Trending News

Blog Post

Behind The Music: Kara DioGuardi
Behind The Music

Behind The Music: Kara DioGuardi 

Dirinya pun mungkin tak pernah menyangka jalan hidup yang diambilnya adalah menjadi seorang penulis lagu. Kara DioGuardi, lahir di New York, Amerika Serikat pada 9 Desember 1970 dari keluarga politisi. Disekolahkan di sekolah Katolik, kemudian mengambil jurusan ilmu politik di Perguruan Tinggi, tapi pekerjaan pertama yang dilakoninya adalah menjadi asisten di sebuah majalah musik ternama, Billboard. Dari sinilah muncul rasa ide untuk mengembangkan kemampuannya di bidang musik, terumatama penulisan lagu. Namanya muncul pertama kali untuk credit album penyanyi dan aktris Martine McCutcheon di tahun 1999. Menyusul lagu untuk Billie Piper dan Ricky Martin. Awalnya hanya satu dua lagu dalam album yang tidak dirilis sebagai single, tapi berikutnya, lagu yang ditulisnya justru menjadi hit hebat. Comeback Kylie Minogue di tahun 2000 dengan hit single ‘Spinning Around’ memunculkan nama Kara dalam credit penulisan lagunya. What a move!

Bagi perempuan yang bernama asli Kara Elizabeth Melissa DioGuardi ini, pop adalah dunia tempat iya berkreasi. Yang membuat variasi ciri musik yang ditampilkannya adalah para performer yang berasal dari jenis musik yang bervariasi. Berpadu dengan ciri R&B dalam girlband Eden’s Crush dan Bardot, nuansa Latin oleh Enrique Iglesias dan Joy Enriquez, juga dancepop dalam lantunan Jessica Simpson. Karya-karyanya pun semakin dipercaya untuk dijadikan single. Di tahun 2001 saja, tidak kurang dari 3 di antara belasan lagu yang diciptakannya dirilis sebagai single. ‘A Little Bit’ oleh Jessica Simpson, ‘Escape’, ‘Don’t Turn Off The Lights’, dan ‘Maybe’ dari Enrique Iglesias. Khusus untuk karyanya buat Enrique, Kara mulai mengakrabi dunia penghargaan. Untuk ‘Escape’ dan versi Latinnya ‘Escapar’ saja, BMI Pop Music Award dan BMI Top Ten Latin Award masuk dalam daftar pencapaiannya. Keberhasilannya ini membuat dirinya semakin diminta untuk menulis lagu buat semakin banyak artis, dengan penampilan yang lebih banyak dalam satu album tentunya. Sembilan lagu dalam debut Kelly Osbourne “Shut Up” dan delapan dalam album berbahasa Inggris kedua Marc Anthony “Mended”. Kerja sama musiknya pun semakin melebar, menulis lagu untuk Laura Pausini dan Celine Dion, juga kerja sama penciptaan lagu bersama Cory Rooney, David Siegel, Anders Bagge, Peer Astrom, dan masih banyak lagi.

Karya-karyanya diterbitkan melalui perusahaan music publishing Arthouse Entertainment yang didirikannya bersama Stephen Finfer. Yang kalau disimpulkan hingga saat ini sudah mencetak penjualan sebanyak 150 juta berikut belasan lagu yang menaikkan pamor Arthouse sebagai music publisher independent papan atas. Dan dalam menulis musik, Kara memulai berpartner dengan John Shanks di tahun sekitaran tahun 2003. Karya yang berhasil mereka ciptakan bersama untuk pertama kalinya adalah untuk album “Metamorphosis” milik Disney Princess Hilary Duff, single ‘Come Clean’ yang merupakan salah satu lagu terlaris Hilary di US. Dilanjutkan oleh single ‘One Heart’ oleh Celine Dion dari album yang bertajuk sama. Tapi kreatifitasnya tidak terbatas hanya bersama John. Lagu ‘The Way’ dinyanyikan oleh Clay Aiken adalah karyanya bersama Enrique Iglesias, Steve Morales, dan David Siegel, plus lagu ‘Predictable’ yang dinyanyikan oleh Delta Goodrem adalah hasil karyanya bersama Delta dan juga Jarrad Rogers.

Thalia, Rachel Stevens, Britney Spears, Ryan Cabrera, Lara Fabian, Natasha Bedingfield, Raven-Symone, Anastacia, Darius Danesh, Diana DeGarmo, Lindsay Lohan, Peter Andre, Natalie Imbruglia, Ricky Lee-Coulter, Kate DeAraugo, Cheyenne Kimball, Pink, Jewel, Jesse McCartney, Paris Hilton, Lisa Stansfield, The Pussycat Dolls, Colbie Caillat, Sara Evans, Toni Braxton, Pixie Lott, Agnes Carlsson, Jessie James, Rascal Flatts. Nama-nama tersebut di atas adalah bukti nyata dari kesuksesan internasional yang diraih Kara selama melakoni perannya sebagai pengarang lagu. Hingga kini, 15 buah penghargaan BMI yang diperolehnya semakin memantapkan posisinya sebagai penulis lagu handal. Ini diperolehnya atas karya untuk Gwen Stefani ‘Rich Girl’, Ashlee Simpson ‘Pieces Of Me’, Bo Bice ‘The Real Thing’, Kelly Clarkson ‘Walk Away’, dan Santana ‘I’m Feeling You’. Di tahun 2007 namanya dinobatkan sebagai Songwriter Of The Year oleh BMI Pop Music Award! Pun ada 12 dari 13 track yang tersedia dalam keping pertama album “Back To Basics” milik Christina Aguilera yang melibatkan Kara dalam penulisannya, termausk hit single ‘Ain’t No Other Man’ dan lagu yang sangat emosional ‘Oh Mother’.

