Trending News

Blog Post

Time Tunnel – B*Witched
Time Tunnel

Time Tunnel – B*Witched 

Photobucket

Invasi girlband pada tahun ’90an memang sempat merajalela, di samping Spice Girls, All Saints hingga Sugababes, namun ada satu yang unik. Yupppp!!! B*Witched, girl band yang berasal dari Irlaindia ini berhasil menjajah dan “menyihir” tangga lagu UK chart lewat album perdananya. Beranggotakan ke-empat wanita manis yang terdiri dari pasangan kembar Edele Lynch dan Keavy Lynch yang lahir pada 15 December 1978, Lindsay Armaou kelahiran 18 December 1980 dan Sinéad O’Carroll sekaligus personil tertua yang lahir pada 14 May 1973. Memulai perjalanan karirnya, B*Witched dibantu oleh Shane Lynch yang merupakan saudara kembar Edele dan Keavy, dengan bertemu Kim Glover yang merupakan manager dari grup boyband lawas New Kids on the Block, hingga akhirnya menandatangi kontrak dengan Glowworm Records, dan Epic Record pada tahun 1997.

B*Witched: 1998 – 1999
Siapa sangka single pertama mereka, “C’est La Vie”, single dengan irama yang ceria, yang dirilis pada 25 May 1998, mendapatkan banyak review yang positif, dan berhasil menempati urutan teratas tangga lagu UK, single “C’est La Vie” juga berhasil masuk ke posisi 9 di Hot 100 Billboard, serta ditambah ketiga single lainnya yang juga merangsek ke posisi top chart UK, “Rollercoaster” yang sedikit nge-beat, kedua single slow ballad pop “To You I Belong” dan “Blame It on the Weatherman” membuat B*Witched menjadi group girl band pertama yang berhasil menempati ke-empat singlenya diposisi puncak.

Bagaimana dengan penjualan albumnya? Sangat tidak mengecewakan, meski hanya sampai di posisi ketiga, namun berhasil menyabet double platinum di UK dan platinum di US. Kesuksesannya, membuat B*Witched tampil dalam konser the ABBA: tribute single Thank ABBA for the Music dengan menyanyikan ulang single “Does Your Mother Know” yang juga berhasil masuk ke posisi 4 di UK Chart, dan membawa B*Witched menjadi pembuka konser tour ‘N Sync.

Awake and Breathe: 1999 – 2002
Lalu bagaimana dengan nasib album kedua mereka? Dirilis satu tahun berselang kesuksesan album pertama, Awake and Breathe ternyata kurang begitu mendapatkan sambutan positif. Satu hal yang menarik di album kedua ini, B*Witched terlihat lebih dewasa. Meski kurang sukses, banyak single yang asik untuk dinikmati. Sebut saja “Jesse Hold On”, “I Shall Be There” serta “Jump Down” yang sangat khas dengan karakter mereka.

Rencana Album Ketiga dan Bubar
Ditengah kesibukan melakukan tour di Eropa dan Amerika, B*Witched mempersiapkan rencananya untuk merilis album ketiga, dan ketiga single baru telah direkam, yakni “Hold On” yang masuk menjadi soundtrack The Princess Diaries), “Mickey” yang tampil pada movie Bring It On), serta “Play That Funky Music”. “Where Will You Go” yang pada awalnya juga akan dirilis untuk menandai debut mereka kembali di UK, batal dirilis, apa sebab? Sudah pasti setelah jebloknya penjualan album dan single pada album kedua mereka, rencana mereka untuk bergabung dengan Telstar Records juga belum mendapatkan titik temu, dan pada bulan September 2002, B*Witched secara resmi menyatakan bubar setelah Sinéad O’Carroll mengundurkan diri dari group terlebih dahulu.

Aktivitas Setelah Bubar
Meski mereka sudah bubar, namun tidak ada salahnya melihat kabar terakhir para personilnya masing-masing. Lindsay Armaou yang telah membuat website resmi sejak tahun 2003, menikah dengan salah satu personil boyband 911’s Lee Brennan pada tahun 2006. Lindsay juga sedang mengerjakan proyek album solonya. dan bergabung dengan band Clayton sebagai singer dan penulis.

Bagaimana dengan nasib si kembar? Edele dan Keavy juga masih tetap setia berkecimpung di industri musik. Edele bergabung dengan the Xenomania Production Team, menulis beberapa sungle seperti “Some Kind of Miracle” untuk Girls Aloud pada tahun 2003 serta “Situations Heavy” untuk Sugababes. Edele menikah dengan Michael Barrett pada 9 August 2006 dan telah memiliki seorang putri, dan saat ini sedang mengandung anak kedua yang akan lahir pada bulan Maret 2010 ini. Bagaimana dengan Keavy? Tidak berbeda jauh dengan saudaranya, selain menjadi penulis lagu, Keavy juga bermain dalam drama pantomim Snow White pada bulan Desember yang tampil di the Theatre Royal in Nottingham.

Sinead O’Carroll yang menjadi anggota tertua dalam group, juga bekerja dalam beberapa proyek musik. Sinead juga bermain dalam salah satu opera sabun di Irlandia, Fair City sebagai resepsionis hitel. Sinead menikah pada bulan Juni 2006 dan dikaruniai seorang anak.

Meski perjalan karir musik keempat wanita ini tergolong singkat, namun beberapa lagunya sampai saat ini masih dapat dinikmati bagi penikmat musik yang memang mengikuti perkembangan mereka pada masa itu. Sambil berflashback ria, mari kita nikmati alunan ceria “C’est La Vie” yang dapat membuat semangat ketika mendengarnya….
(Joe Ari Shasta / CreativeDisc Contributors)

Discography
• B*Witched (1998)
• Awake and Breathe (1999)

Related posts

Leave a Reply