CreativeDisc Exclusive Interview with Taz Taylor: Buka-bukaan Rahasia Kesuksesan Internet Money

Oleh: luthfi - 01 Sep 2021

“Siapa yang membantu temannya untuk sukses pasti dia akan mendapatkan kesuksesan juga”, perumpamaan tersebut bisa didapatkan dari sosok seorang Taz Taylor yang merupakan beatmaker, produser, penulis lagu, dan juga pemilik dari label dan kolektif yang paling panas di skena hip hop saat ini Internet Money Records.

Perjalanan Taz menjadi seseorang nama terkemuka di kancah hip hop dunia adalah perjalanan yang menantang dan konsisten. Lahir dari keluarga yang cinta dengan musik ia memulai belajar cara membuat beat sendiri secara otodidak. Hidupnya pun berubah ketika di umur 17 ibunya terkena penyakit kanker dan ia harus mencari cara untuk membiayai ibunya. Mulailah ia menjual beat yang ia hasilkan secara online dan ia lakukan terus demi bisa melihat ibunya terbebas dari penyakit.

Ketika ia mengetahui bahwa ia bisa hidup dari menjual beat ia langsung melakukan hal itu terus menerus dan bersungguh-sungguh sampai ia mendapatkan tawaran dari nama besar seperti Trey Songz dan Desiigner untuk memakai beat di lagunya dan hasilnya ia mendapat tawaran dimana-mana untuk membuat lagu hip hop papan atas. Setelahnya ia berkolaborasi dengan nama populer di kalangan hip hop mulai dari Lil Uzi Vert, Trippie Redd, Juice WRLD, XXXTentacion, Gunna, dan The Kid Laroi. Tidak hanya menjadi kolaborator saja ia pun membuat single-nya sendiri dengan bantuan Don Tolliver, Gunna, dan Nav berjudul 'Lemonade' dan lagu tersebut menjadi juara di Inggris Raya dan menduduki posisi keenam di US Billboard Hot 100.

Tidak puas akan hal itu ia pun langsung mendirikan Internet Money Records sebuah badan usaha dan bentuk organisasi yang unik karena Internet Money Records adalah sebuah kanal YouTube yang berisikan tutorial membuat beat kece, perusahaan rekaman, dan kumpulan produser, rapper, dan pembuat konten dalam satu atap. Tidak hanya itu Internet Money mengumpulkan produsernya bukan hanya dari Amerika Serikat saja tetapi juga dari belahan dunia lain seperti Inggris dan Argentina.

Taz mempunyai insting yang tajam ketika ia merekrut seorang produser, “Alasan terbesar aku merekrut seorang produser lagu adalah aku melihat sesuatu yang berbeda ketika aku melihat karyanya dan ketika aku melihat itu aku langsung merekrutnya dan memasukannya ke dalam Internet Money Records untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh mereka”, ungkapnya ketika ditemui oleh CreativeDisc via Zoom.

Dibalik lagu dan beat ciptaan mereka yang mampu terjual secara masif ada etos kerja yang kuat dibaliknya dan selalu menjadi nilai yang terus dibawa oleh Internet Money. Kerjasama tim yang erat dan kuat merupakan salah satu kunci yang membuat Internet Money bisa menghasilkan lagu dan beat yang membuat orang mendengarkannya. “Di dalam Internet Money ada orang yang buat beat dasar, ada orang yang membuat loop, ada orang yang membuat dasar dari lagu, ada orang yang mengerjakan drum, ada musisi yang belajar dari musisi klasik dan ketika lagu sudah jadi kami berdiskusi dengan semua tim produser dan pembuat lagu untuk memutuskan apakah lagu ini enak didengar atau tidak karena kalau lagu ini enak didengarkan oleh semua anggota tim berarti lagu ini enak didengarkan oleh jutaan orang dan tugasku seperti seorang kondektur dalam musik yang memimpin jalannya”, kata Taz.

Ketika ditanya kenapa ia membangun Internet Money ia berkata bahwa ia ingin membangun sebuah kota dimana kota tersebut isinya dipenuhi oleh musik dimana semua orang dibayar untuk membuat musik dan demi mendapatkan visi yang ia inginkan ia terus menerus bekerja keras dan benar-benar menjadi pemimpin yang baik dan suportif kepada anggota timnya. “Alasan terbesar aku terus ingin membuat musik adalah aku ingin mendapatkan passive income (tertawa), gak lah sebenarnya aku tetap melakukan hal ini karena aku benar-benar cinta dengan apa yang aku lakukan yaitu membuat musik dan Internet Money adalah jalanku untuk itu”., katanya.

Mewawancarai Taz seperti mendapatkan banyak ilmu bukan hanya membuat musik yang enak tetapi juga mendapatkan ilmu tentang kepemimpinan, bagaimana ia bisa terus konsisten dalam membuat beat, dan bagaimana ia bisa menjadi sebuah nahkoda kapal yang tangguh dan ulet dalam membawa anggotanya mencapai kesuksesan sampai bagaimana ia bisa mempertahankan proses pembuatan lagu Internet Money sampai bisa masuk chart di penjuru dunia. Taz Taylor dan Internet Money Records telah menjadi standar baru bagaimana sebuah perusahaan rekaman dan sebuah kolektif bekerja untuk bisa mendapatkan suatu kesuksesan dan ilmunya bisa diterapkan kepada orang-orang yang sedang berusaha dalam bidang yang sama.

Simak wawancara selengkapnya CreativeDisc bersama Taz Taylor dari Internet Money dimana dia buka-bukaan tentang kesuksesan usaha yang didirikannya lewat video di bawah ini:

Terima kasih Universal Music Indonesia atas wawancaranya

luthfi
More from Creative Disc