CreativeDisc Exclusive Interview With Kamal: Mencintai Kesederhanaan Di Setiap Karyanya

Oleh: luthfi - 23 Feb 2023

Di era pandemi kemarin, hampir semua orang mendambakan kesederhanaan dalam hidup dan momen kembali ke kesederhanaan itu sejalan dengan musik yang dibawakan oleh solois pria asal Inggris bernama Kamal. Solois yang pernah masuk ke The BRIT School ini mampu mencuri perhatian di era pandemi berkat pendekatan musiknya yang sederhana dan tidak terlalu ambisius. Ia bermain dengan vokal R&B yang lantang dan terdengar modern tanpa harus menambahkan bumbu-bumbu. Kepolosannya dalam membuat lagu tersebut membuat dirinya melejit di era pandemi, mendapat perhatian dari musisi besar seperti rapper Dave, Jaehyun dari NCT, sampai Billie Eilish. Ketika dunia sudah seperti dulu kala pasca pandemi ia langsung memanfaatkan momentum tersebut dengan melakukan tur yang tiketnya langsung ludes terjual bahkan sampai tampil ke salah satu acara musik legendaris di Inggris Raya Later…With Jools Holland dengan lagunya “blue”.

“Sebenarnya meski diriku udah tampil di TV, manggung di berbagai macam kota, aku selalu deg-degan tampil di depan orang yang sedikit. Karena penontonnya bisa melihat apa yang aku lakukan dan mainkan, aku harus menaruh perhatian ekstra kepada penampilanku dan penontonku”, ungkap Kamal ketika ditemui di ruang santainya melalui Zoom. Kamal sendiri memang menyukai musik dan pengalaman yang sederhana dan intim, semua lagu yang ia buat memang dibuat berdasarkan apa yang ia rasakan dan ia sangat nyaman dengan hal itu karena membuatnya lebih apa adanya dan terbuka bagi pendengarnya.



Sebagai seorang musisi yang terus berkembang dan masih mencari arah bermusiknya, Kamal pun terus bereksperimen dengan banyak hal termasuk menambahkan sound yang lebih banyak di mixtape terbarunya nanti berjudul “so here you are, drowning” yang akan dirilis pada 17 Maret 2023 nanti. Ia banyak menambahkan sentuhan yang berbeda dari apa yang ia lakukan sebelumnya selama masa pandemi karena banyak perasaan yang pastinya dirasakan ketika berinteraksi dengan banyak orang secara langsung ketimbang melalui online. Meskipun ia banyak menambahkan banyak hal di mixtape-nya ia masih mempertahankan kesan sederhana dan minimalis ke setiap lagunya. Kamal yakin pendekatan lagu yang sederhana tapi maksimalis ini bisa membawanya ke teritori yang lebih baru dan mendapatkan pendengar yang lebih banyak lagi.

Simak wawancara eksklusif CreativeDisc bersama Kamal dimana kami bercerita tentang kepopulerannya di kala waktu pandemi dan pasca pandemi, mixtape terbarunya, bagaimana ia membuat lagu yang chill dan sederhana serta kegrogiannya di panggung kecil lewat video di bawah ini:




luthfi
More from Creative Disc