Trending News

Blog Post

Creativedisc Exclusive Interview with Finn Askew: Tidak Menyangka Lagu ‘Roses’ Akan Mengangkat Namanya
CREDIT: Universal Music Group
Artist Interviews

Creativedisc Exclusive Interview with Finn Askew: Tidak Menyangka Lagu ‘Roses’ Akan Mengangkat Namanya 

Di tahun 2020 ini, semakin banyak musisi muda bermunculan dengan talenta luar biasa serta warna musik yang beraneka ragam. Salah satu yang juga ikut ‘viral’ dengan lagu berjudul ‘Roses’ adalah musisi asal Somerset, Inggris bernama Finn Askew. Musisi yang baru berumur 19 tahun ini memang tidak menyangka lagunya bisa se-viral itu dan akhirnya membuat namanya terangkat hingga sekarang.

Ditemui di awal November lalu, Finn mengatakan dirinya tidak pernah menyangka bahwa dirinya akan benar-benar bisa terjun ke dunia musik. “Jika dipikir lagu, musik sepertinya telah memilihku. Semua terasa seperti datang kepadaku. Semuanya terasa sangat natural dan sangat tepat. Akupun merasa benar untuk mengerjakan hal itu (menyanyi). Jadi, ya, itulah yang terjadi,” jelas Finn sambil tersenyum.

Lagu yang membuat nama Finn menjadi seperti sekarang adalah lagu yang berjudul ‘Roses’. Lagu yang diciptakan olehnya sejak 3 tahun yang lalu ini sebenarnya tidak pernah disangka akan menjadi sesuatu yang besar. “Ya, seperti musisi kamar kebanyakan. Saat itu aku berumur 16 tahun, aku membuatnya di kamarku dengan beberapa beat yang sering muncul di Youtube. Tidak ada yang besar, dan aku tidak terlalu berpikir banyak saat menciptakan lagu ini. (Roses) sebuah lagu yang aku tulis secara random. 3 tahun kemudian, saat aku perdengarkan ke temanku, mereka mengatakan bahwa lagu itu bagus. Kemudian aku menyerahkannya ke seorang produser, dan akhirnya lagu ini menjadi lagu yang kamu dengar seperti sekarang,” terang musisi yang sudah mulai menulis lagu sejak berumur 13 tahun ini.

Dalam bermusik, Finn memang bisa mendapatkan inspirasi dari banyak hal. Kebanyakan, lagu-lagu yang dia ciptakan juga memiliki ide dan cara mendapatkan yang berbeda-beda. Seperti lagu ‘Peach’ misalnya. Finn mendapatkan liriknya saat sedang berada dalam perjalanan ke studio. “Saat dalam perjalanan ke studio, aku tiba-tiba mendapat gambaran di dalam kepalaku. Kemudian aku menuliskannya dalam bentuk lirik. Aku benar-benar menyelesaikan lirik lagu ini dalam perjalanan ke studio hari itu,” cerita Finn.

Berbicara tentang musisi yang menjadi inspirasinya dalam bermusik, nama Frank Ocean adalah nama pertama yang muncul di benaknya. Menurut Finn, Frank mampu menyisipkan makna tertentu di setiap lirik yang dia tulis. Itulah yang membuat Finn sangat terinpirasi dengan sosoknya. Diapun berharap suatu hari dapat berkolaborasi untuk menulis lagu atau bahkan menyanyikan sebuah lagu bersama Frank Ocean.

Simak obrolan lengkap Creativedisc bersama Finn Askew lewat video dan podcast di bawah ini:

Interview dan teks by Dundhee Yuwono

Thanks to Universal Music Indonesia

Related posts

Leave a Reply