Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Frente
Time Tunnel

Time Tunnel: Frente 

Photobucket

Awal Karir
Buat sebagian orang atau bahkan semuanya… mungkin yang terkenal dan bisa diingat dari band yang satu ini, Frente! Hanya sebuah single, yakni “Bizarre Love Triangle”. Fyi, “Bizarre Love Triangle”. Merupakan tembang lawas dengan irama dance milik New Order yang cukup terkenal di UK. Namun single tersebut berubah 180 derajat menjadi single 2 menit yang hanya dibawakan dengan iringan gitar, dan berubah menjadi dahsyat ditambah vokal Angie Heart yang unik membuat band yang berasal dari Australia ini melambung. Frente! Beranggotakan, Angie Hart (vokalis), serta pendirinya Simon Austin (gitar), Bill McDonald (bas), Pete Luscombe, Tim O’Connor, Mark Picton (drum), dan Alastair Barden dibentuk di Asutralia pada tahun 1991, dengan mengusung aliran musik alternative pop dan folk pop.

1st Album
Album pertama, “Marvin! The Album” dirilis pada tahun 1992. Banyak single yang menarik pada album pertama ini sebut saja “Ordinary Angels” dan “Accidently Kelly Street” yang berhasil mendapatkan platinum di Australia. Lanjut pada tahun 1994 album ini dirilis secara internasional, termasuk di Indonesia dan menjadikan album yang cukup sukses setelah membawakan cover version “Bizarre Love Triangle” seperti yang telah dibahas di atas. Memasukan kembali single “Lonely” yang berhasil menembus US di Modern Rock Tracks dan Billboard Hot 100. Single lain “Labour of Love” juga berhasil masuk Billboard Modern Rock Tracks chart.

2nd Album and Break
Perubahan drastis pada album “Shape” membuat Frente! memutuskan untuk tidak melanjutkan pembuatan album berikutnya. Berbeda dari album yang pertama, nuansa gelap sangat mendominasi. Butuh waktu yang cukup lama untuk bisa menikmati beberapa single dari album ini. Single pertama “Sit On My Hands”, dan “What’s Come Over Me” merupakan single yang masih bisa dinikmati. Namun tampaknya keberuntungan tidak menghinggapi album ini, dan memutuskan untuk setiap personilnya berjalan masing. Sangat menggenaskan. Meski sempat melakukan reuni pada tahun 2005, dan mengeluarkan album mini, tampaknya belum bisa mengembalikan kesuksesan yang berarti.

Trivia:
1. Pada waktu masih bergabung dengan Frente! Angie Hart sempat mengisi vokalnya pada lagu “Tingly” salah satu single di Australia.
2. Frente! juga mengisi lagu pada album kompilasi Saturday Morning yang dirlis pada 5 December 1995 dengan cover version “Open Up Your Heart dan Let the Sun Shine In” dari The Flintstones.
3. Single “Ordinary Angels” menjadi soundtrack serial TV Amerika, Melrose Place
4. Frente! Bubar pada tahun 1996, dan Angie Hart sang vokalis merilis album solo pada tahun 2007.
5. Januari 2005, Frente! reuni kembali di Australia dengan formasi Angie Hart, Simon Austin and Bill McDonald with Pete Luscombe on drums.

Albums
* Marvin the Album (1992, international release 1994)
* Shape (1996)

(Joe Ari Shasta / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply