Trending News

Blog Post

SKF 2019 yang Seharusnya Jadi Konser K-Pop Terkeren Sepanjang Tahun ini, Namun Sedikit Mengecewakan
Concerts Review

SKF 2019 yang Seharusnya Jadi Konser K-Pop Terkeren Sepanjang Tahun ini, Namun Sedikit Mengecewakan 

Festival musik, Super K-Pop Festival (SKF) 2019 akhirnya terselenggara juga pada Sabtu dan Minggu kemarin (28-29/9) di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, Banten. Salah satu acara K-Pop yang paling ditunggu-tunggu tahun ini diselenggarakan oleh Cana Global Media dan NK Mulsan dari Korea Selatan, serta berkolaborasi dengan Tokopedia. Festival musik ini berlangsung dengan meriah, meskipun ada kekecewaan yang dirasakan oleh para penonton, juga para musisi yang tampil, karena acara di hari pertama berjalan tidak begitu lancar.

Pada hari pertama konser dimulai sangat ngaret, tidak sesuai jadwal yang sudah diumumkan melalui akun media sosial Instagram @skf.indonesia. Konser seharusnya dimulai pada pukul 18.30 WIB, tetapi lagu “Indonesia Raya” baru berkumandang sekitar pukul 19.20 WIB. Hal inipun sangat disayangkan terjadi dan berakibat pada durasi penampilan beberapa line-up artist. Padahal pihak penyelenggara menjanjikan bahwa setiap musisi akan menyanyikan 5-6 lagu.

SKF 2019 dibuka oleh NU’EST dengan lagu ‘Bet Bet’, kemudian dilanjutkan hanya 3 lagu berikutnya, yaitu ‘Segno’, ‘Love Paint’, dan ‘Look’. Salah satu member NU’EST yang juga mantan member Wanna One sempat berkomentar di tengah-tengah konser, ia meminta para penggemar agar tidak bersedih karena hanya bertemu dalam waktu singkat. “Jangan kecewa, ya. Masih banyak artis lain yang mengisi acara hari ini,” kata Minhyun. Menjadi musisi pertama yang tampil di SKF 2019 pada Sabtu kemarin, NU’EST harus sedikit kecewa berhubung area penonton masih terlihat kosong-melompong, lantaran banyak penonton yang belum bisa masuk ke venue konser.

Apink menjadi penampil berikutnya dengan durasi lebih sedikit lagi, mereka hanya menyanyikan 3 buah lagu, seperti ‘%% (Eung Eung)’, ‘I’m So Sick, dan ‘A L R I G H T’. Chorong juga menyapa para penggemar, “Apa kabar? Sudah lama tidak berjumpa. Kangen tidak sama kami? Sudah lama tidak ke Indonesia. Kami menunggu lama untuk bertemu dengan para penggemar dari Indonesia. Namun, durasi sangat sebentar, ya.” Pastinya para Pink Panda Indonesia kecewa dengan sedikitnya durasi penampilan dari girlband kesayangan mereka ini.

Tampil sebagai line-up artist ke-3 pada hari pertama SKF 2019, Ha Sungwoon terlihat sangat bahagia bisa bertemu lagi dengan para penggemarnya di Indonesia. Mantan member boyband Wanna One ini membawakan 6 lagu, yaitu ‘BIRD’, ‘Tell Me I Love You’, ‘Don’t Forget’, ‘Bluemaze’, ‘Blue’, dan ‘What Are You Doing Today?!’. Para HA:NEUL pastinya puas dengan lagu-lagu yang dibawakan oleh Sungwoon.

Selanjutnya salah satu penyanyi cantik dan seksi asal Korea Selatan tampil di hari pertama SKF 2019, Tiffany Young. Meskipun sudah tidak terikat kontrak dengan SM Entertainment, namun Tiffany masih tergabung dalam grup Girls’ Generation (SNSD). Ia bahkan sudah debut di Amerika Serikat under Paradigm Talent Agency. Tiffany mempersempahkan 6 lagu juga di SKF 2019 hari pertama, ‘I Just Wanna Dance’, ‘Over My Skin’, ‘Heartbreak Hotel’, Lips On Lips’, ‘In My Blood’ remix ‘Born Again’, dan terakhir single terbarunya ‘Magnetic Moon’.

Red Velvet menjadi musisi yang perform setelah Tiffany Young. Girlband yang dijuluki sebagai ‘Ratu Musim Panas’ di Korea Selatan ini menyanyikan 6 buah lagu dengan meriah. Para ReVeluv Indonesia yang sebelumnya sudah bertemu dengan Irene, Seulgi, Wendy, Joy, dan Yeri pada Fan Event yang diselenggarakan beberapa minggu yang lalu (3/9), lebih berpuas diri lagi karena bisa bertemu kembali. Mereka membawakan ‘Red Flavour’, ‘Power Up’, ‘With You’, ‘Ladies Night’, ‘Zimzalabim’, dan ‘Umpah Umpah’ dengan sangat bersemangat dan penuh senyuman.

Setelah selesai dari wajib militernya, Kyuhyun comeback dan bahkan ia berkunjung ke Indonesia untuk mengobati rasa rindu para penggemarnya melalui acara SKF 2019. Tampil fresh dengan warna rambut barunya, ia menyapa penggemar, “Senang sekali rasanya bisa bertemu dengan fans Indonesia lagi. Selama ini saya datang bersama Super Junior, kali ini saya datang sendiri. Gimana rambut saya? Saya ganti rambut khusus untuk fans Indonesia. Seksi? Haha.” Maknae dari boyband Super Junior ini membawakan 5 lagu debut solonya, seperti ‘A Million Pieces’, ‘Aewol-Ri, ‘Time With You’, ‘Flying, Deep In The Night’, dan ‘At Gwanghwamun’.

