Inilah 20 Penyanyi Terkenal yang Belum Meraih Single Jawara Billboard Hot 100

Oleh: riadini - 08 Aug 2019

Kalau sebelumnya kami telah membahas nama-nama yang belum pernah masuk sebagai juara UK Singles Chart, kali ini kami akan mengulik para penyanyi maupun band ternama dunia yang belum pernah merasakan berada di peringkat pertama Billboard Hot 100. Nama- nama yang sering kita dengar dan lihat yang bahkan tidak kita duga masuk dalam Top 10 list kali ini. Siapa saja mereka? Mari kita simak!

1. Nirvana

Yang pertama adalah Nirvana. Siapa sangka, bahwa band legendaris yang digawangi oleh mendiang Kurt Cobain dan telah memberi pengaruh besar dalam aliran musik Grunge di awal era 90an ini termasuk band ternama dunia yang belum pernah berada di urutan teratas Billboard Hot 100. Walaupun Nirvana telah menjual jutaan album di seluruh dunia, pencapaian terbaik mereka dalam tangga lagu di Amerika hanyalah sebagai peraih posisi keenam lewat single ‘Smells Like Teen Spirit’ (1991). Namun, meski single mereka tak pernah berada di posisi puncak, dua dari tiga album Nirvana yang telah dirilis pernah berada di posisi teratas yaitu album “Nevermind” dan “In Utero”. So, nevermind!

2. Backstreet Boys

Siapa yang mengira, Backstreet Boys, boyband yang berhasil menjual ratusan juta album dan telah terbentuk selama kurang lebih 26 tahun ini belum pernah walau hanya satu kali menjuarai Billboard Hot 100. Boyband yang menjadi idola di era 90an hingga di awal tahun 2000 ini pernah nyaris berada di peringkat satu lewat single ‘Quit Playing Games (with My Heart)’ (1996). Single ini berada di posisi kedua di tahun 1996. Saat ini, Backstreet Boys tengah melakukan tur comeback mereka ke industri musik dan mengeluarkan album “DNA” yang berhasil meraih puncak teratas sehingga kemungkinan single mereka bisa memiliki prestasi yang sama masih cukup besar. Backstreet Boys akan menggelar konser “DNA” mereka di Jakarta pada 26 Oktober mendatang. Siapa nih yang udah nggak sabar melihat aksi panggung mereka? Kita tunggu saja ya!

3. Nicki Minaj

Masuknya nama Rap Queen yang satu ini juga tak kalah mengejutkan. Nicki Minaj telah merilis lebih dari 100 single yang sangat populer seperti ‘Superbass’ dan ‘Starships’. namun sayangnya, ia belum berhasil menaklukkan puncak tangga lagu Billboard Hot 100. Pencapaian terbaiknya diraih lewat single ‘Anaconda’ (2014) yang berhasil menempati posisi kedua di chart. Kolaborasinya bersama Ariana Grande dalam ‘Side to Side’ juga hanya mampu bertengger di urutan keempat.

4. Shania Twain

Again? Shania Twain? Ia merupakan penyanyi wanita pertama dan satu-satunya dengan tiga album yang berturut-turut meraih sertifikat Diamond. Hal tersebut menandakan albumnya telah terjual lebih dari 10juta keping. Namun, prestasi albumnya belum berhasil membawa satu single pun untuk meraih kesuksesan sebagai juara dalam tangga lagu baik di UK Singles Chart (Top 10 list sebelumnya) dan juga Billboard Hot 100. Pencapaian terbaiknya adalah berada di posisi kedua lewat single ‘You’re Still The One’ (1998). Sayang sekali.

5. Green Day

Band ini ada di Top List sebelumnya karena gagal meraih posisi puncak UK Singles Chart dan sangat disayangkan kali ini nama Green Day juga masuk daftar yang belum berhasil menjuarai Billboard Hot 100. Namanya mulai masuk ke dalam daftar Hot 100 di tahun 2004 setelah merilis ‘American Idiot’ di posisi 61. Mereka nyaris berada di posisi puncak melalui single ‘Boulevard of Broken Dreams’ (2004) yang menduduki peringkat kedua Hot 100. Namun walaupun belum menjuarai UK Singels Chart dan Billboard Hot 100, rupanya band ini memiliki prestasi yang lain yaitu berada di puncak Alternative Chart. Tidak hanya satu, mereka bahkan memiliki lima lagu yang berhasil masuk di posisi pertama dalam chart tersebut. Lima lagu tersebut adalah ‘Longview’, ‘Basket Case’, ‘When I Come Around’, ‘J. A. R’, dan ‘Minority’. Nah, gitu dong!

6. Metallica

Siapa yang tidak kenal dengan Metallica? Band yang mengusung genre heavy metal dan hard rock ini telah aktif di industri musik hampir 40 tahun lamanya. Meraih beragam penghargaan termasuk yang paling baru adalah Billboard Music Award kategori Top Rock Album melalui “Hardweird... to Self- Destruct” pada 2017 lalu, siapa sangka, single band legendaris ini bahkan belum berhasil masuk sebagai juara pada Billboard Hot 100. Mereka bahkan belum pernah masuk ke dalam Top 5 dan hanya berhasil meraih pencapaian terbaik di nomor 10 melalui lagu ‘Until It Sleeps'(1996). Speechless.

7. One Direction

Satu lagi boyband ternama yang belum berhasil mencatatkan namanya sebagai juara dalam Billboard Hot 100. One Direction telah memenangkan berbagai penghargaan seperti dalam ajang MTV Europe Music Awards, Teen Choice Awards, dan American Music Awards sebagai ‘Artist of the Year’, serta berhasil menaklukkan posisi pertama tangga lagu di negara asal mereka, UK. Namun sayangnya, mereka belum mampu menduduki posisi pertama dalam Billboard Hot 100. Single mereka yang hampir meraih peringkat satu adalah ‘Best Song Ever’ (2013) yang berada di posisi kedua. Yang lebih menyakitkan lagi, mantan personel mereka, Zayn Malik, berhasil meraih posisi pertama Hot 100 lewat debut singlenya sebagai penyanyi solo, ‘Pillowtalk’, di 2016 lalu. Akan tetapi, mereka berhasil membuat sejarah di Amerika sebagai grup band pertama dengan empat album berturut- turut yang debut di posisi teratas. Mantap!

8. Bruce Springsteen

Legenda rock dunia yang telah menjual lebih dari 120 juta keping album dan menorehkan namanya sebagai salah satu best-selling artist sepanjang masa, Bruce Springsteen, sayangnya harus ikut menjadi salah satu penyanyi yang gagal menyabet posisi teratas Billboard Hot 100. Ia nyaris meraih posisi puncak dengan berada di peringkat kedua lewat single ‘Dancing in the Dark’ (1984). Akan tetapi, namanya telah berhasil mencetak sejarah di Amerika sebagai peraih best- selling album melalui “Born in the USA” dan Born to Run”. Penyanyi yang memenangkan 20 Grammy Awards, dua Golden Globes, dan satu Academy Award ini kembali dengan albumnya di 2014 bertajuk “High Hopes” yang dipilih oleh Rolling Stone sebagai second best album of the year. Sungguh luar biasa, ya!

9. Sheryl Crow

Berikutnya ada Sheryl Crow, penyanyi wanita yang membawa genre musik pop, rock, country, jazz, dan blues ini telah menjual lebih dari 50 juta keping album di seluruh dunia. Sheryl Crow juga menjadi salah satu penyanyi wanita yang masih belum berhasil menduduki posisi pertama Billboard Hot 100. Single ketiganya yang berjudul ‘All I Wanna Do’ (1994) meraih peringkat kedua dan merupakan single Sheryl yang paling mendekati puncak tangga lagu hingga saat ini.

10. David Guetta

Yang kesepuluh ada Pierre David Guetta, atau dikenal sebagai David Guetta, seorang DJ asal Perancis, programmer musik, produser rekaman serta penulis lagu ini telah berhasil menjual lebih dari sembilan juta keping album dan 30 juta single di seluruh dunia. Bahkan pada 2011 silam, namanya terpilih menjadi DJ nomor satu dalam pemilihan DJ Mag Top 100. Di balik kesuksesannya tersebut, David Guetta hanya mampu membawa hits singlenya sebagai Top 10 dalam Billboard Top 100 melalui single ‘Turn Me On’ (2011) dan ‘Without You’ (2011) yang keduanya hanya bisa meraih posisi keempat. Akan tetapi, sepertinya David Guetta masih memilik banyak kesempatan. Bukan begitu?

Masih ada sederet nama lain yang singlenya belum bisa menembus posisi puncak Billboard Hot 100. Mereka adalah:

11. Led Zeppelin

12. Missy Elliot

13. Bob Marley

14. Bob Dylan

15. James Brown

16. Demi Lovato

17. Josh Groban

18. Michael Buble

19. Pearl Jam

20. Beastie Boys

riadini
More from Creative Disc