Trending News

Blog Post

Creativedisc Interview with NIve: Musik-Musik Klasik Sangat Mempengaruhi Musikku
Artist Interviews

Creativedisc Interview with NIve: Musik-Musik Klasik Sangat Mempengaruhi Musikku 

Jika mendengar kata Korea Selatan, kita akan langsung tertuju pada satu genre yang sangat populer sekarang ini, K-Pop. Tapi, ternyata musisi asal Korea Selatan, tidak selamanya berisi K-Pop dengan grup laki atau perempuan menyanyikan lagu upbeat yang membuat kita berdansa. Tengok saja Park Ji Soo atau yang lebih dikenal dengan nama NIve. Musisi yang juga telah lama tinggal di Amerika ini berhasil menghadirkan warna baru di dunia musik Korea. Lewat lagu ‘Liberated’ dan ‘Who I Am’, NIve mengajak kita untuk mendengarkan sisi lain dari musisi Korea Selatan.

Jumat, 13 September lalu, Creativedisc mendapatkan undangan dari Warner Music Indonesia untuk wawancara bersama NIve dan Hanin Dhiya. NIve menyempatkan diri datang ke Indonesia untuk mempromosikan single miliknya sekaligus berencana untuk berkolaborasi dengan salah satu penyanyi asal Indonesia yang sedang naik daun, Hanin Dhiya. Berbicara mengenai warna musiknya, NIve menjelaskan dia adalah tipikal orang yang suka bereksperimen sekaligus menuangkan perasaannya di dalam setiap karya lagunya. Tahun lalu saja, 2 single NIve yang telah dirilis adalah lagu-lagu yang bernuansa chill dan laid back, sementara di tahun ini, NIve lebih mengutamakan sisi pop di dalam dirinya.

“Tahun lalu aku lebih ingin orang yang mendengarkan laguku lebih slow down dan secara musical, lebih terasa lebih jazz. Tapi tahun ini, musikku terdengar lebih pop di dalamnya. Sekaligus aku juga menuangkan unsur ‘aku’ di dalam lagunya. Sebenarnya ini adalah hal yang sudah kulakukan sejak tahun lalu. Tapi, aku rasa tahun ini adalah tahun yang tepat untuk aku menuangkan eksperimenku tadi ke dalam lagu-laguku” Jelas NIve.

Berkuliah di jurusan Classical Clarinet merupakan pilihan yang NIve jalani karena dia mengatakan sangat terinspirasi dari musik-musik klasik. Hal itu jugalah yang akhirnya dia tuangkan dari semua hasil karya musiknya. “Banyak musik dan musikalitasku terinspirasi dan terpengaruh oleh musik-musik klasik. Karena aku berpikir, musik-musik jaman sekarang adalah musik yang sebenarnya terinspirasi dan beberapa part memang terinspirasi dari musik klasik, itulah kenapa aku suka sekali mendengarkan musik-musik klasik.” Kata NIve.

Sementara tentang kolaborasinya bersama Hanin Dhiya, masih belum ada info detil yang dapat dibagikan baik oleh NIve maupun Hanin, tapi keduanya tampak sangat bersemangat untuk kolaborasinya ini. Hanin mengatakan dirinya sangat bangga telah dapat kesempatan untuk bisa berkolaborasi dengan musisi internasional seperti NIve dan begitu pula sebaliknya. Namun begitu, untuk NIve sendiri, dia telah menyiapkan sebuah album debut, yang rencananya akan dirilis awal tahun depan.

Related posts

Leave a Reply