Creativedisc Exclusive Interview with Dhruv: Tentang TikTok dan Viral-nya ‘Double Take’ di Indonesia

Oleh: dundhee - 13 Sep 2021

TikTok saat ini menjadi salah satu aplikasi yang mengubah cara kita menikmati lagu sekaligus mengubah trend menentukan lagu-lagu yang menjadi hits. Tidak jarang, lagu yang telah dirilis beberapa tahun lalu mendadak jadi viral dan hits lagi di tahun sekarang. Salah satunya merupakan lagu ‘Double Take’ yang sempat viral di TikTok beberapa waktu lalu. ‘Double Take’ adalah lagu debut yang dirilis oleh musisi kelahiran India bernama Dhruv tahun 2019 lalu.

Memang tidak akan ada musisi yang menyangka kalau lagu yang dia rilis bisa sangat booming setelah dirilis 2-3 tahun lalu, begitu juga Dhruv. Ditemui secara virtual beberapa waktu lalu, Dhruv memberikan responnya. “Tentu saja tidak menyangka. Tapi, aku memang merasa ada sesuatu yang spesial tentang lagu ini beberapa tahun lalu dan aku merilis benar-benar secara indie. Jadi, aku tidak punya label atau apapun untuk bisa mempromosikan lagu itu,” kisah Dhruv sedikit napak tilas. “Fakta bahwa lagu itu bisa booming 2 tahun kemudian membuat semuanya semakin terasa gila karena ini adalah satu hal yang jarang terjadi. Dengan adanya hal ini membuat aku lebih percaya diri sebagai musisi, tapi aku benar-benar tidak menyangka,” lanjut musisi yang sempat melanjutkan pendidikannya di Yale University Amerika Serikat ini.

Di Indonesia sendiri, lagu ‘Double Take’ masih masuk di beberapa playlist Viral di digital streaming platform, masuk di chart beberapa stasiun radio, termasuk Chart Top 50 milik Creativedisc. Dhruv juga merasa bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang mengambil peranan penting dalam membuat lagunya tersebut viral. “Aku merasa Indonesia merupakan satu negara yang mengambil peranan penting untuk membuat lagu ini meledak hingga ke seluruh dunia. Aku juga sering melihat video cover, edit, tiktok serta challenge-nya, serta banyak hal lain yang mereka lakukan terhadap laguku,” ungkapnya. “Yeah, aku benar-benar ingin berterima kasih ke orang-orang di Indonesia yang menyukai laguku dan membuatnya tenar, itu sangat berarti buatku,”

Berbicara mengenai lagu ‘Double Take’, lagu ini menghadirkan cerita yang sangat relate dengan banyak orang. Bercerita tentang keinginan seseorang untuk masuk ke jenjang yang lebih intim daripada sekedar pertemanan kepada seorang yang selama ini menjadi teman baiknya. Tentu, di lagu ini, kita akan disuguhkan pertanyaan apakah orang yang diidamkan tersebut merasakan hal yang sama. Untuk menghilangkan rasa penasaran tadi, Dhruv-pun menjawab, “Ya, aku mendapatkan ‘IYA’ dari dia. Tapi, bukan karena dia sempat dengar lagunya. Saat aku selesai menulis ‘Double Take’, sekitar 1 atau 2 bulan setelahnya. Bahkan, waktu itu aku juga belum merilis lagunya. Tapi, aku sudah mendapatkan jawaban darinya,” ungkap Dhruv sambil tersenyum. Lalu, bagaimana rasanya? “Sangat tidak bisa dipercaya! Itu seperti apa yang selalu kita inginkan, bukan? Aku menghabiskan banyak waktuku untuk kisah cinta yang tak terbalas. Jadi, saat dapat merasakan cinta yang berbalas, itu sangat menyenangkan,” pungkasnya.

Simak obrolan lengkap Creativedisc bersama Dhruv yang turut membahas project ke depannya, serta kemungkinan dirilisnya Video Music dari ‘Double Take’ lewat video di bawah ini:

Special Thanks to Secret Signals!

dundhee
More from Creative Disc