Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Gil
Time Tunnel

Time Tunnel: Gil 

PhotobucketBerapa banyak yang kamu tau tentang seorang Gil? Bahwa nama panjangnya adalah Gil Ofarim, terlahir ke dunia di Jerman tanggal 13 Agustus 1982. Mencoba peruntungan ke dunia musik dengan percobaan awal bersama boyband The Moffatts untuk lagu ‘If You Only Knew’ yang kemudian menjadikannya salah satu idola remaja yang digilai sekitar tahun 1998. Well, itu masih sedikit dari banyak fakta mengenai Gil. Maka dari itu, mesin waktu CreativeDisc mengajak kita semua untuk melihat-lihat lagi, siapa sebenarnya Gil ini dan apa yang sudah diberikannya sejauh ini di jalur musik, dalam Time Tunnel!

Gil Doron Reichstadt Ofarim, itu nama aslinya Gil. Dirinya adalah seorang Jerman yang juga punya darah Israel dari bapaknya. Bakat musik Gil diperoleh dari orang tua yang merupakan musisi folk. Abi Ofarim dan istri pertamanya, Esther, dulu sempat punya grup musik lho. Tapi Esther bukanlah ibu kandung dari Gil, karena sang mama, Sandy adalah istri ketiga papanya. Gil emang nyanyi dalam Bahasa Inggris, tapi ternyata dia juga jago bahasa Jerman (so pasti!) juga bahasa Hebrew, kan papanya ada keturunan Israel-nya. Tapi kenapa kog kayaknya si Gil ini ngetopnya berasal dari Amrik sih? Bisa jadi ini karena penampilan pertamanya yang kita dapati adalah di ‘If You Only Knew’ bersama kembar grup The Moffatts di tahun 1998. Padahal, bukan itu awal karir dari Gil di dunia musik lho. Dia sebelumnya udah punya hit di tahun 1997 yang judulnya ‘Round N Round’ di Jerman sono. Tapi kemudian kesuksesannya merambah ke Asia Tenggara di pertengahan 1998 karena album pertamanya “Here I Am” rilis disini. Masih ingat kegilaan remaja saat itu? Semuanya bisa hafal luar kepala lagu-lagunya, ‘Talk To You’, ‘Never Giving Up Now’, termasuk ‘Round N Round’ dan ‘If You Only Knew’ juga pastinya.

Penampilan si Gil ini juga yang membuatnya susah untuk dilupakan. Rambutnya yang gondrong asli dan super lurus, trus tangan kidalnya yang sangat jago main gitar, karena beliau juga kan alirannya pop rock, apalagi suara seraknya yang melankolis. Menyanyikan lirik-lirik cinta ABG pula! Makin histeris dech penggemarnya. Trus, si Gil ini juga gabung barengan artis-artis lain guna keperluan amal. Contohnya aja Bravo All-Stars yang nyanyiin ‘Let The Music Hear Your Soul’. Disini Gil nyanyi rame-rame dengan Backstreet Boys, Aaron Carter, The Moffatts, dan juga ‘NSync. Abis itu dia juga ikutan di album “Children Of The World” di Nopember 1998. Memang itu masa-masa jayanya Gil! Setelah itu, di tahun 2000 Gil merilis album keduanya yang berjudul “The Album”. Sebagai single dari album ini, Gil menyanyikan ulang lagunya Tim McGraw yang berjudul ‘It’s Your Love’. Selain itu, ada juga ‘Out Of My Bed’ dari album ini. Kalau ‘It’s Your Love’ mungkin masih banyak yang ingat, tapi kalau ‘Out Of My Bed’? Itu lho, yang video klipnya si Gil keluar masuk kamar hotel, stres karena belum bisa sepenuhnya terima kalau dia sudah ditinggalkan sang kekasih. Waktu itu nama Gil makin menanjak. Tapi herannya ini Gil-nya udah merasa enggak nyaman dengan pencitraan dirinya sebagai idola remaja. Dan diputuskanlah untuk berubah haluan. Tiga tahun kemudian, Gil mendapatkan image yang baru untuk dirinya. Masih gondrong, tapi tidak serapi sebelumnya.
Photobucket
Dengan penampilan yang dianggap lebih mencirikan Gil yang sebenarnya, di tahun 2003 Gil berhasil merilis sebuah album berjudul “On My Own”. Ada yang pernah dengar soal album ini? Kalau aku tidak. Karena memang Gil sudah berakhir di Indonesia. Oh ya, Gil tidak menggunakan nama sekedar Gil saja, karena dia memakai nama belakang Ofarim. Ada satu single yang dihasilkannya dari album ini yaitu ‘The Reason’. Album ini dinyatakan tak sesukses album-album terdahulu, sedikitpun tidak. Dan percobaan terakhir Gil Ofarim sebagai artis solo adalah single ‘In Your Eyes’ di tahun 2004 yang ternyata dinyatakan sama tidak berhasilnya. Sehingga berselang 2 tahun, Gil Ofarim butuh rencana lain dalam bermusik.

PhotobucketDan terciptalah Zoo Army di tahun 2006, sebuah band rock beranggotakan 4 orang, kembali ke Jerman. Gil tentunya mengambil posisi pada vokal, dan teman-temannya yang lain bernama Tal Ofarim (bass), Dominik Scholz (drum), dan Roland Sons (gitar). Mereka punya satu album berjudul “507” dengan satu single berjudul “I’m Alive”. Itulah kegiatan Gil sekarang. Seorang idola remaja yang sekarang menjadi vokalis sebuah band rock yang berdomisili di Jerman.

Trivia:
1. Single ‘Never Givin’ Up Now’ juga direkam oleh girlband B*Witched untuk album pertama mereka “B*Witched” di tahun yang sama.
2. Gil sukses lho di Indonesia. Buktinya album “Here I Am” per September 1999 mendapat sertifikat double platinum. Dan “The Album” juga demikian. Per Juli 2000 mendapat sertifikat yang sama.
3. Gil juga punya single ‘Walking Down The Line’ yang enggak dimasukkan ke dalam albumnya.
4. Di tahun 2001, dirilis album “The Best Of Gil…So Far” yang sepertinya menutup lembaran kesuksesan musiknya.
5. Selain nyanyi, bakat lain Gil adalah akting! Dia udah pernah ikutan proyeknya Pro7-Production “Endlich Sex!” di tahun 2004, TV two “Sturmflut, Die” di tahun 2006, dan terakhir “Strip Mind” di tahun 2007.

Photobucket
Discography:
* Here I Am (1998)
* Children Of The World (1998)
* The Album (2000)
* The Best Of Gil … So Far (2001)
* On My Own (2003)
* 507 (Zoo Army) (2006)
* 507 Limited Edition (Zoo Army) (2006)

Official Websitenya
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply