Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Des’ree
Time Tunnel

Time Tunnel: Des’ree 

PhotobucketLahir dengan nama Desirée Annette Weeks 41 tahun yang lalu, dan yang lebih dikenal dengan nama Des’ree, merupakan penyanyi asal Inggris dengan aliran musik pop/soul yang sempat mencuri perhatian pencinta musik pada era 1990. Darah Barbados dari sang Ayah, dan Guyana dari sang Ibu merupakan asal muasal Des’ree mengenal musik yang ia dapat dari kedua orang tuanya tersebut, yakni reggae, calypso serta jazz. Lebih dari 1 dekade perjalanan karirnya, Des’ree telah merilis 5 buah album yang juga sempat meraih sukses tidak hanya di UK, namun hingga ke US. Musik pop/soul dan r&b yang dibawakannya, terbilang unik dan menyegarkan.

Debut album pertamanya, Mind Adventures dirilis pada tahun 1992 dengan menghasilkan hit single “Feel So High”dan berhasil meraih international airplay dan menempati posisi #13 in di UK Singles Chart serta peringkat #28 di Australia, single lainnya yakni “Mind Adventures”, serta “Why Should I Love You”. Berlanjut pada tahun 1994, I Ain’t Movin’ yang merupakan album keduanya dirilis dan meraih sukses besar sampai ke negeri Paman Sam. Single “You Gotta Be” berhasil masuk ke Billboard Hot 100 di peringkat 5, meski tidak masuk 10 besar di UK Chart, namun single ini bisa dikatakan sukses. Uniknya video klip “You Gotta Be” merupakan music video yang sering di mainkan di VH1, dan untuk Billboard airplay-nya sendiri berlangsung hingga 80 pekan di tangga lagu tersebut. Single lainnya yakni “I Ain’t Movin” dan “Little Child”. Sampai saat ini, I Ain’t Movin’ merupakan album tersukses milik Des’ree yang terjual hingga 1,6 juta kopi. Dengan kesuksesannya tersebut mebawa ia memulai tournya di Amerika bersama Seal pada tahun 1995.

Pada tahun yang sama 1995, Des’ree juga menyumbangkan 1 buah single “Kissing You” untuk soundtrack film William Shakespeare’s Romeo + Juliet juga masuk pada album ketiganya, Supernatural, tidak hanya itupada tahun 1997,single “Crazy Maze” juga menjadi soundtrack film Nothing to Lose yang diperankan Tim Robbins and Martin Lawrence. Album ketiga Supernatural, dirilis pada tahun 1998, dengan menghasilkan single “Life” yang meraih sukses di Eropa serta UK, tidak hanya itu single lain yakni “What’s Your Sign”, serta “God Only Knows” juga berhasil meraih sukses. Oh ya, duetnya dengan Babyface pada single “Fire” sangat istimewa. Namun sayangnya, semenjak album ketiga ini, Des’ree gagal meraih sukses di US. Des’ree merilis kompilasi pertamanya pada tahun 2000, Endangered Species (B-Sides and rare tracks).

Album terakhirnya, Dream Soldier yang dirilis pada tahun 2003 meski tidak mencapai sukses, namun single “It’s Okay” dan “Why” juga masih sedap untuk dinikmati. Dan sampai saat ini, Des’ree tampaknya belum memunculkan tanda-tanda kapan untuk kembali merilis album, dan untuk sedikit kilas balik, pada tahun 1998, single miliknya “Feels So High” masuk menjadi bagian lagu milik Janet Jackson “Got ‘Till It’s Gone” yang masuk ke dalam album Janet The Velvet Rope tanpa memberikan credit kepada Des’ree hingga di bawa ke jalur hukum. Tidak hanya itu, Beyonce juga pernah dibawa ke jalur hukum oleh Des’ree melalui singlenya “I’m Kissing You” yang akan masuk ke dalam album kedua Beyonce, B’Day rilis ulang.

Official Website Des’ree

Discography
* Mind Adventures
* I Ain’t Movin’
* Supernatural
* Endangered Species
* Dream Soldier

Trivia
1. Meski single “Life” meraih sukses di UK dan Europe, namun pada tahun 2007, “Life” meraih voting untuk lagu pop dengan lirik terburuk melalui polling BBC Radio.
2. Single “Life” memenangkan BRIT Award untuk kategori British Female Solo Artist.
3. Des’ree juga aktif terlibat dalam organisasi PETA pada tahun 2007

(Joe Ari Shasta / CreativeDisc Contributors)

Lagu Des’ree apa yang paling kamu suka?

Related posts

Leave a Reply