Quantcast

Exclusive Interview with HRVY: dari “Hasta Luego” sampai Insiden Warna Rambut

By - 3 months ago in Artist Interviews

Harvey Leigh Catwell, yang dikenal dengan nama HRVY, jadi salah satu deretan artis yang mendapatkan banyak perhatian dari Internet. Jika digabungkan, jumlah pengikut HRVY di media sosial mencapai lebih dari 7 juta lho! Selain aktivitasnya di media sosial, HRVY merupakan musisi yang cukup produktif dengan merilis 2 EP dalam waktu kurang dari enam bulan, “Holiday” yang dirilis pada bulan Juli dan “Talk to Ya” yang dirilis bulan November tahun lalu. HRVY baru saja menyelesaikan tur bersama The Vamps dan kini, HRVY merilis single “Hasta Luego” yang berkolaborasi dengan Malu Trevejo. Di tengah-tengah tur promosi artis berusia 19 tahun ini di Manila, Universal Music Indonesia mengajak Creative Disc untuk berkenalan dan ngobrol langsung sama HRVY, mulai dari single terbarunya “Hasta Luego”, pengalaman turnya bareng Little Mix dan The Vamps, sampai insiden memalukan di masa kecilnya! Yuk cek obrolan Creative Disc dan HRVY!

CD: Hai Harvey! Sekarang ini kamu pasti sibuk sekali, karena kamu tur sama The Vamps, lalu terbang ke Australia, lalu Manila. Bagaimana kamu bertahan?

HRVY: Ya, banyak sekali zona waktu. Aku banyak tidur, tapi zona waktuku agak kacau.  Aku bangun jam 4 pagi, dan rasanya lelah sekali di siang hari. Agak sulit, tapi ini menyenangkan.

CD: Bisa ceritakan tentang single barumu, “Hasta Luego”?

HRVY: “Hasta Luego” sudah dirilis, kamu bisa dengarkan di Spotify dan platform lainnya. Kamu juga bisa lihat videonya di YouTube. Kami merekamnya beberapa bulan lalu, itu lagu berbahasa Spanyol dan Inggris, jadi kalau kamu bisa berbahasa Spanyol, kamu bisa bernyanyi bersama. Aku tidak pintar Bahasa Spanyol. Aku bahkan tidak tahu apa arti “Hasta Luego”. Semoga kalian suka ya!

CD: Bagaimana kamu belajar tariannya?

HRVY: Itu agak sulit bagiku karena aku masih baru dalam dunia tari. Tapi kami menghabiskan beberapa hari untuk berlatih di Amerika. Di hari kami merekamnya, waktu itu malam hari, kami sangat lelah dan udaranya juga dingin sekali. Tapi kami bertahan dan mereka mengajarkanku tariannya.

CD: Video musikmu, “Personal” berhasil mencapai 118 juta views dalam lima bulan, dan sekarang “Hasta Luego” punya 7 juta views.

HRVY: Itu gila! Kalau tidak salah, sekarang sudah 11 juta views. “Personal” punya lebih dari 100 juta views, jadi itu seperti pencapaian terbesar dalam karierku sejauh ini. Semoga “Hasta Luego” mencapai penayangan sebanyak itu. Penayangannya banyak sekali dan agak menakutkan, banyak orang yang melihat wajahku. Tapi aku senang.

CD: Yang luar biasa tentang musikmu adalah setiap lagunya terdengar berbeda. “Personal” lebih seperti pop ala remaja, sedangkan “Hasta Luego” bergenre pop Latin.

HRVY: Aku ingin musikku selalu berbeda, jadi tidak selalu sama. Keberlanjutan akan tetap ada, karena ada suaraku di dalamnya, tapi aku suka terdengar agak berbeda, karena dengan begitu, rasanya lebih menyenangkan.

CD: Setelah semua kesibukan ini, apa rencanamu selanjutnya? Apa kamu akan istirahat atau langsung masuk studio untuk menyiapkan materi baru?

HRVY: Aku tidak punya waktu istirahat. Setelah aku pulang dari Filipina, aku akan di rumah selama tiga hari, lalu aku akan ke LA, masuk studio dan menulis lagu baru. Lalu aku kembali ke Inggris, kemudian pergi lagi entah ke mana. Semoga aku bisa ke Indonesia. Aku ingin sekali ke sana. Aku punya beberapa akun penggemar dari Indonesia, mereka luar biasa dan sangat mendukung. Semoga aku bisa cepat datang menemui kalian.

CD: Kamu pernah tur dengan Little Mix, lalu The Vamps. Apa ada hal seru yang terjadi?

HRVY: Waktu aku tur dengan Little Mix beberapa tahun lalu, di akhir tur, mereka membawakanku kue bertuliskan namaku di atasnya. Mereka baik sekali. Semua orang bertepuk tangan. Itu momen yang menyenangkan. Waktu bersama The Vamps, kami sering bercanda. Kami selalu tertawa di ruang ganti, dan sering nge-jam bareng. Itu seru.

CD: Selain musik, apa hal lain yang kamu sukai?

HRVY: Sekarang aku suka sekali Fortnite (game). Aku juga penggemar berat makanan. Aku suka sekali Nando’s, makanan Inggris. Sebenarnya kami berdebat soal itu. Secara teknis, itu bukan makanan Inggris, tapi dari Portugal atau semacamnya. Tapi itu ada di Inggris, jadi bagiku itu makanan Inggris. Aku suka mobil. Suatu hari aku ingin mengendarai mobil bagus. Aku punya banyak mobil impian. Aku ingin punya Lamborghini suatu hari nanti, karena itu keren. Aku juga suka Range Rover karena itu berkelas dan bagus.

CD: Bisa kamu sebutkan lima hal menarik yang orang tidak tahu tentangmu?

HRVY: Itu sulit karena tidak ada yang menarik tentangku! Aku sangat terbuka soal kegiatanku, mereka (fans) tahu segalanya tentangku. Tapi ya, ayo coba. Ayo lihat. Ada bekas luka di tanganku, aku tidak tahu apa ini atau dari mana asalnya. Tapi ini sudah ada bertahun-tahun dan aku masih tidak tahu bagaimana aku mendapatkannya. Ini masih misterius. Tidak ada yang tahu tentang itu, aku baru saja melihatnya di tanganku.

Yang kedua, orang menganggap ini cukup menarik. Aku tidak pernah ikut kursus bernyanyi. Orang selalu bertanya di mana aku kursus. Yah, aku tidak pernah kursus.

Yang ketiga, ayo bicara tentang zaman sekolahku. Waktu SD, kelasku kecil, hanya ada 15 murid di angkatanku. Kami mengadakan drama sekolah, “Oliver Twist”. Aku ikut audisi untuk peran Oliver, tapi aku tidak diterima. Salah satu temanku diterima, dan bukannya kasar, tapi dia tidak bisa bernyanyi. Maaf, tapi itu benar. Semua orang tahu itu, tapi dia malah dapat peran jadi Oliver.  Aku hanya dapat peran di latar, hanya pemain sampingan. Aku sedih sekali, karena kupikir audisiku berjalan dengan baik. Tapi ternyata tidak. Sampai sekarang, aku belum memberinya ucapan selamat. Aku sudah lama tidak bicara dengannya. Jadi itu satu hal menariknya. Aku sangat menginginkan peran itu, tapi aku tidak mendapatkannya.

Astaga, ini sulit sekali. Aku janji akan berhasil menyelesaikan pertanyaan ini! Aku berusaha memikirkan hal yang orang tidak tahu tentangku, karena aku sudah banyak diwawancara, dan aku sudah cukup terbuka menceritakan banyak hal tentangku. Beri aku inspirasi!

