Like Father Like Son: Inilah 10 Musisi Ayah dan Putranya yang Terkenal

Oleh: riadini - 01 Aug 2019

Tumbuh besar sebagai putra dari seorang musisi terkenal bukanlah hal yang bisa terjadi dalam kehidupan semua orang. Sementara banyak anak yang belum cukup ilmu mengenai sebuah musik, ada beberapa yang beruntung karena memiliki anugerah yang sama dan mampu berkarier di industri musik seperti sang ayah.

Lalu siapa sajakah mereka dan bagaimana hubungan ayah dan anak ini? Mari kita simak 10 musisi ayah dan anak laki-lakinya yang terkenal dengan hasil karya mereka masing-masing:

1. Bob Dylan dan Jakob Dylan

Bintang rock Bob Dylan telah mengantongi sejumlah penghargaan, seperti hadiah Pulitzer, Presidential Medal of Freedom, beberapa Grammy, menulis memoar terlaris, dan menjual lebih dari 125 juta rekaman di seluruh dunia. Memiliki ayah yang begiu terkenal, Jakob Dylan ingin memadukan suaranya dalam musiknya sendiri dan ia berhasil melakukannya baik di dalam band maupun dalam karir solo. Sebagai pentolan The Wallflowers, band yang memiliki album terobosan, “Bringing Down The Horse”, baru saja merayakan hari jadinya yang ke-20, Jakob membuat musik yang unik seperti dalam “6th Avenue Heartache” dan “The Difference”. Jika Anda ingin bernostalgia kembali ke era 90an, band ini akan mengadakan konser di musim panas ini bersama Counting Crows.

2. Paul McCartney dan James McCartney

Sebagai putra dari musisi The Beatles yang terkenal, James memiliki suara musik yang berbeda dari sang Ayah, Paul. Lagu solo milik ayahnya memancarkan karakter yang menarik serta lembut sedangkan lagu-lagu milik James memiliki getaran indie pop yang segar dan tak tertahankan. Persamaannya mungkin terletak pada wajah James yang begitu mirip dengan sang ayah.

3. Bono (Paul David Hewson) dan Elijah Hewson

Musisi Irlandia berusia 19 tahun yang merupakan putra pasangan Bono dan Ali Hewson, Elijah, telah meluncurkan lagu studio pertamanya bersama band Inhaler berjudul “It Won’t Always Be Like”. Jika ada beberapa putra dari musisi terkenal yang memilih suara musik yang berbeda, Elijah justru sepertinya mengikuti jejak musik sang ayah dalam single tersebut. Ia tampaknya ingin memiliki karakteristik dan kualitas yang sama dengan band ayahnya, U2. Elijah adalah putra Bono yang paling akhir masuk di dunia entertainment setelah kakaknya, Eve, menemukan jalan karirnya sebagai artis.

4. Billie Joe Armstrong / Joey Armstrong / Jakob Armstrong

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Keluarga Armstrong tidak memiliki kekurangan dalam bermusik yang tentu saja dipengaruhi oleh ketenaran sang ayah, Billie. Green Day selamanya akan menjadi band punk yang tenar dan sejak 2015 telah dinobatkan sebagai Rock N’ Roll Hall of Fame ditambah dengan dirilisnya dokumen ‘Heart Like a Hand Grenade’, yang didasari oleh album “American Idiot”. Adapun anak-anak Billie, yang pertama adalah Joey yang kini menjadi drummer dalam band SWMRS dan telah meluncurkan single berjudul “Miley” yang berisi tentang pemeran ‘Hannah Montana’ tersebut yang kini berubah menjadi ratu punk rock. Sedangkan si bungsu Jakob telah merilis musik Strokes-meets-Surfer Blood. Keduanya bahkan bekerja sama dalam dua single berjudul “Don’t Try” dan “King of The World” yang kesemuanya ditulis oleh Jakob.

5. Bob Marley / Ziggy Marley / Stephen Marley / Damian Marley

Bob Marley merupakan seseorang yang melakukan banyak perenungan mengenai alam semesta, semua dicapai melalui kekuatan musik dan prosa sosialnya. Karunia reggae dan realisme ini diturunkan kepada beberapa dari 11 anaknya, terutama Ziggy, Stephen, dan Damian. Ziggi, anak pertamanya, mengatakan kepada GQ bahwa ia melihat dirinya sebagai “suara dari alasan” dari saudara-saudaranya. Ia juga telah mengoleksi tujuh Grammy atas namanya. Di tahun 2016, ia merilis album studio keenamnya, “Ziggy Marley”, mengikuti albumnya yang memenangkan Grammy di tahun 2014, “Fly Rasta”. Namun Ziggy bukanlah satu-satunya yang telah merilis album di tahun 2016 lalu. Stephen Marley juga telah meluncurkan album studio keempatnya, “Revelation Part II: The Fruit of Life”. Yang terakhir adalah Damian, yang baru berusia 2 tahun saat ayahnya wafat. “Welcome to Jamrock” dengan gaya musik dancehall reggae merupakan album pencapaiannya di tahun 2005 silam. Damian telah berkolaborasi dengan penyanyi Nas dan ia juga kembali meluncurkan album di tahun yang sama. Sepertinya 2016 merupakan perang album diantara tiga Marley bersaudara.

