Konser Nostalgia Tahun 2000-an Ala BLUE dan Gareth Gates di Jakarta

Oleh: dundhee - 19 Feb 2023

Valentine’s Day di Jakarta tahun 2023 terasa berbeda. Jika biasanya Valentine’s Day diwarnai oleh sesuatu yang berwarna merah, kali ini, nuansanya berubah menjadi ‘biru’. Karena warna biru selalu diasosiasikan dengan sesuatu yang sedih, bukan berarti hal tersebut menandakan bahwa Valentine’s Day jadi terasa sedih. Alih-alih, menyenangkan karena adanya konser dari boyband yang meraih puncak kesuksesan di awal tahun 2000-an, BLUE. Ya, boyband yang beranggotakan Duncan, Lee, Simon, dan Antony ini kembali hadir ke Indonesia. Jika sebelumnya mereka datang di salah satu festival pada tahun 2018, tahun ini mereka hadir dengan konser 20th Anniversary Heart & Soul Tour 2023.



Bertempat di Pullman Hotel Central Park Jakarta, konser ini berhasil mengumpulkan banyak sekali fans BLUE yang memang sudah kangen dengan performance dari masing-masing membernya. Tentu mereka juga kangen untuk menyanyikan lagu-lagu hits lawas mereka sambil bernostalgia. Sepertinya memang tema itu yang diusung di konser kali ini, karena sebagai opening act, dipilihlah penyanyi yang juga sangat hits di awal tahun 2000-an, Gareth Gates.

Konser dimulai tepat jam 6.30 dengan penampilan pembuka dari Gareth Gates. Gates saat itu tampil dengan sebuah keyboard dan membawakan lagu-lagu hitsnya seperti ‘Anyone of Us (Stupid Mistakes)’, ‘Unchained Melody’, hingga ‘Spirit in The Sky’. Selama tampil, Gates juga tidak segan untuk mendekat ke arah penonton untuk sekedar menyapa dan mengatakan betapa dia bersyukur bisa datang dan tampil di hadapan penonton Indonesia. Bahkan, saat membawakan lagu terakhir, Gates turun dari panggung untuk berinteraksi lebih dekat dengan penonton. Ada beberapa momen Gates juga mengambil selfie dari smartphone penonton.

Lepas penampilan Gareth Gates, tibalah penampilan BLUE yang memang sudah ditunggu-tunggu. Penampilan BLUE malam itu dibuka dengan single ‘Sorry Seems To Be The Hardest Word’ yang merupakan single kolaborasi mereka bersama Sr. Elton John. Seperti yang diduga, lagu-lagu hits lawas dari BLUE lengkap dibawakan di konser ini. Mulai dari ‘U Make Me Wanna’, ‘Best In Me’, ‘If You Come Back’, ‘Fly By’, hingga ‘Breathe Easy’ dan ‘One Love’ yang didapuk menjadi 2 lagu penutup di konser ini. Walau dibawakan dengan lagu minus 1, namun performance dari BLUE tetap menyenangkan untuk ditonton. Antony, sayangnya, sedang tidak enak badan saat tampil malam itu. Hal ini membuat ketiga member lain sempat meminta semangat pada penonton untuk Antony yang masih menyempatkan diri untuk tampil agar tidak mengecewakan fans yang sudah menantikan penampilan mereka di Jakarta.

BLUE membawakan total 20 lagu sepanjang konser dimana 4 lagu diantaranya mereka bawakan dengan cara medley. Penontonpun ikut bernyanyi bersama BLUE hingga tidak jarang, suara dari penonton ini bahkan lebih keras daripada vokal dari BLUE. Nostalgia memang menjadi tema besar dari konser-konser comeback grup band atau boyband di Indonesia beberapa tahun terakhir. Walau sebenarnya ada beberapa konser yang tidak didukung oleh pencahayaan dan stage yang memadai, layaknya konser BLUE ini, namun rasanya momen bisa menyanyikan lagu-lagu yang penuh memori ini membuat banyak penonton terpuaskan. Setuju?

SETLIST – BLUE 20th Anniversary Heart & Soul Tour 2023 Jakarta:
1.    Sorry Seems to Be the Hardest Word
2.    Heart And Soul
3.    Haven't Found You Yet
4.    U Make Me Wanna
5.    Ultraviolet
6.    Paradise
7.    Get Ready / Signed, Sealed, Delivered I'm Yours / Get Down on It / King of the World
8.    Best in Me
9.    If You Come Back
10.    Too Close
11.    Dance With Me
12.    Curtain Falls
13.    Fly By
14.    Bubblin'
15.    All Rise
Encore:
16.    Breathe Easy
17.    One Love


Foto: Budi Susanto

dundhee
More from Creative Disc