Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Blue
Time Tunnel

Time Tunnel: Blue 

Photobucket

Awal Karir
Siapa sih yang gak kenal dengan ke-empat vokalis yang terdiri dari Lee Ryan, Duncan James, Antony Costa, dan Simon Webbe yang tergabung dalam boyband Blue? Sejak kemunculannya di awal tahun 2001, berhasil menggaet pecinta musik di Asia, termasuk Indonesia. Untuk ukuran boyban saat itu, Blue terbilang cukup sukses, dan berhasik merilis 3 buah album dalam jangka waktu yang tidak terlalu jauh. Dibentuk di Inggris pada tahun 2001, sama seperti boyband kebanyakan, genre musik yang diusungnya pun tidak begitu berbeda jauh, yakni pop, hip hop hingga r&b.

All Rise: 2001-2002
Masih ingat dibenak saya ketika awal tahun 2001 tersebut mendengarkan single “All Rise” yang langsung menancap ditelinga, dan merupakan pembuka jalan untuk Blue meraih sukses. Dirilisnya album dengan title yang sama dengan debutnya, “All Rise”, Blue berhasil menggaet berbagai macam penggemarnya. Banyak sekali hits yang tercetak pada album ini, sebut saja “Too Close”, yang sempat terkenal di negeri paman Sam. Lalu masih terus terngiang-ngiang sampai saat ini, “If You Come Back”, menambah sempurna debut albumnya dengan meraih posisi nomor satu di UK chart. Single lain yang masih asik? Ada “Fly By” yang hingga di remix menjadi “Fly By II”.

One Love dan Guilty: 2002-2004
Sukses dengan album pertama, bagaimana dengan nasib album kedua dan ketiga? Album One Love juga memiliki keberuntungan yang sama, berhasil menempati posisi petama penjualan albumnya, meski secara materi One Love hanya memiliki sedikit perbedaan dari album pertama. “One Love” yang didapuk menjadi single pembuka, hanya berhasil menempati posisi ketiga di UK Chart, yah tidak begitu mengecewakan, padahal single “One Love” ini sempat dinyanyikan keroyokan juga oleh beberapa penyanyi di Asia termasuk Indonesia, pada salah satu even terbesar yang diadakan salah satu channel tv kabel. Tidak perlu lama-lama, karena “Sorry Seems to Be the Hardest Word” yang dibawakan dengan Elton John berhasil menjadi juara pertama di UK Chart. Dan single ketiganya “U Make Me Wanna”, juga tidak begitu mengecewakan.

Bagaimana dengan nasib album ketiganya? Kabar baiknya, Blue makin terlihat matang. Guilty sepertinya sudah mulai membuat arah pikiran personel Blue semakin berubah, meski mereka tergabung dalam grup. Banyak single yang masih bisa dinikmati disini, sebut saja. “Signed, Sealed, Delivered, I’m Yours” yang dinyanyikan bareng Stevie Wonder dan Angie Stone masih mendapati posisi yang lumayan, meski hanya berada di posisi 11, “Breathe Easy” dan “Bubblin” merupakan single yang posisinya tidak begitu mengecewakan. Album Guilty ini juga lumayan sekali penjualannya, mencapai 1,2 juta kopi. Kabar buruknya? Album Guilty merupakan studio album terakhir mereka!!!
Dengan dirilisnya album yang berisi kumpulan terbaik mereka, The Best Of Blue, apakah merupakan kabar yang cukup mengejutkan buat penggemarnya? Saya rasa ya!! Sudah bukan barang baru lagi jika dalam sebuah group, banyak penyanyi yang memutuskan untuk bersolo karir. Setelah mendapatkan wejangan dari Elton John agar para personilnya lebih fokus dalam solo karirnya, maka pada tahun 2004 inilah, single “Get Down On It” dan “Only Words I Know” yang disertakan dalam album kompilasi mereka.

Aktivitas Solo Karir Personel Hingga Reuni
Lalu, apa ia, dengan solo karir mereka bisa sukses?? Mari kita check satu persatu.
Dimulai dari Duncan James merilis single “I Believe My Heart” yang dibawakan dengan Keedie cukup lumayan berhasil menempati posisi kedua di UK Singles Chart. Debut solo albumya? Sayang sekali, hanya berhasil menem[ati posisi ke 55 di UK Chart album. Meski tidak sukses di negaranya, di Italia Duncan bisa dikatakan cukup sukses.

Lanjut kepada Lee Ryan, dengan merilis single “Army Of Lovers” pada bulan July 2005, berhasil menempati posisi ketiga, dan debut albumnya yang sama dengan singlenya juga tidak mengecewakan, berhasil menempati posisi 6. Lagi dan lagi, Lee juga berhasil mendulang sukses di Italia, hemmm… ada apa dengan Italia??

Bagaimana dengan Antony Costa? Sampai sejauh ini, “Do You Ever Think of Me” merupakan single yang cukup terdengar, debut albumnya juga dirilis di UK dan Irlandia.

Dengan posisi chart seperti itu, apakah tergolong sukses buat Duncan dan Lee, atau Antony? Saya rasa tidak!! Karena dengan bersolo karir bukan merupakan jaminan kesuksesan meski pada awalnya mereka sukses dalam group, namun pengecualian bagi si penyanyi kulit hitam satu ini, siapa?

Simon Webbe, personil Blue yang paling cukup berhasil sepanjang solo karirnya. Merilis single pertama “Lay Your Hands” , berhasil menempati posisi ke 4 di UK Chart, dan debut albumnya Sanctuary bisa terbilang sukses dengan menempati posisi 7 di UK Album Chart, dan terjual lebih dari 700,000 kopi. Simon merupakan personil yang cukup beruntung bisa berhasil merilis album keduanya Grace.
Reuni, apakah latah ikut-ikutan? Atau mencoba mengulang sukses? Terlepas dari itu semua, yang pasti ini merupakan kabar baik buat penggemar Blue, pada 16 April 2009, keempat personil telah berbicara kepada pihak label mereka, EMI, dan telah menyiapkan materi baru untuk album yang akan dirilis pada tahun 2010m setelah mereka menyelesaikan tour mereka, the Best of Blue Tour. Melihat beberapa boyband lain yang masih bertahan dan reuni, bisa dimaklumi jika hal tersebut dilakukan juga oleh Blue. Karena sangat disayangkan sekali, pada awal karir mereka hanya merilis 3 buah album, dan karena tergiur dengan keinginan bersolo karir seperti kebanyakan, maka sulit bagi mereka untuk menggapai kesuksesan melalui solo karir tersebut, meskipun sewaktu mereka masih tergabung dalam group, keempat personelnya memiliki posisi menyanyi yang sama.

Sekedar info, tour reuni Blue akan dimulai Desember tahun ini, so buat yang ga sabar nunggu, mari kita ber-flashback ria kembali mendengarkan hits-hits dari Blue… ”It’s kinda funny how life can change, Can flip 180 in a matta of days…”

Discography
2001: All Rise
2002: One Love
2003: Guilty
2004: Best of Blue

(Joe Ari Shasta / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply