Quantcast

Exclusive Interview with Jannine Weigel: Lagu ‘Words’ Adalah Jawaban Bagi Kritik Netizen

By - 1 month ago in Artist Interviews

Jannine Parawie Weigel atau yang akrab dipanggil Jannine Weigel, merupakan seorang penyanyi/aktris/model asal Thailand yang namanya cukup dikenal di Indonesia, berkat single berbahasa Thai yang berjudul ‘Pak Rai Jai Rak’.

Kini, artis berdarah Thai-Jerman tersebut merilis single berbahasa Inggris terbarunya yang berjudul ‘Words’, yang sudah bisa dinikmati penggemar musik di Indonesia.

Atas kerjasamanya dengan Universal Music Indonesia, Creative Disc berkesempatan melakukan wawancara dengan artis cantik yang juga memiliki nama lain dalam bahasa Thai, Ploychompoo. Simak interviewnya berikut ini:

Creative Disc: Bisa cerita sedikit mengenai lagu terbarumu ‘Words’?
Jannine Weigel: Saya menulis lagu tersebut sekitar dua bulan di Berlin, di sebuah kamp penulis lagu. Saat itu saya sedang menghadapi ‘drama’ dimana di internet saya sempat menjadi trend karena kritikan terhadap suara bernyanyi saya. Jadi saya menulis lagu tentang itu sebagai sebuah pernyataan. Dan sekitar tiga bulan sebelum saya merilis lagu tersebut, saya menambahkan bagian rap-nya untuk menjadikannya lebih hip-hop.

Creative Disc: Dan bisakah kamu ceritakan mengenai video musik dari lagu tersebut?
Jannine Weigel: Sebenarnya, video musiknya tidak memiliki jalan cerita. Namun, yang hendak saya sampaikan melalui video tersebut adalah bahwa saya lebih dewasa dari lagu-lagu sebelumnya, saya coba untuk lebih berdansa di video tersebut, dan videonya memiliki kesan ‘dark’ dan penuh warna neon. Saya berusaha memberi menampilkan pesan yang kuat dari lagu tersebut melalui videonya.

Creative Disc: Kamu punya lagu dengan dua bahasa yang berbeda. Menurut kamu, bahasa mana yang lebih susah untuk dinyanyikan?
Jannine Weigel: Antara bahasa Thai dan Inggris? Hmmm, menurut saya bahasa Thai lebih susah untuk saya nyanyikan karena bahasa Thai memiliki irama (saat diucapkan), sedangkan bahasa Inggris tidak memiliki irama pengucapan sehingga kamu bisa menaruh irama apapun saat akan dinyanyikan. Bahasa Thai harus lebih berhati-hati dalam pengucapannya, karena beda irama akan beda artinya pula.

Creative Disc: Lagu bahasa Thai pertamamu sangat terkenal di Indonesia dan telah didengar sekitar 2 juta kali. Bagaimana rasanya saat mengetahui bahwa musikmu diterima di kalangan internasional?
Jannine Weigel: Saya sangat bersyukur karena banyak orang mendengarkan musik saya, terutama di luar Thailand. Dan sangat senang mengetahui bahwa musik saya memiliki pengaruh yang baik bagi orang lain.

Creative Disc: Bagi orang-orang yang baru saja mengetahui tentang kamu. Ceritakan mengenai siapa dirimu, latar belakangmu, dan bagaimana kamu bisa terjun ke dunia musik?
Jannine Weigel: Saya setengah Thai dan setengah Jerman. Saya lahir dan besar di Jerman selama sepuluh tahun. Dan pada umur 10 tahun, keluarga saya memutuskan untuk pindah ke Thailand. Saya memulai karir saya dengan berakting. Meskipun saya senang bernyanyi, namun saya tidak pernah berpikir untuk mengejar karir dalam bermusik, karena saya juga merasa tidak bagus jika menyanyi. Setelah sekitar dua tahun tinggal di Thailand, saya memutuskan untuk mengikuti sebuah kontes bernyanyi. Dan disitulah awal mulanya, saat saya merasa bahwa bernyanyi adalah tujuan hidup saya. Setelah saya digaet oleh sebuah perusahaan rekaman besar di Thailand, saya mulai mengaktifkan akun channel Youtube saya, karena saya sedikit bosan dan ada yang saya lakukan saat itu, dan saya berusaha mencari kegiatan yang menyenangkan. Dan akun Youtube saya telah berumur sekitar 7 tahun, dan Youtube sangat berperan bagi perkembangan saya sebagai seorang artis.

Creative Disc: Bagaimana kamu mendiskripsikan jenis musikmu?
Jannine Weigel: Sangat sulit, karena saya berada di masa transisi untuk musik saya, dimana saya sedang berusaha menemukan sound yang baru. Sebelumnya musik saya sangat pop. Dan saat ini saya sedang berusaha menjajaki musik hip-hop. Dan lagu berikutnya akan lebih gelap dan dewasa.

Creative Disc: Mana yang lebih kamu suka, bernyanyi atau berakting?
Jannine Weigel: Tentunya bernyanyi. Saya sangat suka dua-duanya, namun jika harus memilih saya lebih menyukai bernyanyi.

Creative Disc: Apa bagian terbaik dalam menjadi seorang artis dan apa yang menjadi highlight dalam karirmu?
Jannine Weigel: Saya rasa bagian terbaik menjadi seorang artis sangat banyak. Yang pertama adalah bisa menciptakan sesuatu yang kamu rasakan, pikirkan, serta melihat pengaruhnya bagi orang lain yang mendengarkan dan menikmati karyamu. Dan juga bisa bepergian kemanapun dan bertemu orang-orang yang menyukai musikmu serta bekerjasama dengan orang-orang yang kamu kagumi. Dan saya rasa highlight bagi karir saya adalah hal tersebut, bisa bertemu dengan banyak orang.

Creative Disc: Apa lagi yang kamu punya untuk tahun 2019 ini?
Jannine Weigel: Tentunya lebih banyak musik yang akan dirilis. Saya sedang menyiapkan single berbahasa Inggris berikutnya tahun ini. Belum banyak yang bisa saya ceritakan, jadi tunggu saja kabar selanjutnya. Saat ini saya belum punya rencana untuk mengadakan konser di Jakarta, tetapi saya akan mengusahakannya di waktu-waktu mendatang.

Creative Disc: Apa pesan-pesan untuk para fansmu di Indonesia?
Jannine Weigel: Terima kasih banyak karena telah mendukung saya selama ini. Dan terima kasih juga sudah menyambut saya setiap kali saya berkunjung ke Indonesia. Saya harap bisa bertemu dengan kalian secepatnya.

Dengerin lagu “Words” di Spotify:

Simak video interviewnya disini:

Life. Music. Love. Fashion. A mixture of saint & stallion.

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Concert News Music News | May 11, 2019 By

Greyson Chance Siap Gelar Konser “Portraits: Live in Indonesia” di bulan Juli

Music News | May 1, 2019 By

Berikut Ini Hal Yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Nonton Konser Ed Sheeran Jakarta

Artist Interviews | April 30, 2019 By

Exclusive Interview with Jesse Ruben: ‘This Is Why I Need You’ Paling Banyak Didengar di Jakarta