Spotify Akan Hadirkan Playlist Otomatis Yang Sesuai Dengan Selera Musik Pemakainya

Oleh: admincd - 29 Sep 2016

Tidak heran jika playlist menjadi pilihan paling umum oleh penikmat musik saat ini, terutama oleh pengguna layanan streaming, karena sang pemakainya bisa memilah-milah sendiri lagu apa saja yang akan didengarnya alias menjadi DJ untuk dirinya sendiri.

Hanya saja, menyusun daftar lagu untuk dimasukkan dalam sebuah playlist bisa menjadi sangat "menantang", apalagi jika ingin lagu-lagunya memiliki aspek tematis tersendiri, entah berdasarkan genre, tempo, atau semacamnya. Kadang lebih lama membuat playlistnya ketimbang mendengarkannya secara utuh.

Sukurlah penyedia layanan streaming kenamaan Spotify mengerti kondisi sulit ini dan memiliki rencana untuk memudahkan para pemakainya dalam membuat plyalist. Pada Selasa, 27 September Spotify mengumumkan fitur yang bernama "Daily Mix", yang akan menghadirkan playlist yang selama 24 jam akan secara otomatis menghadirkan lagu-lagu sesuai dengan selera pemakainya.

Secara pendekatan memang mirip dengan "Discover Weekly" yang memilih lagu sesuai dengan kebiasaan mendengarkan lagu pengguna Spotify. Hanya saja fitur ini juga akan menampilkan barisan lagu yang meski tidak kita kenal namun familiar dengan selera kita.

Darimana playlist ini mengetahui selera lagu pemakainya? Tentu saja berdasarkan kebiasaan mendengarkan kita selama beberapa pekan. Jadi bisa dipastikan jika fitur paylist otomatis ini belum aktif untuk dinikmati bagi para pengguna baru Spotify. Karena Algoritma Spotify terlebih dahulu harus mencermati lagu apa saja yang menjadi favorit atau tidak dari penggunanya dalam waktu yang telah ditentukan dan setelahnya menarik kesimpulan akan lagu apa saja yang nantinya akan dimasukkkan ke dalam playlist.

Menarik bukan?


admincd
More from Creative Disc