Trending News

Blog Post

American Idol 12 Top 4 – One Hit Wonder
American Idol

American Idol 12 Top 4 – One Hit Wonder 

All-female final 4 terakhir kali terjadi di season 3 dan baru terjadi lagi 9 seasons kemudian. Tema malam ini adalah lagu pilihan kontestan dan tema pilihan pemirsa yaitu one-hit wonder. Let’s begin with the first round, lagu pilihan kontestan.

1. Amber Holcomb – The Power Of Love (Celine Dion)
Keith mengatakan lagu ini ‘tailor-made’ untuk suara dan range vokal Amber. Nicki memuji Amber yang terlihat cantik dan menurutnya Amber terdengar masa kini. Randy menyebut Amber sebagai kontestan yang paling berkembang dan vokalnya ‘crystal clear’, sementara Mariah juga memuji pilihan lagu ini karena menunjukkan range vokalnya dan memuji Amber yang membuat lagu klasik ini ‘2013’. Menurut Jimmy tipe lagu ini susah untuk dibawakan dan dia mendengar kekuatan vokal Amber namun menurutnya lagu ini masih susah ditaklukkan.

Sekali lagi saya sebutkan kalau Amber sudah terlihat seperti (calon) bintang, perfect styling tonight. Sepanjang season ini Amber belum pernah salah dalam hal fashion. Tidak dalam hal bernyanyi. Menurut saya lagu ini ‘terlalu besar’ untuk vokal Amber. Pujian juri menurut saya terlalu berlebihan, hal yang makin bikin kelihatan kalau Amber ‘diangkat-angkat’.

2. Candice Glover – Find Your Love (Drake)
Melodi lagu ini harusnya tidak diubah begitu menurut Nicki, karena diubah malah terasa old-fashioned, serta menyarankan Candice lebih memikirkan strategi marketing dirinya. Randy juga menyarankan Candice untuk tidak terlalu sering melakukan vocal run dan di beberapa hal harus lebih sederhana. Menurut Mariah penampilan Candice cenderung adult contemporary dan mendorong Candice terus mengambil risiko. Keith menyukai versi Candice karena konsistensinya. Jimmy kali ini setuju dengan Nicki.

Saya pun setuju dengan seluruh komentar Nicki. Sebagai penyanyi, Candice sudah tidak perlu diragukan vokalnya, tapi dia hanya perempuan yang bagus teknik bernyanyi-nya. Dia tidak terlalu memikirkan how to market herself dan tidak terlihat seperti (calon) bintang. Terkait lagunya, saya setuju kalau sebaiknya lagu ini tidak diubah terlalu drastis, tapi vokalnya tetap prima.


3. Kree Harrison – Hurts So Bad (Susan Tedeschi)
Randy tidak yakin vokal Kree kali ini bukan yang terbaik dan menurutnya Kree disconnected dari lagu ini. Mariah menyebut Kree akhirnya terlihat ‘free-spirited’ di performance kali ini. Menurut Keith penampilan Kree kali ini tidak cukup karena tidak berasa emosinya, dia tidak hanya harus mengandalkan vokal tapi juga memberikan emosi, hal yang sama juga diucapkan Nicki, bahkan menyebutnya bukan Top-4-worthy performance. Lagi-lagi Jimmy setuju dengan Nicki, pilihan lagu Kree salah menurutnya.

Kalau hanya didengarkan, tidak ditonton, penampilan Kree terdengar bagus. Tapi begitu ditonton, hilang semuanya. Ekspresinya terlalu ‘fun’ cenderung ‘datar’ untuk lagu yang menurut saya harusnya ‘diserang’ nada-nadanya. Kree lama kelamaan makin membosankan, dan kebanyakan pilihan lagunya sepanjang season ini terlalu ‘idealis’ menurut saya. Belum lagi dia kurang punya star power.

4. Angie Miller – Who You Are (Jessie J)
Menurut Mariah penampilan Angie kali ini profesional dan menyarankan Angie untuk terus mengasah songwriting skill-nya karena Mariah ingin mendengarkan Angie’s original songs. Keith menyukai saat Angie carefree dan let loose di lagu ini. Nicki menyebutkan dia lebih ‘merasakan’ penampilan Angie jika dia di balik piano. 10 out of 10 menurut Randy. Menurut Jimmy, Angie dan Amber neck-and-neck.

Bukan pitch perfect vocal, tapi dibanding tiga sebelumnya, Angie yang terbaik di round pertama ini. Walapun terkadang Angie terasa ‘desperate’ ingin memperlihatkan seluruh sisi artistry-nya, namun ini lebih baik dibanding tampil ‘seadanya’ seperti Kree. Dibanding Amber, menurut saya Angie lebih punya aura ‘kekinian’.

Show ini kemudian berlanjut dengan penampilan duet kontestan.

1. Amber & Kree – Rumour Has It (Adele)
Menurut Keith duet ini menarik namun mengharapkan mereka lebih ‘lepas’. Nicki setuju dengan Keith bahwa stage presence Amber membuatnya terlihat lebih dominan dan menyarankan Kree menunjukkan ‘personality’ agar duetnya lebih menarik.