6. Brian Littrell dan Baylee Littrell

Brian bukanlah satu-satunya musisi di keluarganya. Putranya, Baylee, juga turut melangkah ke industri musik dengan merilis debut country single, “Don’t Knock It”. Lagu yang begitu hangat tersebut terinspirasi dari grup sang ayah, Backstreet Boys, yang berkolaborasi dengan Florida Georgia Line melalui, “God, Your Mama, And Me”. “Ayahku akan selalu menjadi pemenang buatku, ia berkata padaku untuk melalukan apa yang ingin aku lakukan dan mengejar mimpiku, melakukan yang terbaik dan tidak terlalu banyak berpikir,” kata Baylee dalam sebuah majalah.

7. Tito Jackson dan 3T

Sebuah dinasti pop terbentuk di dalam keluarga Jackson. Tiga keponakan King of Pop Michael Jackson, yang merupakan anak-anak dari Tito Jackson, telah membentuk sebuah grup bernama 3T. Mereka terdiri dari TJ, Taryll, dan Taj yang telah terbentuk sejak 1985. 3T bahkan telah menulis dan memproduksi beberapa soundtrack seperti The Jacksons: An American Dream (1992), Free Willy (1993), Free Willy 2: The Adventure Home (1995), Men in Black (1997) dan Trippin’ (1999) . Pada 6 November 2015, 3T meluncurkan album yang telah dinanti-nanti di USA berjudul Chapter III. Album ini dirilis secara internasional pada 10 September 2016.

8. Andrea Bocelli dan Matteo Bocelli

Matteo Bocelli, yang merupakan putra dari penyanyi opera Andrea Bocelli telah menandatangani kontrak dengan Capitol Records, yang merupakan label di mana Katy Perry, Sam Smith, dan Halsey, serta artis papan atas lainnya bernaung. Bocelli bergabung dengan ayahnya melalui album di tahun 2018, “Si”, yang dirilis melalui Decca dalam sebuah duet berjudul “Fall on Me” (“Ven a Mi” dalam bahasa Italia). Video duet ayah dan anak tersebut bahkan telah ditonton sebanyak 52 juta kali di kanal Youtube. Single tersebut merupakan soundtrack dari film Disney, “The Nutcracker and The Four Realms”. Kompak sekali ya?

9. Willie Nelson dan Lukas Nelson

Sebagai kekuatan dalam musik country, musik rock, dan musik folk, Willie Nelson tidak dapat dikategorikan sebagai kontributor dalam satu genre musik saja. Putranya, Lukas Nelson, tentu saja mengikuti jejak sang ayah ini. Sebagai vokalis utama dalam Lukas Nelson & Promise of The Real, lagu-lagu yang ia bawakan merupakan perpaduan dari musik country, rock, dan blues yang menarik. Seperti single hits milik Willie, lagu-lagu milik Lukas tidak dapat diklasifikasikan ke dalam satu aliran saja.

10. Julio Iglesias / Enrique Iglesias / Julio Iglesias Jr

Musisi ayah dan anak terakhir adalah keluarga Iglesias. Penyanyi asal Spanyol, Enrique Iglesias, akan turut memeriahkan Gibraltar Calling Festival musim panas ini. Salah satu prestasi putra dari Julio Iglesias ini adalah penjualan albumnya yang telah berhasil mencapai 40 juta keping dan membuatnya menjadi penyanyi asal Spanyol paling laku di dunia. Namun, ia masih harus berjuang untuk menyaingi rekor penjualan yang telah dibuat oleh ayahnya, Julio Iglesias. Enrique juga pernah terjun ke dalam dunia peran dan beradu akting bersama Antonio Banderas, Salma Hayek, dan Johny Deep. Sang kakak, Julio Iglesias Jr, merupakan pemenang kompetisi CMT Gone Country di tahun 2008. Bintang yang memulai karir sebagai model ini pernah melakukan konser di tahun 2015 untuk pertama kalinya dengan sang ayah dalam sebuah tur di Rumania. Satu tahun sebelumnya, Julio Iglesias Jr telah bergabung dalam band ‘Latin Lovers’ bersama Nuno Resende dan Damien Sargue.

Beberapa musisi ‘Father and Son’ terkenal di dunia yang lainnya adalah:

George Harrison dan Dhani Harrison

James Taylor dan Ben Taylor

Olu Dara dan Nas

Leonard Cohen dan Adam Cohen

Waylon Jennings dan Shooter Jennings

Max Weinberg dan Jax Weinberg

Tim Buckleydan Jeff Buckley

John Bonham dan Jason Bonham

Will Smith dan Jaden

John Lennon dan Julian & Sean Lennon

riadini
More from Creative Disc