SKF 2019 ditutup dengan performance yang amat sangat menghibur dari Super Junior D&E. Tampil kocak dan penuh semangat seperti biasa, Donghae dan Eunhyuk tentunya berhasil menghibur para penonton SKF 2019. Mereka mempersempahkan lagu-lagu berikut, ‘Danger’, ‘Growing Pains’, ‘SUNRISE’, ‘Bout You’, dan ‘Oppa, Oppa’. Dalam kesempatan ini juga, Donghae mengungkap rencana comeback grupnya di bulan depan. Bahkan ia juga berjanji kepada E.L.F Indonesia, “Dari susunan jadwal, kami bakalan ada konser di Indonesia.”

Terlepas dari kekurangan dan hambatan yang terjadi pada festival musik ini, penampilan-penampilan dari line-up artist tentu memberikan kepuasan tersendiri bagi penonton yang hadir di venue. Selain persembahan nyanyian dan tarian dari para musisi terkenal dari Korea Selatan, acara ini juga diisi dengan K-Pop Fans Corner, K-Beauty Workshop, K-Noraebang, dan K-Random Play Dance.

Di hari kedua kegiatan di luar panggung utama kurang lebih sama. Fans yang datang bisa menikmati berbagai penganan yang disajikan di booth-booth makanan untuk mengisi perut sebelum acara dimulai. Panggung kecil yang disediakan tak jauh dari tempat duduk-duduk menyantap makanan pun tetap menyajikan keceriaan sembari menunggu konser dimulai malam harinya. Beruntung di hari kedua acara dimulai tepat waktu. Sebelum panggung musik dimulai pun sempat ada sesi foto bersama beberapa penampil malam itu seperti fromis_9, Momoland, dan The Boyz. Ketiga nama inilah yang menjadi pembeda dari hari pertama. Selain mereka akan tampil juga Lee Hi dan tiga nama yang sudah tampil satu hari sebelumnya yaitu Red Velvet, Kyuhyun ‘Super Junior’ dan Super Junior D&E.

Sambutan meriah sangat terasa sekali ketika fromis_9 tampil. Grup dengan sembilan member yang semuanya berpostur mungil ini membuka Super Kpop Festival 2019 dengan membawakan beberapa lagu andalan mereka seperti ‘Love Rum Pum Pum’, ‘DKDK’, ‘Gass Shoes’ dan ‘Love Bomb’. Di kunjungan pertama fromis_9 ke Indonesia ini ternyata Gyuri, Nagyung, Seoyeon, Saerom, Jisun, Hayoung, Chaeyoung, Jiheon dan Jiwon sudah punya banyak penggemar. Tampil dalam dress berwarna hitam bermotif polkadot, penampilan fromis_9 jadi pembuka yang cukup nendang.

Setelah itu tampil pula The Boyz yang tak kalah enerjik dengan busana bernuansa putih. Sekali lagi grup asuhan Cre.ker Entertainment itu menyapa penggemarnya di Indonesia setelah fanmeeting dan konser perdana belum lama ini. Penampilan The Boyz dibuka dengan lagu ‘D.D.D’ dan ‘Keeper’. Tak setengah-setengah, The Boyz tampil penuh keringat dan bersemangat di konser hari kedua. Mereka kemudian lanjut membawakan ‘Bloom Bloom’ dan ‘No Air’ sebelum akhirnya menutup penampilan dengan lambaian tangan ke penonton.

Hening sejenak namun tidak begitu lama karena semua penonton berteriak keras saat intro lagu ‘Bboom Bboom’ terdengar. Waktunya Momoland yang menghentak panggung! Nancy Cs mendapat teriakan paling heboh sejauh ini dari seluruh section di Hall malam itu. Rupanya sejak lagu viralnya mendapat perhatian, popularitas Momoland di Indonesia pun mulai meningkat. Meski sempat mengalami kesalahan teknis di bagian mikrofon, namun keseluruhan penampilan Momoland patut diacungi jempol. Crowd-nya benar-benar luar biasa dan suasana dancey bersemangat yang mereka bawakan terasa maksimal. Momoland membawakan juga beberapa lagu lain seperti ‘Jjan! Koong! Kwang!’, ‘Freeze’, ‘Bbaam’, dan ‘I’m So Hot’.

Penampilan selanjutnya benar-benar membuat hening seluruh sudut ruangan konser ketika dia muncul di atas panggung: Lee Hi. Menjadi salah satu line up yang belakangan diumumkan, banyak yang ingin melihat lagi penampilan artis YG Entertainment yang malam itu tampil simpel dan anggun dengan potongan rambut pendeknya. Hi membuka penampilannya dengan sesuatu yang supergalau dan superkalem: ‘Breathe’. Benar-benar kontras perbedaan antara lagu terakhir Momoland dengan sang vokalis. Lagu populer ini pun diganjar koor kompak dari para penonton. Selanjutnya Hi mengajak fans sedikit bernostalgia dengan lagu-lagu lama seperti ‘Rose’ dan ‘1, 2, 3, 4’. Obrolan manis dengan fans serta ucapan selamat ulang tahun dari penggemar mewarnai penampilan Hi malam itu sebelum ditutup dengan lagu terbarunya ‘No One’.

Setelah Lee Hi, urutan penampilan dan lagu-lagu yang dibawakan tetap sama: Red Velvet, Kyuhyun, dan Super Junior D&E. Yang membedakan penampilan hari pertama dan hari kedua mereka adalah kostum dan juga mungkin semangat yang lebih terasa.

Teks oleh: ?? @canseria, Ron

Related posts

Leave a Reply