Spotify Telah Sukses Menembus Angka 60 Juta Pelanggan Berbayar

Oleh: admincd - 02 Aug 2017

Layanan streaming terbesar saat ini, Spotify, sepertinya semakin besar saja. Kini disebutkan jika Spotify telah sukses meraih lebih dari 60 juta pelanggan.

Kabar ini terungkap dari sebuah laporan yang dilepas oleh Reuters, dan menyusul klaim di bulan Maret lalu yang menyebutkan jika layanan ini telah mendapatkan 50 juta pelanggan berbayar. Ini berarti hanya dalam 4 bulan saja, Spotify telah sukses mendapatkan 10 juta pelanggan baru.

Dengan demikian Spotify sejauh ini masih memimpin dalam pasar layanan streaming dan jauh mengalahkan pesaing ketatnya, Apple Music, yang di bulan Juni lalu diungkap memiliki sekitar 27 juta pelanggan berbayar.

Sukses masif ini tentunya membuka peluang bagi banyak insan musik, termasuk berbagai label indie yang akan memanfaatkan Spotify untuk secara eksklusif memperdengarkan rilisan-rilisan baru mereka, setidaknya dalam periode tertentu.

Sebuah perjanjian baru antara Spotify dan agensi hak digital Merlin, yang mewakili ribuan label indie terkemuka dunia, seperti XL, Domino dan Warp, akan menghadirkan sebuah "jendela" perilisan. Artinya, album baru dari berbagai label ini hanya akan tersedia bagi para pelanggan berbayar Spotify untuk dua minggu pertama setelah dirilis.

Langkah ini tentunya mendorong lebih banyak lagi pengguna yang melanjutkan langganan Spotify mereka, bahkan mungkin menarik pelanggan baru, sehingga nantinya akan menghasilkan lebih banyak profit baik untuk sang artis maupun label yang menaungi mereka. Artis-artis yang semula ragu memanfaatkan Spotify pun bisa jadi akan tergerak untuk memasukkan musik mereka ke dalamnya. Win-win solution, indeed.

admincd
More from Creative Disc