Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Robin Gibb
Time Tunnel

Time Tunnel: Robin Gibb 

Tribute to Robin Gibb in Cover Version Songs

And we don’t say goodbye
We don’t say goodbye
And I know what I’ve got to be…

Immortality
I make my journey through eternity
I keep the memory of you and me
Inside

“Immortality”

Dari website resmi Robin Gibb, keluarganya mengumumkan berita duka atas meninggalnya Robin Gibb pada tanggal 20 Mei 2012 pada pukul 10:46 malam waktu setempat. Kematian yang membawa duka yang besar bagi dunia musik internasional ini disebabkan oleh kanker yang diderita sejak lama dan operasi usus yang dijalani. Hal itu ditulis dalam pesan di website resmi Robin Gibb yang beralamat www.robingibb.com.

Robin Gibb yang lahir pada tanggal 22 Desember 1949 dikenal sebagai anggota Bee Gees bersama kembaran Maurice dan kakaknya Barry. Ia terkenal sebagai penyanyi dan penulis lagu. Bee Gees terkenal sebagai band yang mengusung aliran pop dan disko memulai karir tahun 60an.

Dalam masa jayanya, Robin Gibb dan Bee Gees tidak tercatat mendapatkan penghargaan. Akan tetapi mereka pernah dinominasikan untuk beberapa penghargaan.  Mereka dinominasikan untuk satu kategoru di BAFTA Awards untuk “Saturday Night Fever”,dua kategori di Golden Globe untuk ‘Saturday Night Fever”, dan satu kategori di Grammy Awards untuk ‘Staying Alive”

Walaupun mereka tidak mendapatkan penghargaan ketika mereka masih aktif berkarya, akan tetapi peran mereka secara keseluruhan berdampak besar di dunia musik internatinal. Hal ini dapat terlihat dari peran Robin Gibb sebagai penulis lagu diakui dunia dengan pelantikan di Grammy Museum untuk Songwriters Hall of Fame tahun 1994. Dan pada tahun 1997, Robin Gibb bersama Bee Gees mendapatkan Rock and Roll Hall of Fame di Cleveland. Pada tahun yang sama, Bee Gees juga mendapat penghargaan dari BRIT Awards untuk Outstanding Standing Contribution to Music.

Kepiawaian Robin Gibb dalam music tak dapat diragukan lagi. Pangeran Wales pun menganuegrahkan gelar CBE pada Bee Gees pada tahun 2004. Penghargaan tersebut menandakan bahwa ia dan kedua saudaranya telah mengharumkan nama Inggris di mata dunia melalui musik mereka yang dinikmati banyak orang di seluruh dunia.

Sebagai salah satu musisi dengan karya yang mendunia, Robin Gibb akan tetap dikenang melalui lagu-lagu yang dipopulerkan oleh Bee Gees maupun oleh dirinya ketika bersolo karir. Selain sebagai penyanyi dan penulis lagu untuk bandnya, dia dan saudaranya pun menulis lagu untuk beberapa penyanyi lain dan menjadi hits pada masanya. Salah satunya adalah lagu “Immortality” yang dinyanyi Celine Dion bersama Bee Gees sebagai backing vocal dalam album “Let’s Talk About Love”.

Keberhasilan Robin Gibb dalam menciptakan lagu yang melegenda dapat terlihat dari banyaknya lagu-lagu Bee Gees yang dinyanyikan kembali oleh penyanyi yang berkarir setelah mereka. Cover Version Song merupakan salah satu cara bagi generasi muda untuk mengetahui musisi terdahulu yang menghasilkan karya yang cemerlang dan menjadi hits pada saat itu. Disamping itu, Cover Version juga dapat menjadi media untuk penyanyi atau band yang telah terkenal dengan lagu mereka untuk kembali dikenal oleh penggemar di generasi berbeda.

“How Deep Is Your Love” merupakan salah satu lagu Bee Gees yang diciptakan oleh Gibb bersaudara yang sangat populer  untuk dinyanyikan kembali. Salah satu penyanyi yang terkenal dengan lagu ini adalah Take That. Lagu ini dibawakan Take Take di album “Greatist Hits”. Lagu tersebut menjadi lagu yang menduduki posisi pertama yang terakhir bagi Take That sebelum melakukan reuni pada tahun 2006. Banyak orang akan mengenal lagu tersebut sebagai lagu Take That.

Baru-baru ini “How Deep Is Your Love” dibawakan oleh Rachel Berry dalam serial television Glee yang diperankan oleh Lea Michelle di episode 16 di musim ke-3 serial tersebut tayang. Lagu tersebut merupakan bagian dari tema di episode tersebut yang berjudul “Satuday Night Glee-ver”. Dalam episode tersebut empat lagu Bee Gees menjadi bagian dari cerita, yaitu, “Night Fever”, “More Than A Woman”, ‘Stayin’ Alive” dan “How Deep Is Your Love”. Episode tersebut juga dapat membuat penonton yang tidak begitu mengenal Bee Gees menjadi mengenalnya. Kepopuleran Glee pada saat ini tidak bisa diragukan lagi. Banyak lagu yang tidak begitu populer menjadi terkenal setelah dibawakan oleh mereka. Sehingga anak muda akan mengenal lebih mengenai Bee Gees melalui episode tersebut.

Lagu Bee Gees lain yang dinyanyikan ulang dan cukup terkenal di era 90an adalah “Words” dibawakan oleh Boyzone. Lagu tersebut menjadi single ketujuh dari Boyzone. Selain itu, lagu tersebut membawa Boyzone menduduki urutan pertama dalam tangga lagu di Inggris. Dengan demikian, lagu Bee Gees dapat dikatakan “menolong” Boyzone dalam menjadi kepopuleran yang lebih. Dan secara tidak langsung, Bee Gees menjadi lebih dikenal lagi.

Banyaknya lagu Bee Gees yang dibawakan ulang akan membuat mereka tetap dikenang. Anak muda zaman sekarang mungkin tidak terlalu mengenal Bee Gees dan Robin Gibb, tetapi mereka akan mengenal lagu-lagunya yang dibawakan oleh penyanyi yang sedang berjaya pada saat ini.

Penggunaan cover song merupakan salah satu bentuk tribut untuk musisi yang telah menghasilkan karya gemilang. Karya mereka telah menjadi inspirasi untuk banyak orang sejak mereka mulai berkarya sampai waktu yang tidak ditentukan

Selamat jalan Robin Gibb.

Your amazing works will be last forever.

(Peni Desiana)

Related posts

Leave a Reply