Yuna Selesaikan Album Pentalogi "Y5" yang Seperti Lahir Kembali

Oleh: cung2 - 15 Nov 2022

Dunia boleh menghadapi pandemi. Namun bukanberarti tidak produktif. Buktinya penyanyi alt-R&B dari Malaysia, YunaZarai, akhirnya menyelesaikan album pentaloginya, “Y5”, dan dirilis 11November.

Pentalogi, ya, sebelumnya Yuna merilis 4 minialbum dari “Y1” (Maret 2022) sampai “Y4” (September 2022). Kumpulan lagu-lagubergenre unik yang ditulis dalam rentang waktu antara pandemi dan Oktober 2022,mulai dari R&B hingga soul dan disko.

“Y5” menampilkan 17 lagu, yang terdiri dari 13lagu yang sudah dirilis di EP “Y1” sampai “Y4”, dan empat lagu baru. PentalogiEP-nya yang dirilis tahun ini merupakan bagian dari strategi rilis baru yanginovatif untuk memberikan lebih banyak waktu kepada penggemarnya untukmenikmati musik dalam porsi yang mudah dicerna.

“Tujuan saya merilis EP sebelumnya adalahuntuk menghidupkan sesuatu yang spesifik. Y1 sangat soul, sangat R&B, danlo-fi. Y2 lebih agak nge-pop. Y3, saya terinspirasi gara-gara The Cardigans daningin bereksplorasi dengan bermain gitar. Semuanya kembali ke saya melakukansesuatu yang saya nikmati, bukannya merasa dipaksa menjadi sesuatu. Saya inginmencoba hanya menulis dari hati dan membuat sesuatu yang 100 persen milik saya.Setiap lagu mewakili sesuatu yang saya sukai yang ingin saya bagikan kepadadunia,” kata Yuna.

Selain itu, keadaan pandemi yang memaksanyauntuk bertahan di Kuala Lumpur, menjadi blessingin disguise untuknya. Yuna bisa menyeimbangkan prioritasnya, dan lebihspesifik berfokus menjadi musisi yang khas. Karena itulah, di studio rumahnya,dia menggarap konsep album “Y5”, dan dirilis independen.

“Aku mau fokus membuat sesuatu yang membuatku happy. Dengan album ini, saya sepertiterlahir kembali, karena saya merasakan masa-masa awal saya membuat musik,”kata Yuna.

 


cung2
More from Creative Disc