Inilah 20 Penyanyi Terkenal yang Belum Pernah Meraih Peringkat Pertama di UK Singles Chart

Oleh: riadini - 17 Jul 2019

Hadiah terbesar dalam bermusik adalah menjadi juara satu dalam daftar tangga lagu. Namun rupanya, ada beberapa penyanyi maupun band besar yang singlenya bahkan belum pernah berada di puncak tangga lagu di UK. Lalu siapa sajakah mereka? Mari kita simak bersama!

1. Janet Jackson

Sebagai bintang pop yang telah berkarir selama empat dekade dan sempat booming pada era-nya baik dalam single maupun album, Janet Jackson yang begitu sukses belum pernah membawa satu single pun ke puncak tangga lagu. Sejak hits pertamanya berjudul “What Have You Done For Me Lately” berada di urutan ketiga di tahun 1986, ia telah beberapa kali nyaris menduduki peringkat pertama dalam UK singles Chart. Single ”The Best Things In Life Are Free” bersama Luther Vandross di tahun 1992 dan “That’s The Way Love Goes” di tahun berikutnya pun hanya bisa masuk diurutan kedua. Beruntung, single tersebut masuk di urutan pertama dan menjadi juara bertahan paling lama di US dari keluarga Jackson. Semoga Janet dapat segera meraih puncak tangga lagu juga di UK, kita doakan saja.

2. Bon Jovi

Dengan merubah gaya rambut agar tampak lebih atraktif tidak membuat Bon Jovi berhasil menaklukkan puncak tangga lagu. Selain Janet Jackson, peraih TOP 10 dalam UK Singles Chart ini juga belum bisa menduduki urutan pertama. Yang paling nyaris mendekati adalah melalui single mereka, “Always” yang berada selama 11 minggu di urutan kedua pada tahun 1994.

3. Amy Winehouse

”Back To Black” merupakan salah satu album dengan penjualan terbaik sepanjang masa. Namun, Amy Winehouse tidak pernah mencetak namanya berada diurutan teratas chart. Ia akhirnya membuat gebrakan dengan meng-cover lagu milik the Zuton berjudul “Valerie” di tahun 2007 bersama kawan lamanya, Mark Ronson, namun dapat ditahan oleh Sugababes dengan “About You Now” sebagai juara dan Amy hanya dapat meraih urutan kedua.

4. Shania Twain

Bisa dikatakan tidak mungkin hal ini bisa terjadi. Namun kenyataannya, Shania Twain memang tidak pernah berada di atas peringkat ketiga dalam UK Singles Chart. Ia melakukannya sebanyak dua kali di tahun 1999 dengan lagu “That Don’t Impress Me Much” dan “Man! I Feel Like A Woman”. Ia pernah merilis single berjudul “When” yang berarti “Kapan?” di tahun 1998, dan mungkin ia masih menanyakan pertanyaan tersebut hingga saat ini.

5. Michael Buble

Jangan bersedih ketika nama Michael Buble memang telah dinobatkan sebagai juara pertama dalam Official Albums Chart sebanyak 4 kali dan yang paling baru adalah di tahun 2018 akan tetapi, singlenya tidak pernah lebih baik dari urutan kelima. “Just Haven’t Met You Yet”. Sayang sekali ya?

6. Jonas Blue

Semua single milik Jonas Blue selalu masuk di TOP 40 chart. Dan bahkan, keempat single miliknya masuk dalam TOP 5 dengan “Fast Car” (2), Perfect Stranger” (2), Mama (4) dan Rose (3) yang kesemuanya nyaris saja berada di urutan teratas. Nyaris!

7. Alanis Morissette

”Isn’t it ironic, don’t you think?” yang merupakan bagian dari lirik lagu “Ironic” milik Alanis Morissette ini sepertinya sedikit pas dengan posisi beberapa singlenya di chart. Lagu miliknya yang nyaris mendekati urutan pertama adalah “Thank U” yang menempati peringkat kelima di tahun 1998. Namun albumnya yang bertajuk “Jagged Little Pill” merupakan album dengan penjualan terbaik dimana menempati urutan pertama selama 11 minggu di UK Album Chart.

8. The Weeknd

Sembari ia berbagi ketenaran dengan kawan-kawan Kanadanya seperti Drake dan Justin Bieber, The Weeknd ternyata belum berhasil mencetak single peraih kemenangan di tangga lagu. “Starboy” yang ia bawakan bersama dengan Daft Punk hanya meraih urutan kedua di tahun 2016 yang merupakan pencapaian terbaik penyanyi bernama asli Abel Makkonen Tesfaye ini.

9. Alicia Keys

Alicia Keys selalu masuk dalam chart selama hampir 20 tahun namun belum pernah berada di urutas teratas sejak ia meluncurkan hits single berjudul “Fallin’” di tahun 2001. Yang paling mendekati adalah lagu yang dinyanyikannya bersama Jay Z pada tahun 2009, “Empire State Of Mind”, yang berhasil meraih urutan kedua. Sekarang kita tahu apa arti lagu “Try Sleeping With A Broken Heart”.

10. Guns N’ Roses

Berikutnya adalah karya dari band yang selalu masuk ke dalam daftar lagu karaoke klasik seperti “Sweet Child O' Mine” dan “Paradise City” namun sayangnya belum bisa menembus TOP UK Singles Chart. Yang paling mendekati adalah saat Guns N' Roses meng-cover single “Knockin’ On Heaven’s Door” yang hanya mampu menempati urutan kedua. Beruntung, album mereka meraih peringkat pertama sebanyak dua kali dan video musik mereka pun adalah yang paling sering disiarkan di tahun 1980 dan 1990. Hal itu merupakan hadiah hiburan yang cukup manis, bukan?

Selain 10 nama tadi, masih ada juga 10 nama lainnya, yaitu:

11. The Who

12. Dolly Parton

13. Bob Marley

14. Aerosmith

15. Green Day

16. The Carpenters

17. Anastacia

18. Texas

19. Morrissey, dan

20. Depeche Mode

riadini
More from Creative Disc