Tidak ada chemistry antara keduanya, tidak ada kerjasama dalam duetnya. Yang paling menonjol hanya vokal Kree yang terdengar matching dengan beat lagu.

2. Angie & Candice – Stay (Rihanna ft. Mikky Ekko)
Randy (diselingi teriakan Nicki) menyebut penampilan ini luar biasa, dan Mariah menyebut penampilan mereka bagus dan keduanya versatile sebagai penyanyi.

Saya tidak begitu suka dengan aransemen di pertengahan lagu, tapi duet ini berhasil. Ada harmoni vokal, mereka saling melengkapi satu sama lain sehingga keduanya sama-sama bersinar dan terdengar atraksi vokal mereka seimbang.

Masuk ke round 2 yaitu tema one-hit wonder yang merupakan tema pilihan pemirsa.

1. Amber Holcomb – MacArthur Park (Richard Harris/Donna Summer)
Keith menyebut Amber mendominasi penampilan malam ini, dan Nicki menyebut Amber effervescent, approachable dan marketable. Randy menyukai saat Amber mencapai nada tinggi-nya dan lagi-lagi menekankan Amber sangat ‘current’. Mariah mengomentari low notes Amber yang terasa kaya malam ini dan menyebut star quality Amber yang kuat. Jimmy tidak setuju dengan juri, menurutnya lagu ini terlalu corny.

Begitu banyak one-hit wonder di Billboard, dan Amber memilih lagu ‘tua’? Juri lagi-lagi terlalu berlebihan memuji Amber. Selain long note di akhir lagu, tidak ada yang menarik dari penampilan Amber kali ini. Salah pilih lagu.

2. Candice Glover – Emotion (Samantha Sang/Bee Gees)
Nicki malah mengomentari komentar Jimmy. Menurut Randy penampilan Candice kali ini prima, dan Mariah mengerti kesulitan penyanyi kompetisi yang harus mempertahankan penampilannya setiap minggu, menurutnya Candice bukan one-hit wonder. Keith tidak menyukai pilihan lagunya karena terlalu ‘tua’.

Menurut saya penampilan Candice kali ini adalah yang paling lemah di sepanjang season ini. Pilihan lagunya membosankan and we’ve heard Destiny’s Child in similar arrangement.

3. Kree Harrison – A Whiter Shade Of Pale (Procol Harum)
Menurut Randy kali ini Kree redeem herself dari penampilan pertamanya. Mariah menyebut Kree adalah true artist dan ingin mendownload lagu ini segera. Keith menyarankan Kree lebih memperhatikan pilihan lagunya. Nicki juga menyukai penampilan Kree namun khawatir Kree akan ada di 2 terbawah dan merasakan Kree sedikit memudar.

Pilihan lagu yang ‘terlalu tua’, nampaknya Kree suka dengan lagu-lagu membosankan. Makin tidak terlihat-lah star power-nya.

4. Angie Miller – Cry Me A River (Julie London)
Mariah menyebut penampilan ini elegan, dan menurut Keith penampilan Angie mystical and celestially powerful, sedangkan Nicki mengatakan ini adalah malamnya Angie. Sama dengan Nicki, Randy menyebut penapilan Angie ini best of the night, dan catch-phrase klise, ‘in it to win it’.

3 minggu belakangan Angie terlihat passionate dalam bernyanyi. Semua range dicoba olehnya, namun kali ini menurut saya Angie tidak cocok menyanyikan lagu klasik seperti ini. Tidak ada soul-nya. Hal ini juga menunjukkan kelebihan Angie yang lain yaitu range repertoir musiknya yang luas. Semoga Angie tidak menjadi stagnan di paruh akhir kompetisi ini.

Saya tidak suka dengan semua pilihan lagu malam ini. Tidak ada yang mengejutkan, tidak ada yang ‘niat’ nyanyi-nya. Yang paling mengecewakan adalah tema one-hit wonders. Banyak banget pilihan artis yang lebih ‘fun’ untuk tema ini, misalnya Blu Cantrell, Stacie Orrico, Joey McIntryre (karir solo), Jennifer Paige, Meredith Brooks, etc. 90-an/awal 2000-an banyak pilihan one-hit wonders yang akan lebih friendly di telinga penonton. Ranking dari saya malam ini:
1. Angie
2. Candice
3. Amber
4. Kree

Bagaimana menurut kalian?

(Rio Ichsan)

Result Show:

Drake malam ini datang untuk memberi ucapan selamat buat Candice yang kemarin malam tampil cemerlang. Sayangnya, Drake tidak tampil. Sedangkan para penampil adalah Stefano Langone dengan membawakan “Yes To Love” dan American Idol 9 Winner, Lee DeWyze dengan lagu barunya “Silver Lining”.

Lalu, dari hasil vote semalam:
Top 2: Angie Miller & Kree Harrison
Bottom 2: Amber Holcomb & Candice Glover

Siapa yang pulang? tidak ada!
Minggu depan total Vote akan digabungkan dengan minggu ini.


Related posts

Leave a Reply