Trending News

Blog Post

Interview With Christian Bautista
Artist Interviews

Interview With Christian Bautista 


Penyanyi asal Filipina, Christian Bautista kembali hadir dengan album terbarunya bertajuk “First Class”. Disela-sela jadwal promo nya selama berada di Jakarta, Creativedisc.com mendapat kesempatan untuk melakukan round table Interview dengan pria yang dijuluki ‘ballader romantic singer‘ ini.

Let’s check this out..

Q: Hi Christian, Apa Kabar?
A: Hi, I’m good. Ini adalah hari terakhir saya di sini. Sudah dari tanggal 14 saya disini. Tanggal 15 acara untuk natal, Tanggal 16 di Indonesia Mencari Bakat (IMB), 17 promo di Inbox, Eat Bulaga, 18 promo di Dahsyat, Gaul, Pictorial Men’s Health, dan terakhir Showcase di Lippo Kemang.

Q: Kali ini kamu datang ke Indonesia dalam rangka promo album baru. Kenapa kamu menamainya dengan “First Class” ?
A: Hmm,, karena saya percaya, setelah 10 tahun berkarya, kita harus selalu melakukan yang terbaik dalam segala hal. Saya memberikan yang terbaik untuk album ini. Mulai dari mencoba menulis lagu, mencari produser lain untuk menciptakan lagu hits baru. Pada dasarnya, tahun pertama saya sebagai penyanyi. Saya tidak tahu apa yang harus saya lakukan. Karena saya masih baru saat memulainya. Tetapi sekarang, dengan semua hal yang saya pelajari saya dapat mengontrolnya.

Q: Bagaimana perasaan kamu, ketika kamu tau akan perform lagi di Jakarta?
A: oh wow, saya sangat excited. Saya sangat senang kembali ke Indonesia dan mendapat kesempatan untuk promo album saya di sini.

Q: Dapatkan kamu bercerita tentang kolaborasi dengan penyanyi asal Jepang Baby M?
A: Baby M salah satu artis yang penuh petualangan. Dia berasal dari Jepang -british. Dia pernah pergi ke Afrika Selatan untuk menyanyi disana, dan pernah juga nyanyi di filipina. Karena dia mempunyai koneksi yang luas di Filipina, jadi pihak label juga memutuskan untuk berkolaborasi. Karena saya penyanyi, saya menyukai sesuatu yang keluar dari zona nyaman saya. Dan mencoba sesuatu yang baru.

Q: Berbicara tentang fans, kamu memiliki banyak fans di Indonesia. Adakah perbedaan fans di Filipina dengan fans di Indonesia?
A: mereka hampir sama kok, saya sangat berterima kasih dan bersyukur karena mereka mencintai saya, mensupport saya dan tidak pernah meninggalkan saya meskipun sudah tumbuh dewasa, bekerja dan memiliki keluarga. Mereka juga masih suka menyempatkan diri untuk melihat performance saya. Ya saya sangat senang.

Q: Setelah 10 tahun berkarir di bidang musik. Apakah kamu merasa sudah sukses? Apa definisi sukses menurut kamu sendiri?
A: Saya percaya kesuksesan seseorang itu tidak dapat diukur, sulit untuk mengukur kesukesan itu sendiri. Saya sering ke sini (Indonesia), orang tahu saya. Mungkin bisa dibilang sukses. Begitu juga di Filipina.
Tetapi dua tahun lalu, kadang-kadang saya merasa cemburu dengan orang lain. Karena mereka berasal dari Amerika. Orang-orang taunya kalau Asia itu identik dengan Korea, Asia itu Taiwan. Ada beberapa artis asal Filipina mencoba pergi ke Amerika untuk audisi, menyanyi atau bahkan membuat album disana. Misalnya saja Nicole Scherzinger yang keturunan Filipina juga, Bruno Mars. saya senang mereka bisa sukses.
Tetapi sekarang saya bersyukur dengan apa yang Tuhan berikan. Jika memang ada kesempatan untuk saya dapat mengexplorenya saya akan melakukannya.

