Trending News

Blog Post

CreativeDisc Interview With YOUHA: Eks Trainee YG Entertainment Debut Solo di Universal Music Korea
Artist Interviews

CreativeDisc Interview With YOUHA: Eks Trainee YG Entertainment Debut Solo di Universal Music Korea 

Kalau kamu sedang mencari seorang solois K-Pop yang lagunya enak buat didengarkan berulang-ulang, coba dengan YOUHA. Penyanyi jebolan training YG Entertainment yang awal tahun 2020 ini digaet masuk label Universal Music Korea. YOUHA kini resmi debut dengan single pertamanya yang berjudul ‘ISLAND’.

Single ini terbilang istimewa karena YOUHA turut berpartisipasi dalam proses penulisan lagunya. Dia bekerja sama dengan penulis dan produser harold “Alawn” Phillippon dan Julien “Polar” Huisel dalam single ‘ISLAND’ ini.

Bermimpi jadi seorang singer-songwriter yang dikenal dan dinikmati, YOUHA mendapat banyak inspirasi dari musisi pop internasional dalam bermusik. Belum lama ini CreativeDisc berkesempatan buat mengobrol bersama YOUHA dalam sebuah wawancara.

Yuk simak obrolan CreativeDisc dengan YOUHA!

CD: Kamu sudah menjalani training yang cukup lama. Siapa yang menginspirasi kamu selama jadi trainee?
YOUHA: Inspirasiku kebanyakan dari musisi pop internasional, yang paling utama datang dari Beyonce dan Rihannya. Aku benar-benar ingin meniru penampilan penuh energi dan sikap mereka saat sedang di atas panggung.

CD: Menurutmu, apa yang paling berat dari menjadi seorang trainee?
YOUHA: Latihan tanpa henti tanpa ada kepastian soal mimpiku di masa depan. Kurasa itu yang terberat. Tapi aku pikir aku tahu bahwa aku akan menggapai mimpi itu pada akhirnya.

CD: Ceritakan soal single ‘ISLAND’. Tentang apa lirik lagu ini dan ada cerita apa di balik proses kreatifnya?
YOUHA: Lirik lagu ini adalah tentang ketulusan hati yang ingin berkorban segalanya demi orang yang aku cintai. Lagu ini juga bercerita tentang keberanian seorang perempuan yang mengungkapkan cintanya pada orang yang dia sayangi, bahwa ‘tidak ada yang bisa menyakitimu dan aku tidak akan pernah membiarkan sesuatu yang menyakitkan terjadi padamu’. Liriknya muncul sendiri ketika aku menulisnya dan aku puas bagaimana akhirnya lirik ini bercerita tentang pengorbanan cinta. Jadi kami memoles yang aku tulis untuk jadi lirik akhir lagunya. Aku menulis lirik sambil menulis melodi lagu ini jadi terasa pas saat kunyanyikan.

CD: Kenapa akhirnya pilih ‘ISLAND’ sebagai single debut?
YOUHA: Mungkin ada banyak faktor kenapa memilih lagu ini tapi yang utama adalah karena lagu ini yang paling jujur dan paling tulus dari semuanya. Aku sebenarnya ingin menghadirkan lagu yang lebih powerful dengan dentuman yang lebih berat di awal, tapi aku simpan sisi itu untuk ditampilkan sebagai musisi di lain waktu. Yang paling penting, labelku sangat menyukai lagu ini!

CD: Sebagai seorang penulis lirik, apa tantangan terbesar yang kamu rasakan?
YOUHA: Salah satu aspek penting yang aku pertimbangkan sebagai penulis lirik adalah menulis lirik yang bisa dirasakan semua orang. Lirik yang berhubungan dengan semua orang. Aku tidak bisa berpidato yang hebat dan bukan juga penulis lirik yang keren, tapi aku mencoba untuk mencari cara-cara berbeda untuk menulis lirik yang bisa menyentuh orang lain.

CD: Siapa penulis lirik yang paling kamu idolakan?
YOUHA: Bruno Major dalam lagunya ‘Nothing’. Lirik dari lagu itu adalah cerita hidupku. Liriknya realistis, tulus, jujur, dan selalu membuatku tenang di waktu-waktu sulit.

CD: Kamu ingin dikenal sebagai musisi yang seperti apa ketika orang mendengar nama YOUHA?
YOUHA: Aku harap aku jadi musisi yang membuat orang bisa mengejar mimpi mereka setelah mendengarkan musikku. Aku harap musikku bisa jadi energi yang menggerakkan mereka, menenangkan mereka, dan mengobati mereka. Aku ingin musikku bisa memberi harapan buat orang-orang dalam berbagai cara.

CD: Siapa penyanyi yang ingin kamu ajak berkolaborasi?
YOUHA: Aku benar-benar ingin bisa kolaborasi bersama The Weeknd. Aku mencoba yang terbaik untuk mengerti dan menyukai lagu-lagunya. Sudah jadi mimpiku sejak lama untuk tampil di panggung yang sama dengannya suatu hari nanti.

CD: Genre musik apa yang ingin kamu coba eksplor ke depannya?
YOUHA: Aku ingin mencoba sesuatu yang lebih jazzy atau soundtrack film. Aku ingin membuat dan menyanyikan lagu yang bisa mewakili inti dan warna utama dari sebuah film.

Related posts

Leave a Reply