CreativeDisc Exclusive Interview With Spence Lee: Ingin Memberikan Dampak Sosial Lewat Karyanya di Masa Depan

Oleh: luthfi - 09 Nov 2023

Rapper keturunan Vietnam, Tiongkok dan Amerika Serikat binaan 88Rising bernama Spence Lee terlihat cukup letih sehabis tampil di acara konser menyambut gelaran F1 Singapura ketika ditemui melalui Zoom. Kemarin malam ia sangat bersemangat untuk memberikan penampilan terbaiknya di depan penonton agar ia semakin dikenal oleh banyak orang. “Aku ingin terus tampil di depan banyak orang sebagai bentuk level up kepada diriku sendiri agar aku lebih dikenal oleh banyak orang.”, ucap Spence Lee ketika ditemui melalui Zoom.

Lahir dan besar di New Jersey, Amerika Serikat yang merupakan salah satu negara bagian di Amerika Serikat yang paling kaya dari segi penghasilan membuat jiwa pekerja keras Lee sudah tumbuh dari kecil. Sebagai seseorang yang mempunyai banyak darah campuran ia merasakan New Jersey adalah tempat yang cocok untuk dia berbaur dengan banyak komunitas dari berbagai macam etnis dan budaya. Ia juga merupakan seseorang yang sangat percaya bahwa Tuhan selalu mengiringi jalannya di setiap hal yang ia buat.

Ia menyuarakan keberagaman, kehidupan, dan kepecayaannya akan Tuhan melalui musik hip hop yang ia bawakan dan ia sudah bekerja keras menyuarakan hal tersebut dari tahun 2016 saat album perdananya berjudul “Upfall” dirilis. Hasil kerja kerasnya membangun nama di sirkuit hip hop membuahkan hasil, ia berhasil masuk ke Eardrummers Entertainment besutan produser hip hop ternama Mike Will Made It yang sudah mengorbitkan Rae Sremmurd dan mengubah musik Miley Cyrus secara total di album “Bangerz”. Setelah masuk Eardrummers ia juga berhasil masuk ke 88Rising yang tentunya nama tersebut sudah tidak asing lagi bagi para pecinta musik di Indonesia.

Meskipun ia sudah level up dan sudah mendapatkan nama untuk dirinya sendiri, ia masih mempunyai mimpi yang harus dikejar dan salah satu mimpinya adalah ia ingin membuat lagu yang bisa mempunyai dampak sosial kepada lingkungan tempat ia hidup dan bisa menyuarakan tentang keadaan sosial kepada para pendengarnya. Berat memang untuk mampu menyuarakan hal tersebut ke dalam lirik dan Lee juga menyadari hal tersebut, ia ingin lirik yang ia sampaikan tidak terdengar terlalu menggurui dan benar-benar tulus dari hati tanpa ada niat buruk apapun. Meskipun berat tujuannya tetapi dengan kepercayaan terhadap dirinya sendiri, didikan yang disiplin dari lingkungannya di New Jersey dan kepercayaannya akan Tuhan ia percaya bahwa hal tersebut bisa dilakukan sembari ia menapaki jenjang karir bermusiknya ke tingkat lebih tinggi.

Simak wawancara eksklusif CreativeDisc dengan Spence Lee dimana kami bercerita tentang lagu terbarunya, garis keturunannya, dan berbagai cerita menarik tentang kehidupan dan mimpinya lewat video di bawah ini:

luthfi
More from Creative Disc