Creativedisc Exclusive Interview with CXLOE: Penyanyi Dark Pop Yang Lantang Menyajikan Lirik Berat

Oleh: luthfi - 20 Dec 2020

“Selama pandemi ini malah aku sangat sibuk, banyak aktivitas yang kukerjakan seperti membuat video musik, merilis lagu, dan menulis lagu”, ucap Chloe Papandrea atau biasa tampil dengan nama CXLOE saat membuka wawancara bersama CreativeDisc. Penyanyi pendatang baru asal Sydney, Australia ini seolah tidak menginjak pedal rem dalam beraktivitas seperti musisi pada umumnya malah berkat pandemi ia semakin produktif dalam mengerjakan materi terbarunya.

CXLOE menawarkan musik pop dengan beat dan lirik yang gelap. Hal itu terdengar di EP perdananya dia berjudul “Heavy, Pt.1”. Sepanjang album berjalan, beat pop dengan lapisan musik yang dalam dan berat dibalut dengan lirik yang menceritakan tentang hal hal yang berat (diantaranya hubungan yang tidak sehat, ketergantungan akan alkohol, dan posesif) terus mengiringi vokal CXLOE yang lirih tapi tegas. Wajar jika banyak yang melabeli dirinya adalah penyanyi dark pop namun hal yang membuat ia berbeda dari penyanyi yang memainkan genre yang sama adalah ia tidak terlalu moody dan masih memainkan musik electropop yang enerjik.

Citra enerjik tersebut makin terpancar ketika ia dengan antusias menceritakan tentang proses pembuatan musiknya seperti apa dan bagaimana ia mencampurkan lirik yang berat dan terdengar tabu dengan musik electropop dan synthpop yang gampang masuk ke telinga. “Membuat lagu pop dengan lirik yang berat memang susah dan cukup menantang, jika orang-orang menyukai musik yang aku buat aku sangat senang.”, ucapnya.

Selama wawancara berlangsung ia benar-benar menceritakan proses bermusiknya secara detail, mengatakan bahwa perbedaan antara lagu sedih dan lagu senang terletak di penempatan not mayor dan not minor, sampai bercerita soal bagaimana ia menjadi artis pembuka di konser Maroon 5. “Memang terdengar aneh ketika aku seorang musisi yang membawakan musik yang dark membuka Maroon 5 yang penuh dengan musik yang ceria dan upbeat tapi selama orang mendengarkan dan mengikuti alunan lagu mau itu lagu sedih atau lagu gembira kurasa itu sudah lebih dari cukup untuk membuatku senang”.

CXLOE terlihat sangat senang dan ceria ketika diwawancara tetapi ketika masuk ke topik soal musiknya dengan lebih rinci kesan serius langsung keluar dan itu menunjukkan bahwa CXLOE paham dan tahu apa yang ia buat.

Simak wawancara lengkap dengan CXLOE dimana ia juga bercerita tentang proses penulisan lagunya, definisi dari musik pop menurutnya, bagaimana ia bisa menyeimbangkan musik pop dan lirik yang berat dan rencana karir kedepannya.

Interview & Teks by Luthfi

Thanks to Love Da Records Indonesia !

luthfi
More from Creative Disc