Di tahun 2004 juga pergerakan seninya berkembang dengan kolaborasi musik bersama Dave Stewart dalam Platinum Weird. Proyek ini dijalankan secara fiksi oleh Dave di tahun 70-an, dan bersama Kara kolaborasi ini baru menjadi sebuah kenyataan. Di tahun 2006, karir pertelevisian mulai dijamahnya. Menjadi juri untuk acara The One: Making a Music Star, sebuah acara pencarian bakat yang ditayangkan di stasiun televisi ABC. Namun acara ini gagal dan harus dihentikan penayangannya sebelum mendapatkan pemenang. Credit lain untuk Kara adalah saat menyanyikan lagu ciptaannya di film “A Cinderella Story”. Sebuah lagu berjudul ‘Now You Know’ yang untuk album soundtrack-nya dinyanyikan oleh pemeran film tersebut, Hilary Duff. Isn’t she multitalented?

Gagal di The One, ternyata dirinya direkrut oleh Fox dan Fremantle untuk menjadi juri keempat American Idol. Disini, dirinya reuni dengan Paula Abdul setelah di tahun 2000 mereka bersama menulis lagu ‘Spinning Around’ oleh Kylie. Selama dua tahun dirinya duduk di panel juri, Season 8 dan 9. Dirinya bahkan mengonsep lagu kemenangan untuk Season 8 yang dinyanyikan oleh Kris Allen dan Adam Lambert di final. ‘No Boundaries’ yang menjadi highest charting single di US oleh Kris, pemenang season tersebut. Nama Kara memang enggak asing buat American Idol, karena banyak lagunya dinyanyikan oleh alumni idol sebelum menjadi juri di ajang tersebut. Beberapa nama yang sudah disebut di atas; Clai Aiken, Diana DeGarmo, Bo Bice, Kelly Clarkson, juga Katharine McPhee, Carrie Underwood, David Archuleta, dan Taylor Hicks. Saat Kara masih berada di idol, Carrie Underwood sempat menampilkan lagu ‘Undo It’ yang mereka ciptakan bersama di atas panggung idol. setelah keluar dari idol pun dirinya masih tetap menjalin kerja sama tersebut, dengan tetap menulis lagu untuk para alumni idol, baik yang lama maupun yang baru, seperti Alison Iraheta dan Danny Gokey.

Selain akrab dengan American Idol, Kara pun dekat dengan keluarga Disney. Lagu-lagunya banyak dipakai untuk album soundtrack serial maupun film televisi keluaran Disney, berikut untuk album para artisnya. Camp Rock, Hannah Montana, A Cinderella Story, The Cheetah Girls, juga lagu-lagu untuk Hilary Duff, Raven-Symone, Lindsay Lohan, Miley Cyrus, Jonas Brothers, Demi Lovato, Vanessa Hudgeons, dan Ashley Tisdale. Kegigihannya dalam mengolah musik juga membuatnya kerap tampil sebagai produser di beberapa lagu yang diciptakannya, antara lain ‘Surprise Surprise’ dari Celine Dion, ‘Loce Story’ dari Katharine McPhee, ‘Good Girls Go Bad’ oleh Cobra Starship featuring Leighton Meester. Di tahun 2007, Kara mendapat sebuah nominasi atas lagu ‘Bella Traicion’ yang dinyanyikan oleh Belinda dalam ajang Latin Grammy Awards. Dan di tahun 2011 ini, NAMM Music For Life Award diperolehnya.

Kerjanya memang luar biasa. Dan semangat pantang menyerahnya itu yang paling patut dicontoh. Dua tahun sebagai juri idol kemudian mengantarkannya sebagai juri utama ajang pencarian bakat untuk penyanyi sekaligus penulis lagu, Platinum Hit yang ditayangkan di saluran Bravo di Amerika. Pada 5 September nanti, Kara akan memulai debutnya di panggung Broadway, memerankan Roxie Hart dalam drama Chicago. Dengan posisi saat ini, dimana lebih dari 307 buah lagunya yang hadir dalam rilisan major label, 45 di antaranya menjadi hit di seluruh dunia, dan 66 album yang mencantumkan nama Kara DioGuardi dalam credit title-nya berhasil masuk di Top 10 Billboard 200 Albums, Kara termasuk dalam barisan Top Female Songwriter, yang enggak hanya nge-hits lewat musik pop, tapi juga R&B, dance, rock, dan country.

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply