Everblast Festival 2023: Festival yang Memang WAJIB Ada Bagi Generasi Warnet!

Oleh: dundhee - 18 Mar 2023 | Views: 5

Di-klaim sebagai When We Were Young Festival versi Indonesia, Everblast Festival 2023 diadakan pada tanggal 4-5 Maret 2023 yang lalu. Bertempat di Gambir Expo Kemayoran, Everblast Festival menghadirkan line-up musisi-musisi dari dalam dan luar negri yang hits di awal tahun 2000-an. Diantaranya: Padi Reborn, Letto, J-Rocks, Alexa, Tika Tiwi, The Red Jumpsuit Apparatus, Hoobastank, hingga Simple Plan.

Sore hari tanggal 4 Maret 2023, banyak para penonton yang sudah memadati Gambir Expo untuk menyaksikan event pertama dari Everblast Festival ini. Walau sempat diguyur hujan cukup deras, nyatanya semakin malam, semakin banyak penonton yang datang. Di hari pertama ini, Everblast Festival dimeriahkan oleh Sind3ntosca, Rocket Rockers, The Banery, Vagetoz, NAFF, hingga duo yang dulu hits dengan single ‘OK’, ‘T2 (Tika Tiwi). Memang sepertinya festival seperti inilah yang dirindukan oleh banyak orang. Karena terbukti banyak penonton yang heboh sendiri dengan menyanyikan lagu-lagu favorit mereka yang dibawakan oleh musisi yang tampil. Di hari pertama tersebut, musisi internasional yang tampil adalah MYMP, The Rasmus, dan Simple Plan.

Membahas sedikit mengenai Simple Plan yang memang sudah sering tampil di Indonesia, mereka merasa bahagia akhirnya bisa kembali tampil di Indonesia. Ini juga disambut sangat baik oleh para Astronauts (sebutan untuk fans Simple Plan) dengan memadati area panggung tempat Simple Plan tampil. Band ini menjadi penutup di hari pertama Everblast Festival. Dengan membawakan lagu-lagu hits mereka seperti ‘I’m Just A Kid’, ‘Addicted’, ‘Jet Lag’, ‘Summer Paradise’ hingga banyak lagi.  

Hari kedua Everblast dimeriahkan oleh band-band legendaris Indonesia yang akhirnya comeback seperti Padi Reborn, Cokelat, Alexa, The Rain, dan masih banyak lagi. Selain itu, di hari kedua tersebut, ada pula penampilan The Red Jumpsuit Apparatus, Secondhand Serenade, hingga Hoobastank. Tidak kalah ramai dibandingkan hari pertama, sudah sejak sore, banyak penonton yang memadati Gambir Expo Kemayoran. Penampilan maksimal dihadirkan oleh seluruh lineup dari festival ini mulai dari awal hingga akhir. 3 stage berbeda masing-masing dipadati oleh banyak penonton yang ingin melihat performance dari musisi yang tampil.

Hoobastank didapuk menjadi penampilan penutup dari Everblast Festival ini. Walau sayangnya, penampilannya tidak seheboh penampilan Simple Plan yang memang lagu-lagunya jauh lebih familiar untuk telinga penikmat musik di Indonesia. Bukan berarti Hoobastank tidak tampil maksimal, justru sebaliknya. Namun, penonton di Indonesia nampaknya hanya familiar dengan lagu ‘The Reason’ saja. Karena terlihat, saat Hoobastank selesai menyanyikan lagu tersebut, banyak penonton yang meninggalkan area festival.

Secara garis besar, Everblast Festival 2023 adalah salah satu festival yang wajib ada karena memang nostalgia merupakan sesuatu yang dibutuhkan oleh banyak orang, terutama untuk mereka yang merindukan lagu-lagu lawas untuk sekedar bernyanyi bersama teman atau bahkan keluarga mereka.

Foto: Budi Susanto

dundhee