CreativeDisc Exlusive Interview With Devora: Ingin Membawakan Country Menjadi Lebih Gahar

Oleh: luthfi - 13 Dec 2021

Solois perempuan bernama Devora tidak seperti penyanyi country pada umumnya yang biasanya bernyanyi dengan gitar lengkap dengan twang alias cengkok country. Ia dengan sangat berani mencampurkan elemen musik country dengan elemen musik lain yang jauh dari estetika country seperti dark pop, emo, stoner rock bahkan sampai industrial rock. Hal ini terpancar di EP terbarunya berjudul “Outlaw” yang sesuai dengan judulnya dimana kelima lagunya benar-benar memancarkan gemuruh musik stoner rock dengan elemen country.

Motivasi Devora menjadi “penjahat” di musik country ternyata dilandasi dari kegelisahan karena ia tidak menemukan musisi yang berani mencampurkan unsur country dengan unsur rock yang keras. “Aku lahir di padang gurun di Arizona, waktu kecil aku sering mendengarkan musik country dan beranjak remaja aku mendengarkan musik emo dan industrial rock. Lalu aku berpikir bagaimana mencampurkan musik yang aku suka dari kecil sampai remaja ke dalam satu lagu dan ternyata tidak ada musisi yang melakukan itu, jadinya aku berpikir ‘bodo amat, aku ingin membuat musik country yang penuh dengan unsur emo, dark pop dan industrial rock.’”., ungkapnya ketika ia diwawancarai oleh CreativeDisc lewat Zoom.

Salah satu bukti nyatanya adalah lagu “Body Bag” dimana di awal lagu ia bernanyi seperti penyanyi folk/country Sheryl Crow sebelum dihajar oleh sound stoner rock dan industrial rock yang bergemuruh menghantam lagu. Menurut Devora terkait lagu “Body Bag”, “Aku membuat ‘Body Bag’ ketika aku sedang frustasi parah, saking keselnya aku rasanya ingin menaruh seseorang ke kantong jenazah dan muncullah lagu tersebut. Awalnya aku ragu untuk membuat lagu ini karena temanya sangat eksplisit tetapi orang-orang berkata ‘jangan disensor, udah bikin aja lagunya kaya gitu’ dan muncullah lagu ini.”.

Kemarahan dan emosi yang liar dan apa adanya merupakan bensin utama dari musik Devora sehingga menghasilkan musik yang berani, liar, jauh dari stereotip musik country namun masih enak didengar dan mampu menembus jauh ke telinga orang banyak. Lewat “Outlaw” Devora seolah berhasil mewujudkan impiannya dari dulu untuk membuat musik country yang ia suka tanpa batasan dan hasilnya adalah sebuah EP yang menyenangkan dan berani untuk didengar dan ditunjukkan ke orang banyak.

Simak wawancara eksklusif Devora bersama CreativeDisc selengkapnya dimana kami berbicara soal musik yang ia suka, EP terbarunya berjudul “Outlaw”, pengalamannya menulis jingle iklan sebelum terjun menjadi solois, dan kecintaannya terhadap Quentin Tarantino dan Nine Inch Nails lewat video di bawah ini.

Stream EP terbaru Devora “Outlaw” di bawah ini.

luthfi
More from Creative Disc