Trending News

Blog Post

10 Album Indonesia Terbaik di Tahun 2020
Top 10 Lists

10 Album Indonesia Terbaik di Tahun 2020 

Meliputi katalog terbaru Endank Soekamti, Fiersa Besari, dan Brisia Jodie

Menggarap sebuah album tidaklah mudah, terlebih lagi ketika industri musik Indonesia terimbas pandemik global yang membatasi produktivitas. Terlepas dari itu, the show must go on. Artis-artis berikut ini berhasil menelurkan album yang tidak hanya menggerakan industri, tetapi juga terbukti menjadi prestasi terbaik sepanjang karir mereka sejauh ini.

(Penyusunan daftar ini khusus untuk album Indonesia yang pertama kali dirilis dalam kurun waktu antara 1 Januari 2020 hingga 31 Desember 2020)

10. Monita Tahalea – Dari Balik Jendela

Telah menikah dan kini menginjak usia 33 tahun, kedewasaan seorang Monita Tahalea didokumentasikan secara apik melalui album LP keduanya yang bertajuk Dari Balik Jendela. Monita juga membuktikan bahwa usia hanyalah angka sembari dia bergembira menikmati roller-coaster genre seperti folk, country, dan electronica.

Dengar album Monita Tahalea “Dari Balik Jendela” di Spotify.

9. Endank Soekamti – Air

Pemenang Album Rock Terbaik di ajang AMI Awards 2020, Air menjadi deklarasi Endank Soekamti bahwa genre rock akan selalu abadi di industri musik Indonesia. Selain itu, terdapat beberapa pelajaran kehidupan yang hanya bisa disampaikan melalui irama cadas yang menjadi ciri khas Erix dan kawan-kawan. Air juga turut menyelinapkan komentar sosial dengan ‘pengemasan’ yang jenaka.

Dengar album Endank Soekamti “Air” di Spotify.

8. Sal Priadi – Berhati

Eksperimentasi genre tampak menjadi tren sepanjang tahun 2020 kemarin, tidak terkecuali album debut Sal Priadi yang bertajuk Berhati. Tidak berhenti sampai di situ, Sal Priadi juga memperkenalkan lirik dengan gaya bahasa yang tidak biasa demi mengeksplor dimensi emosi yang kerap tandus dalam katalog musik mainstream Indonesia. Pada akhirnya, bukankah musik adalah puisi yang dibalut melodi?

Dengar album Sal Priadi “Berhati” di Spotify.

Related posts

Leave a Reply