Trending News

Blog Post

Behind The Music: The Smeezingtons
Behind The Music

Behind The Music: The Smeezingtons 

Image and video hosting by TinyPicLos Angeles, california adalah domain dari The Smeezingtons. Mereka adalah trio produser musik yang terdiri dari Bruno Mars, Philip Lawrence dan Ari Levine. Mereka yang mulai berkarya di akhir dekade 2000-an bukan secara instan, karena sebelumnya masing-masing berkarir di bidang masing-masing. Bruno yang kita kenal adalah seorang performer yang sedang dikontrak oleh Motown, Philip Lawrence adalah penulis lagu dan produser musik yang juga dinaungi label yang sama, dan Ari itu seorang engineer. Ketiganya menjadi akrab dan kompak hingga akhirnya membentuk trio dengan nama The Smeezingtons yang fokus pada produksi musik untuk penyanyi-penyanyi lain. Ini semua mereka lakoni setelah lepas dari Motown. Terutama Bruno Mars yang sangat tidak puas pada label tersebut setelah mereka menelantarkan bakatnya tanpa pergerakan untuk menghasilkan karya musik darinya.

Akhirnya, trio ini melangkah ke Atlantic, dimana mereka dikontrak oleh seorang Buy-Schuck (yang kemudian menjadi manajer Bruno) untuk membuat karya musik bagi artis-artis lain. Merekapun memulainya dari Brandy, di tahun 2008 untuk album “Human”. Sebuah lagu berjudul ‘Long Distance’ yang juga melibatkan nama Darkchild di dalamnya. Ini adalah genre yang mereka ambil, pop sebagai menu utama yang dibumbui dengan alternative rock, hip-hop, soul, R&B, dan juga reggae. Keterlibatan mereka dalam album artis lain pun semakin besar, sekalian mengantarkan nama Bruno Mars sebagai penampil solo. Seperti di album Far*East Movement untuk album “Animal”. Dan sepanjang tahun 2009, nama trio ini bersinar. Single ‘Right Round’ yang dinyanyikan Flo Rida menjadi lagu nomor 1 di Amerika Serikat dan ini membuat nama mereka sebagai penulis lagu sekaligus produser semakin diincar. Apalagi lagu ‘Wavin’ Flag’ yang ditampilkan oleh K’Naan terpilih menjadi lagu sponsor Piala Dunia di tahun 2010, kesuksesan mereka tidak dapat dibendung. Sean Kingston, Matiyashu, Kid Cudi, dan Shontelle adalah beberapa nama lain yang sempat menyanyikan lagu dari trio ini.

Saat Sugababes hendak fokus untuk album barunya dan merilis single andalan dari album tersebut, adalah lagu The Smeezingtons yang dipakai. ‘Get Sexy’ yang versi pertamanya masih memakai vokal Keisha di dalamnya adalah sejarah tersendiri bagi girlband tersebut. Dimana akhirnya formasi mereka yang sekarang tidak menyisakan satupun member awal saat grup terbentuk. Dan saat album “Sweet 7” dirilis, ada dua track lain yang melibatkan Bruno cs di dalamnya. Mereka juga membantu comeback Cee-Lo Green sebagai artis solo. Single hit ‘F**k You’ adalah hasil ramuan mereka. Selain meraih posisi puncak di Inggris, lagu ini juga meraja di Amerika, saat meraih Grammy untuk Best Urban/Alternative Performance. Selain itu, mereka juga membantu debutan artis sekaligus membuka jalan bagi Bruno Mars sebagai artis solo. Di album B.o.B., mereka sukses mencetak hit ‘Nothin’ On You‘ dan juga di album solo Travie McCoy mereka mengkreasikan 3 track yang salah satunya adalah ‘Billionaire‘. Keduanya termasuk dalam kompilasi lagu terbaik selama tahun 2010 kemarin.

Lebih dari itu, The Smeezingtons bersama label Elektra pun sukses meluncurkan karir musik untuk Bruno Mars. Album “Doo-wops & Hooligans” sejauh ini adalah masterpiece dari ketiganya. Mereka tidak hanya punya 1 hit dari album ini, tapi 2; ‘Just The Way You Are’ dan ‘Grenade’. Kemudian mereka juga membiarkan Glee meng-cover tiga dari karya mereka sejauh ini; ‘Billionaire’, ‘Just The Way You Are’, dan ‘Marry You’. Pada Grammy tahun ini, nama mereka diunggulkan dalam daftar Producer of the Year Non-Classical atas karya musik yang mereka hasilkan untuk Travie McCoy, Mike Posner, Cee-Lo Green, Sean Kingston, Bruno Mars, dan B.o.B. Plus, single terbaru Mike Posner yang dirilis awal Februari ini dari debut album “31 Minutes To Takeoff” adalah ciptaan mereka; ‘Bow Chicka Wow Wow’ yang semoga berhasil menjadi hit!

Composed Single by The Smeezingtons:
2009
“Right Round” (Flo Rida featuring Kesha)
“Get Sexy” (Sugababes)
“Wavin’ Flag” (K’naan)
2010
“Nothin’ on You” (B.o.B featuring Bruno Mars)
“Billionaire” (Travie McCoy featuring Bruno Mars)
“Just the Way You Are” (Bruno Mars)
“Fuck You” (Cee Lo Green)
“Grenade” (Bruno Mars)
“Rocketeer” (Far East Movement featuring Ryan Tedder)

Production Credits:
2008 Brandy – Human
2009 Far*East Movement – Animal
K’naan – Troubadour
Matisyahu – “Light”
Flo Rida – R.O.O.T.S.
Sean Kingston – Tomorrow
2010 Sugababes – Sweet 7
B.o.B – B.o.B Presents: The Adventures of Bobby Ray
Bruno Mars – It’s Better If You Don’t Understand (EP)
Travie McCoy – Lazarus
Shontelle – No Gravity
Mike Posner – 31 Minutes to Takeoff
Bruno Mars – Doo-Wops & Hooligans
Far East Movement – Free Wired
Cee Lo Green – The Lady Killer
Kid Cudi – Man on the Moon II: The Legend of Mr. Rager

Related posts

Leave a Reply