MONDO GROSSO Tawarkan Musik Elektro Yang Beragam di Album "BIG WORLD"

Oleh: luthfi - 21 Feb 2022

Salah satu legenda di dunia musik electronik Jepang, Shinichi Osawa akhirnya mengeluarkan album terbarunya di bawah nama bendera MONDO GROSSO setelah “Attune/Detune” yang dirilis pada tahun 2018 kemarin. Album terbaru yang kedelapan MONDO GROSSO ini diberi nama “BIG WORLD” dan dirilis pada 12 Januari lalu. Osawa mengatakan bahwa album ini dipengaruhi oleh masa pandemi yang melanda dunia dan ia mengespresikan perasaannya selama pandemi lewat musik electronik dan kolaborator yang ia bawa.

Nama kolaborator yang ia bawa sama bervariasinya dengan musik yang dibuat di album ini mulai dari Hikari Matsushima (yang pernah berkolaborasi di lagu “Labyrinth” dan membawa nama MONDO GROSSO populer di kalangan pecinta musik internasional) & komposer legendaris Ryuichi Sakamoto dalam “IN THIS WORLD” yang memainkan musik elektro dengan nuansa house yang chill dan riff piano Sakamoto yang menambah khusyuk lagu.

Pendatang baru di dunia hip hop DONGURIZU yang membawakan lagu hip hop yang groovy dalam “B.S.M.F.”, vokalis dari duo yang populer di kalangan pecinta musik Jepang di internasional yaitu suis dari Yorushika dalam “LAST HEART” yang memadukan sound kolaborasi Robyn & Royksopp ke dalam satu lagu.

ermhoi dari black boboi/millenium parade yang membawakan “FORGOTTEN” yang berbicara tentang kritik sosial dengan irama modern house, vokalis Awesome City Club bernama PORIN dan band indie rock yang tengah naik daun di skena musik indie internasional CHAI diajak dalam nomor “CRYPT” dan “OH NO!” yang bernuansa nu disco serta artis binaan Mondo Grosso bernama RHYME yang bernyanyi di nomor “BIG WORLD” yang bernuansa lo-fi electronic dengan nuansa vaporwave di dalamnya.

Nama-nama legendaris dan populer di dunia musik Jepang juga turut diajak seperti Asuka Saito dari grup idol super populer Nogizaka46 yang menyanyikan lagu new rave dengan vokal shoegaze di “STRANGER”, Takao Takajima yang merupakan nama dibalik unit solo jazz pop Original Love di “ILLUSORY REFLECTION”, dan Yoshie Nakano yang merupakan vokalis dari grup jazz dan baroque pop legendaris EGO WRAPPIN’ dalam “LOST PEOPLE”.

Album "BIG WORLD" sendiri menjadi album yang unik untuk didengarkan karena setiap sound yang ditawarkan di dalam album ini memiliki perbedaannya masing-masing dan para kolaborator album ini berhasil menghidupkan jiwa dari lagu ini. Terkait tentang komentar Osawa mengenai album ini ia mengatakan, “Latar belakang dan proses pembuatan album "BIG WORLD" telah menjadi bagian penting dalam hidup saya sebagai seorang musisi. Saya bahkan tidak bisa membayangkan kemana saya akan pergi dari sini, tapi saya yakin ini akan menjadi titik awal. untuk 'perjalanan selanjutnya' saya.”

Album “BIG WORLD” telah dirilis oleh A.S.A.B./Avex Trax dan tersedia di berbagai macam platform streaming.

luthfi
More from Creative Disc