CD: Pengalaman memalukanmu?

HRVY: Bagus! Beberapa orang mungkin tahu tentang ini, tapi biar kuceritakan lagi. Aku ada di suatu tempat, di sana ada beberapa fans yang mendatangi dan menyapaku, lagi aku memeluk mereka. Lalu ada seorang gadis berdiri di sebelahku, kukira dia juga fansku. Aku bilang padanya “Aku sayang kamu” dan memeluknya. Lalu dia bilang “Permisi, bisa kamu lepaskan aku? Aku tidak tahu kamu siapa.” Kupikir dia fansku karena dia berdiri di dekatku, tapi ternyata bukan. Itu memalukan sekali karena semua orang melihatnya dan dia tersinggung. Jadi, ya, itu momen memalukanku.

Ini yang terakhir, yang kelima. Waktu aku kecil, ibuku yang memotong rambutku. Kurasa semua ibu berpikir bisa memotong rambut. Model mangkuk, tapi lebih buruk dari itu. Waktu itu, aku ingin punya rambut pirang yang keren karena itu sedang tren. Aku ingin jadi keren, karena semua orang di kelasku membuat rambutnya begitu. Aku meminta ibuku mewarnai dan memotong rambutku. Dia bukan hanya memotong rambutku dengan sangat buruk, tapi juga sangat pendek. Lalu ibuku mewarnai rambutku jadi merah terang. Itu luar biasa merah. Aku ingat memandang diriku di cermin dan aku tidak tahu kenapa, aku masih kecil, jadi aku mulai menangis, berpikir orang-orang akan merundungku di sekolah karena rambut merahku. Bukannya berambut merah itu hal buruk ya, tapi itu tidak cocok untukku. Lalu aku kembali ke dapur, mendatangi ibuku, dan dia mulai menertawakanku. Aku semakin menangis karena dia terus tertawa. Lalu, ini hal terburuknya. Ibuku bilang tidak tahu caranya membuatku kembali pirang. Padahal jelas, kembali pirang itu mudah. Katanya tidak ada harapan, jadi rambutku harus dipotong. Rambutku sisa sedikit sekali, bahkan hampir botak, dan ujungnya tetap merah. Jadi aku bukan hanya punya rambut yang sangat pendek, tapi juga rambut yang ujungnya merah. Itu tidak menyenangkan. Tidak ada yang pernah bertanya soal itu, aku juga tidak tahu kenapa aku tiba-tiba ingat kejadian itu. Tapi itu sungguh terjadi. Sepertinya aku punya fotonya, entah ada di mana. Kita harus cari foto itu!

CD: Ada pesan untuk penggemarmu di Indonesia?

HRVY: Aku janji akan ke Indonesia, aku ingin sekali ke sana! Itu selalu jadi salah satu tempat yang paling ingin kukunjungi. Ada banyak akun penggemarku yang berasal dari Indonesia. Aku pasti akan ke sana, jadi pastikan kalian menemuiku nanti ya! Aku segera ke sana! Aku sayang kalian!

Setelah sesi wawancara, Creative Disc dan HRVY juga punya sedikit permainan lho! Mau tahu lebih lengkapnya? Cek video di bawah ini!

Special Thanks to Universal Music Indonesia
Video edit by Dundhee Yuwono
Interview & teks by Sheyla Ashari

From Pop-Punk to K-pop. From "My headbang is so hard that I get my concussion." to "Kyaaa oppa!"

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Artist Interviews | August 4, 2018 By

Exclusive Interview The Sam Willows di We The Fest 2018: Album Baru IKWB “I Know But Where” Berasa Lahiran Bayi

Concerts Review | July 29, 2018 By

Eric Nam di We The Fest 2018: Interaktif dan Terima Request!

Artist Interviews | July 12, 2018 By

CreativeDisc Catching Up With Lauv: Kangen Dengan Makanan Indonesia