Trending News

Blog Post

10 Album Indonesia Keren yang Digarap Secara “Mandiri”
Top 10 Lists

10 Album Indonesia Keren yang Digarap Secara “Mandiri” 

  1. Slank – Slanking Forever (2019)

Lebih dari 30 tahun mewarnai blantika musik Indonesia, band rock Slank masih belum kehabisan kreativitas mereka. Slanking Forever seolah-olah menjadi wadah Kaka dan kawan-kawan untuk “back to basic”, membuktikan bahwa Slank adalah band yang iconic sekaligus masih relevan. Tidak hanya itu, Slanking Forever juga menghadirkan sisi Slank yang lebih bijak dan dewasa (“Jangan Marah”, “CCTV Tuhan”). Karya legendaris dengan rasa musisi indie.


  1. Eva Celia – And So It Begins (2016)

Jarang sekali menemukan seorang newcomer diberikan kepercayaan dari label besar untuk memulai kariernya dengan creative freedom seperti yang diperoleh Eva Celia. Meskipun And So It Begins menjadi album debut yang tidak luput dari ketidaksempurnaan, Eva Celia patut diacungi jempol untuk keberaniannya mengambil risiko (track nomor dua “Reason” memadukan jazz pop dengan dubstep). Selain itu, tidak makan waktu lama bagi Eva Celia untuk memerdekakan diri dari bayang-bayang sang legenda jazz sekaligus ayahanda Indra Lesmana.


  1. Suara Kayu – Suara Kita, Cerita Kamu (2020)

Sama halnya dengan Eva Celia, label besar Warner Music Indonesia mempercayakan grup folk-pop yang beranggotakan Dewangga Elsandro, Ingrid Tamara, David Elsandro dan Recky Risanto ini untuk menggarap album pertama mereka secara mandiri. Alhasil, Suara Kita, Cerita Kamu menjadi salah satu debut sukses tahun 2020–dengan lead single “Miniatur” kembali mempopulerkan aransemen ukulele ke ranah musik mainstream pop.


  1. Danilla Riyadi – Lintasan Waktu (2017)

Menariknya, tampaknya justru artis wanita malah lebih proaktif dalam menyongsong creative freedom daripada artis pria–dengan hasil yang terbukti fenomenal. Danilla Riyadi adalah salah satu contohnya. Terkenal dengan lirik bak puisi dan genre avant-garde penuh eksperimentasi, Lintasan Waktu menjadi satu lagi alasan mengapa penyanyi berusia 31 tahun menjadi salah satu seni-wati paling orisinil di Milenium ini.


Related posts

Leave a Reply