Menikmati Lagu-lagu Cinta BOL4 di ‘Love.Zip 2023 BOL4 Asia Tour’

Oleh: RON - 11 Sep 2023

Foto: Sulinda Sumardi

Plaza Semanggi boleh saja terlihat seperti gedung mati belakangan-belakangan ini. Tempat ini memang nggak seramai dulu-dulu karena sedang dilakukan renovasi. Tapi Balai Sarbini, venue konser legendaris yang ada di mal tersebut, tampak hidup pada Sabtu malam tanggal 9 September 2023. Hanya melihat sekilas saja dari kerumunan yang ada di sekitar sana, muda-mudi membawa lightstick dan handbanner kertas, kita bisa tahu kalau akan ada konser bintang Korea malam ini. BOL4 (Bolbbalgan Sachungi) akan tampil perdana di Jakarta lewat gelaran Asia Tour-nya. Akhirnya!

Sejak namanya meledak di Korea Selatan, fans BOL4 mulai bermunculan di Indonesia juga. Mengawali karier sebagai duo beranggotakan Ahn Ji Young dan Woo Ji Hyun yang berkompetisi di acara TV SuperStar K6, BOL4 berhasil merambah ke arus utama berkat lagu-lagunya yang tidak hanya easy listening, tapi punya lirik yang ngena dan relate dengan para pendengar. Sejak 2020, Woo Ji Hyun mengundurkan diri dari BOL4 dan Ahn Ji Young membawa nama tersebut sebagai solois. Perubahan formasi ini tidak cinta dari penggemar BOL4 berkurang.

Antusiasme loBoly (sebutan buat penggemar BOL4) amat terasa dalam menyambut penampilan perdana sang idola di Jakarta. Dalam handbanner yang dipersiapkan oleh fans tertulis ‘Akhirnya! Ahn Ji Young datang!’ merupakan perwakilan dari perasaan itu. Jumlah penonton yang humble tak mengurangi keseruan konser bertajuk ‘Love.Zip 2023 BOL4 Asia Tour’ ini. Justru hal itu yang membuat Ahn Ji Young sepertinya nyaman dan percaya diri untuk membaur dengan penggemar, tampil tak hanya dari atas panggung saja tapi di lantai yang sama dengan fans. Sebuah kejutan yang luar biasa!

Seperti kebanyakan konser bintang Korea, konser ‘Love.Zip’ dibuka dengan sebuah video perkenalan. Ahn Ji Young lalu muncul dari tengah panggung yang gelap, anggun dengan gaun berwarna kebiruan yang membuatnya tampak seperti peri. Ditambah lampu sorot yang mengikuti ke mana pun dia melangkah, Ahn Ji Young jadi bintang paling bersinar malam itu. Seperti nama konsernya, lagu-lagu yang dibawakan di sini tentang cinta. Ahn Ji Young menjelaskan dalam sebuah video transisi dari Act 1 ke Act 2, dia ingin menyanyikan segala sisi perasaan cinta dalam konser ini. Makanya ada lagu-lagu yang terasa sangat bahagia (di Act 1), ada juga lagu-lagu yang benar-benar galau (mengisi keseluruhan Act 2).

Tak ada yang menyangka bahwa sesi galau di Act 2 menjadi bagian paling tak terlupakan dari konser ini. Ahn Ji Young muncul dari lorong tribun dan membuat loBoly berteriak kegirangan. Dia lalu berdiri lama di satu titik tak sampai satu meter dari kursi penonton di depannya. Lama dia bernyanyi di sana sambil menghayati lagu, bersamaan dengan fans yang memanfaatkan momen itu untuk merekam sang idola dari dekat. Momen di Act 2 ini benar-benar terasa hangat karena Ahn Ji Young dan loBoly seolah tak berjarak. Sedekat itu sampai-sampai ada momen Ji Young tercekat di tengah-tengah lagu.

Rupanya energi fans itu merasuk sampai ke hati Ahn Ji Young. Ketika dia kembali ke panggung, dia mengaku lebih suka ada di antara fans dan menyanyi di sana alih-alih di panggung.

“Sepertinya kalau dipikir-pikir daripada menyanyi di panggung, aku lebih suka nyanyi di antara kalian. Apa kita coba kayak gitu lagi di sesi berikutnya?” tanya Ahn Ji Young yang tentu saja diamini fans.

“Okey!” katanya.

Benar saja, di Act 3 dengan lagu-lagu yang lebih ceria, dia kembali turun panggung. Tapi kali ini tidak hanya di satu titik, dia berlari dari satu lorong ke lorong yang lain. Bernyanyi bersama fans dan menikmati waktu berharga yang hanya akan berlangsung selama kurang lebih dua jam di konser itu.

Tak satu pun dari lagu-lagu BOL4 malam itu yang gagal membuat fans nyanyi bareng. Bahkan Ahn Ji Young sampai terkejut karena kemampuan penggemar buat menghapal setiap lirik lagunya. Tidak hanya lirik lagu, mereka juga tahu bagian-bagian tertentu dari lagu untuk melakukan fanchant.

“Bener-bener nggak nyangka bisa denger ini di Jakarta! Ini pertama kali aku ke sini dan fans Jakarta adalah yang terbaik dari semua penonton di Asia Tour-ku! Beneran, udah lama banget aku nggak dapat semangat seperti ini,” katanya.

“Kalau nanti aku konser lagi di Jakarta, kalian datang lagi ya? Dengan jumlah penonton segini juga nggak apa-apa! Aku bahagia sekali menikmati waktu bersama kalian!” tuturnya.

Di ‘Love.Zip 2023 BOL4 Asia Tour’ ini, lagu-lagu BOL4 seperti Love Story, Bom, Mermaid, Rome, Travel, hingga Some dibawakan. Di sesi Encore, Ahn Ji Young bahkan menerima request dari penggemar dan secara langsung membawakan versi pendek dari lagu Blue dan Freesia. Galaxy dibawakan di akhir sebelum kegelapan menyelimuti Balai Sarbini lalu Ahn Ji Young muncul di puncak panggung dan mengucapkan selamat malam semoga mimpi indah.

Penampilan Ahn Ji Young, crowd yang humble, lagu-lagu cinta dari BOL4, serta live band yang hidup menjadikan ‘Love.Zip 2023 BOL4 Asia Tour’ salah satu konser bintang K-Pop terbaik yang pernah digelar di Jakarta. 
 

RON
More from Creative Disc