kata-kata kasar di atas panggung? Ya. Hal ini pernah terjadi diantara dua bintang Nicki Minaj dan (again) Miley Cyrus. Pada mulanya, banyak yang beranggapan jika perseteruan mereka di atas panggung MTV VMAs 2015 tersebut hanyalah rekayasa. Namun pihak MTV jelas membantah anggapan tersebut. Hubungan yang memang sedang tidak baik diantara keduanya berlanjut hingga berseteru di depan publik. Saat Nicki Minaj naik ke atas panggung untuk menerima penghargaan untuk kategori best hip-hop video dan menyelesaikan ungkapan kebahagiannya, tiba-tiba saja Nicki menatap Miley yang saat itu tengah menjadi host ajang penghargaan bergengsi tersebut dan berkata, “Kembali ke si jal*ng yang banyak omong soal saya di media; Miley, what’s good?” Peristiwa mengejutkan tersebut ditanggapi dengan santai oleh Miley dan berkata, “Kita semua berada di industri ini, kita semua melakukan wawancara, dan kita semua tahu bagaimana mereka memanipulasi sesuatu. Nicki, congratuf*ckinglations!”

6. Lady Gaga (2010)

Ada-ada saja yang terjadi di atas panggung MTV VMAs di setiap tahunnya. Kali ini, sesuatu yang mengejutkan datang dari Lady Gaga. Penyanyi multitalenta tersebut memang kerap kali memakai kostum yang nyentrik dan tidak biasa. Namun ada satu dress yang pernah dipakainya di tahun 2010 silam dan mungkin merupakan pakaian yang paling diingat sepanjang sejarah MTV VMAs. Apa lagi kalau bukan baju daging mentah? Mini dress yang lengkap dengan topi, tas tangan dan sepatunya ini benar-benar dibuat dari daging mentah asli. Tentu saja, banyak pro dan kontra menyertai Lady Gaga yang kala itu memenangkan 8 piala penghargaan sekaligus. Akan tetapi, justru hal tersebut semakin melambungkan nama Lady Gaga. Dress rancangan Franc Fernandez tersebut kini telah diawetkan dan dipajang di Rock and Roll Hall of Fame, Cleveland. Anda berani mencoba memakainya?

7. Beyonce Knowles (2011)

Beyonce Knowles pernah memberi sebuah kejutan yang membahagiakan kepada para penonton MTV VMAs di tahun 2011. Sebelumnya penyanyi cantik tersebut menghadiri red carpet dengan busana oranye yang tampak sedikit longgar dan berpose sambil memegangi perutnya yang memang tampak membesar. Saat akhirnya ia tampil dan membawakan lagu ‘Love on Top’, istri Jay Z tersebut mengusap perutnya di akhir lagu sambil tersenyum lebar. Ternyata ia sedang mengandung anak pertamanya dan mengumumkannya untuk pertama kali di atas panggung MTV VMAs.

8. Britney Spears (2001)

Tahun 2001 silam, Britney Spears pernah tampil dengan sangat fenomenal di atas panggung MTV VMAs. Penyanyi idola remaja tersebut tampil begitu sexy saat membawakan lagu ‘I’m Slave 4 U’. Tak sampai di situ, ia bernyanyi sambil menggendong ular piton yang diketahui berasal dari Myanmar. Pada awalnya Britney mengatakan bahwa ia sedikit takut dengan hewan melata tersebut. Namun pada akhirnya, ia berhasil menyelesaikan penampilannya dengan memukau dan selamat tentunya.

9. Katy Perry dan One Direction (2012)

MTV VMAs 2012 menjadi salah satu tahun terbaik bagi One Direction. Boyband yang kala itu masih dengan formasi lengkapnya menyabet tiga piala penghargaan sekaligus. Saat itu, Katy Perry-lah yang membacakan nominasi Best Pop Video yang dimenangkan oleh One Direction. Ketika boyband tersebut berjalan ke atas panggung, mereka disambut dan diberi hadiah kecupan di bibir oleh Katy Perry. Beruntung sekali ya mereka!

10. Rihanna dan A$AP Rocky (2012)

Yang terakhir adalah insiden yang kurang menyenangkan yang dialami oleh Rihanna di atas panggung MTV VMAs 2012. Kala itu, penyanyi yang akrab disapa dengan Riri tersebut tampil bersama dengan A$AP Rocky dalam sebuah kolaborasi. Namun di tengah-tengah penampilan mereka, tiba-tiba saja Rocky tampak memeluk sambil mencium leher serta meremas pantat Rihanna di depan para penonton. Rihanna terlihat langsung menjauh dari Rocky dengan tetap tenang dan melanjutkan pertunjukannya.

Inilah sederet kejadian tak terduga di atas panggung MTV VMAs. Acara tersebut akan kembali digelar pada 26 Agustus mendatang. Kira-kira ada kejutan apa lagi di panggung MTV VMAs 2019? Kita tunggu saja!

riadini
More from Creative Disc