Trending News

Blog Post

CreativeDisc Interview with YUNGBLUD : Mempersiapkan Era Baru Ditengah Masa Pandemi
Artist Interviews

CreativeDisc Interview with YUNGBLUD : Mempersiapkan Era Baru Ditengah Masa Pandemi 

Dominic Harrison atau yang lebih dikenal dengan nama YUNGBLUD, baru saja merilis video musik untuk single terbarunya yang berjudul ‘Weird!’. Musisi British kelahiran Yorkshire tahun 1997 yang terlihat selalu ceria dan penuh energi ini juga tengah sibuk mempersiapkan album terbaru dan sedang membuat serial Youtube yang berjudul, “Stay Home With YUNGBLUD”. Serial ini dibuat ditengah-tengah masa pandemi COVID-19 ini, menceritakan dan menggambarkan kegiatan apa saja yang dilakukan oleh YUNGBLUD dan rekan-rekan bermusiknya selama menjalani masa karantina.

Beberapa hari yang lalu, CreativeDisc mendapatkan kesempatan dari Universal Music Indonesia untuk melakukan sesi wawancara dengan YUNGBLUD. Ditemui secara online melalui aplikasi Zoom, YUNGBLUD terlihat sangat ramah dan langsung menyapa kami semua. Ia langsung membuka percakapan dengan permintaan maaf dan merasa menyesal bahwa konsernya di Asia harus ditunda karena penyebaran wabah COVID-19 yang semakin merajalela di setiap negara. Sebelumnya konser YUNGBLUD yang berjudul “Twisted Tales Of The Ritalin Club Tour” dijadwalkan akan mengunjungi beberapa negara di Asia seperti Korea, Jepang, Hongkong, Filipina, dan Singapura.

Saat ditanya mengenai single terbarunya yang berjudul ‘Weird!’, YUNGBLUD menjelaskan bahwa lagu ini menggambarkan masa-masa yang paling aneh dalam hidupnya, dimana semua orang saat ini sedang menghadapi ketakutan yang sama, situasi yang sama, dan ia berusaha menuangkan perasaan-perasaan tersebut kedalam sebuah lagu. Penampilan YUNGBLUD yang nyentrik dengan ciri khas warna rambut mencolok dan sering disebut oleh penggemarnya sebagai fashion icon, ternyata sudah dimulai saat ia berusia 9 tahun. Dimana pada usia tersebut untuk pertama kalinya ia mewarnai rambutnya menjadi merah dan menarik perhatian setiap orang yang bertemu dengannya. Sadar bahwa ia memiliki komunitas dan penggemar yang cukup besar di seluruh dunia saat ini membuat ia sedikit flashback ke masa lalunya. “When I growing up, the world didn’t want to know me, the world didn’t want me to belong inside it so I have to build my own world to live in”. Hal tersebut yang memacunya untuk terus berkarya dan berusaha untuk tetap menjadi dirinya sendiri. Ia juga menolak untuk disebut memiliki banyak penggemar, baginya fans adalah suatu komunitas, keluarga, orang-orang yang mengelilinginya dan memberikan energi positif untuk tetap menjadikan YUNGBLUD apa adanya.

Masa karantina yang membuat semua orang tidak bisa bepergian dan harus tetap tinggal dirumah tidak mematahkan semangat kreativitas YUNGBLUD. Ia bersama 3 orang pemain band dan videographer menggarap video musik ‘Weird!’ di rumah. YUNGBLUD mengatakan bahwa video musik tersebut merupakan video terfavoritnya yang pernah dibuat selama ini. Video ini apa adanya, tidak memerlukan make-up dan wardrobe yang berlebihan, semua pengambilan gambar dilakukan didalam dan diluar rumah (termasuk rooftop) dengan bermodalkan $100 saja.

Single terbaru ini telah dirilis pada tanggal 22 April yang lalu dan banyak mendapatkan respon positif dari penggemarnya di seluruh dunia. Banyak yang berkomentar bahwa lagu tersebut sangat sesuai degan kondisi saat ini, ada pula yang meninggalkan komentar bahwa lagu tersebut sangat menguatkan di masa pandemic seperti sekarang ini. Mendengar hal tersebut YUNGBLUD merespons dengan “I’m overwhelmed!” Ia ingin lagu tersebut membawa kehangatan pada setiap orang yang mendengar dan percaya bahwa situasi sulit yang dihadapi seperti sekarang ini akan berakhir dan pasti akan segera membaik.

Ketika ditanya mengenai album baru yang sedang dipersiapkannya, YUNGBLUD memberikan sedikit bocoran mengenai album tersebut. Ia mengatakan bahwa single terbaru ‘Weird!’ merupakan penanda lahirnya era YUNGBLUD yang baru. Era yang penuh optimistik. “Album ini akan banyak bercerita mengenai kehidupan, seperti individual acceptance, sesuatu tentang hidup yang mungkin kebanyakan orang belum menyadari sebelumnya. Life, sex, sexual liberation, drugs, heartbreak, depression, self harm, suicide, friendship, seperti sebuah serial kehidupan dalam satu album” jawabnya.

YUNGBLUD juga menyatakan bahwa selama masa karantina ini ia sangat merindukan ibunya. Dan ketika ditanya mengenai hal apa yang akan dilakukan pertama kali setelah pandemik ini berakhir, YUNGBLUD menjawab dengan akan segera membooking pesawat untuk terbang ke Asia dan mengadakan konser rock & roll disini. Ia berpendapat bahwa tidak ada yang bisa menghalanginya untuk berkumpul dan bertemu dengan komunitasnya yang ada di seluruh dunia. “Nothing can stop our connection,” katanya sambil tersenyum.

Interview & Teks by: Josepine

Related posts

Leave a Reply