Trending News

Blog Post

Creativedisc Exclusive Interview with Declan J Donovan: Musik Adalah Mimpi yang Tak Pernah Kuketahui Ada di Dalam Diriku
CREDIT: Polydor Records
Artist Interviews

Creativedisc Exclusive Interview with Declan J Donovan: Musik Adalah Mimpi yang Tak Pernah Kuketahui Ada di Dalam Diriku 

Mari kita berkenalan dengan musisi asal Essex, Inggris, Declan J Donovan. Musisi yang sempat viral karena lagunya yang berjudul ‘Fallen So Young’ ini, kini tengah serius meniti karier di dunia musik. Sejak tahun 2017, Declan telah merilis beberapa single andalan, serta debut singlenya berjudul ‘Homesick’. Ditemui secara virtual beberapa waktu lalu, Declan menceritakan betapa unik dan aneh cara dirinya terjun di dunia musik.

“Sejak kecil, musik bukan jadi bagian besar dari hidupku. Tapi, ketika berumur 11 tahun, aku menemukan Ed Sheeran dan aku terobsesi dengannya. Aku ingat betul, besoknya, aku bilang ke ibuku untuk belajar gitar. Sejak saat itu aku belajar gitar karena aku sangat suka dengan musik-musiknya (Ed Sheeran), dan aku ingin bisa memainkan lagu tersebut. Umur 15 tahun, aku memberanikan diriku untuk bernyanyi dan di umur 16 atau 17 aku mulai menulis lagu pertamaku. Saat saudaraku yang akan menikah memintaku menjadi ‘best man’ di pernikahannya. Alih-alih menulis pidato, aku meminta ijin padanya untuk dapat menuliskan lagu. Jadi, aku kemudian menulis ‘Fallen So Young’, dan lagu inilah yang membuat karier musikku di mulai,” kisahnya. “Aku rasa, menjadi musisi, adalah mimpi yang ada di dalam diriku tapi tak pernah kuketahui. Jadi, ketika semua ini terjadi, itu adalah hal terbaik yang pernah terjadi di hidupku,” ungkapnya.

Di tahun 2020 ini saja, Declan juga telah merilis beberapa single termasuk single terbarunya yang berjudul ‘Perfectly Imperfect’ yang mempunyai lirik yang sangat bagus. Berbagai prestasi juga ditorehkan oleh lagu ini, diantaranya telah mencapai 10 Juta Stream secara Global, Masuk di berbagai Chart TikTok diantaranya UK di #6, Amerika Serikat di #2, dan Jerman di #3. Selain itu, lagu ‘Perfectly Imperfect’ miliknya juga telah masuk di Chart Spotify Denmark sekaligus Top 200 Swedia, juga Viral Chart. Tidak mengherankan memang, karena lagu ini menghadirkan lirik yang powerful di dalamnya. Declan mengatakan bahwa dirinya memang sengaja menuliskan lagu ini karena melihat banyak orang dalam hidupnya yang kurang dihargai.

“Lagu ini adalah caraku untuk membuat mereka tahu kalau aku menyayangi mereka, aku juga melihat dan mendengarkan mereka. Jadi, ini merupakan sebuah lagu yang sekaligus sebagai bentuk apresiasi untuk orang-orang penting dalam hidupmu,” kata Declan.

Berbuat baik adalah cara terbaik, menurut Declan, untuk menunjukkan bahwa kita menyayangi orang-orang di sekitar kita. Diapun mengatakan bahwa dengan selalu ada untuk orang-orang yang kita sayangi merupakan satu langkah besar tapi sederhana yang seharusnya kita lakukan.

“Kalau kamu sedang mengalami hari yang buruk, dan orang lainpun sama, cara terbaik yang dapat kamu lakukan untuk mereka yang sekaligus akan membuatmu merasa lebih baik adalah dengan menunjukkan kebaikan. Mungkin dengan memberikan pujian terhadap orang tersebut, bicaralah tentang apa yang kamu rasakan tentang mereka. Jika kamu melihat orang yang kamu kasihi sedang dalam keadaan tidak baik, selalu-lah ada untuk mereka, jangan terlalu sering memberikan nasihat atau apa yang harus mereka lakukan,” jelas Declan. “Buatlah mereka merasa dicintai olehmu. Itu, menurutku adalah cara terbaik untuk menunjukkan cintamu pada seseorang,” tutupnya.

Dengarkan lagu ‘Perfectly Imperfect’ dari Declan J Donovan melalui link di sini.

Simak obrolan lengkap Creativedisc dengan Declan J Donovan lewat video dan podcast di bawah ini:

Thanks to Secret Signals!
Interview, Teks & Video edit by Dundhee Yuwono.

Related posts

Leave a Reply