Q: Apa harapan yang akan kamu dapatkan dari orang-orang yang mendengarkan albummu?
A: oh pastinya mereka tetap menyukai saya. Hahahaha.. Di dunia ini pasti selalu ada hal yang baru. Misalnya sekarang ada Justin Bieber, One Direction. Itu membuat saya tertantang untuk selalu melakukan inovasi. Menciptakan sesuatu yang menarik agar dapat diterima oleh orang banyak.

Q: Lagu apa yang mempunyai tantangan tersendiri di album baru ini? Adakah lagu yang kamu rekomendasikan untuk penggemarmu?
A: lagunya berjudul “All That’s Left” irama dari lagu itu sedikit cepat. Tidak bergenre ballad sih. Seperti di lagu “Faith” dari George Michael it’s very keren! Ya.. Sangat menyenangkan membuat album ini.

Q: Di Album “First Class” ada 17 lagu yang kamu nyanyikan kan? Lagu apa saja yang kamu ikut andil dalam pembuatannya?
A: lagu berbahasa Tagalog ‘Sasabihin’ , kemudian ‘Beautiful To Me’, ‘What Can I Do’ yaaa.. Yang saya tahu itu saja.

Q: Siapa musisi yang mempengaruhi dalam karir bermusik kamu?
A: banyak sekali, gak hanya satu. Dulu waktu SMA saya suka Boyz II Men, terus Nirvana, saya juga suka teater musikal.

Q: Kalau lagi tidak sibuk dengan schedule kamu. Apa yang biasa nya kamu lakukan?
A: Saya lebih senang istirahat. Hahha.. Pulang kerumah, menghabiskan waktu bersama keluarga, teman-teman, my loves one. Biasanya kami main game di komputer, nonton film, berolahraga bersama.

Q: Saya dengar kamu berencana berkolaborasi dengan Sandara Park 2NE1, apakah itu benar? Dapatkah kamu menceritakan pertemanan kamu dengannya?
A: oh kamu tahu dari twitter ya? Hmm saya pertama kali bertemu dia di salah satu acara musik di Filipina, hmm saya lupa nama acaranya. Dia memutuskan pindah ke Korea. Dan saya melihat 2NE1 sangat luar biasa.

Waktu pas saya lagi buka twitter, saya melihat dia bikin akun. ‘wah ada si krung-krung‘ yaaa.. Lalu kita saling follow, menanyakan kabar. Dan ia juga sempat bilang ‘hei gimana kalau kita berduet’ saya pun menjawab ‘yaa mungkin nyanyi The Way You Look at Me’ versi tagalog bisa yah.. Haha. Dan memang management saya sudah mengirim email ke management dia (YG Entertainment) untuk bisa dapat berkolaborasi dengannya. Yaa.. Tapi itu semua tergantung dari management mereka. Kalau memang ada kesempatan saya senang sekali.

Q: Sebagai seorang penyanyi, bagaimana kamu melihat perkembangan musik Asia kedepannya?
A: ya ini memang luar biasa ya. Sekarang kan lagi trend nya K-pop ya. Seperti Wonder Girls dengan hitsnya ‘Nobody’ dan mereka juga sempat berkolaborasi dengan Akon. Ada ‘Gangnam Style’ yang semua orang di dunia ini pasti tahu. Hal ini memang bagus, musik Asia sudah dipandang oleh Dunia.

Q: Apa yang akan kamu katakan tentang Indonesia kepada keluarga, teman-teman kamu, ketika kamu pulang ke Filipina?
A: woow.. Tentang Indonesia? Setiap saya kembali ke Filipina saya selalu menceritakan tentang Indonesia. Itu menyenangkan. Saya mencintai negara kamu (Indonesia) dan senang bisa menyanyi di sini. Saya ingin punya banyak kenangan di Indonesia.

Album terbaru “First Class” Christian Bautista dijadwalkan rilis 19 Januari 2013 oleh Universal Music Indonesia.

Thank you Christian Bautista for the Interview, and Good luck for “First Class” Album

Special Thanks to:
Universal Music Indonesia
Hotel Grand Kemang, Jakarta

Untuk foto2 lengkap Interview dengan Christian Bautista, klik disini

(Reni Fitriah)

Photo by: Karina

Related posts

Leave a Reply