Trending News

Blog Post

CreativeDisc Exclusive Interview with Pale Waves: Siap Merubah Total Image Lama Mereka di Album Baru
Artist Interviews

CreativeDisc Exclusive Interview with Pale Waves: Siap Merubah Total Image Lama Mereka di Album Baru 

Band indie pop dari Manchester, Pale Waves sangat terkenal dengan image 80’an yang mereka bangun lewat musik dan tampilannya. Lewat album perdananya “My Mind Makes Noises” band yang berisikan Heather Baron-Gracie (vokal, gitar), Ciara Doran (drums), dan Hugo Silvani (gitar, keyboard), Charlie Wood (bass, keyboard) mempunyai sound yang sangat 80’an dengan sentuhan synthpop dan new wave yang sangat kental. Tidak hanya dipengaruhi oleh musik era 80’an saja tetapi tampilan visual mereka juga dipengaruhi oleh era tersebut terutama sang vokalis Heather Baron yang sangat terinspirasi dari tampilan Siouxsie Sioux dari Siouxsie and the Banshees dan Robert Smith dari The Cure, melihat Heather seolah melihat hasil peranakan dari kedua vokalis yang sering berdandan menor dan gothic ini. Mereka mendapat dukungan secara total dari Matty Healey dari The 1975 bahkan tampil bersama di sampul depan NME pada edisi 20 Oktober 2017.

Membawakan sound 80’an lengkap dengan tampilan visualnya serta dukungan awal dari Matty Healy membuat band ini melejit dengan cepat. Album pertama mereka berhasil masuk ke posisi 8 di UK Album Chart dan mereka mendapatkan banyak penghargaan setelahnya salah satunya adalah Q Awards 2019 untuk kategori Artis Pendatang Baru.

Namun dengan segala puja-puji tersebut mereka tidak mau terjebak dengan sound yang sama dan memutuskan mengganti sound di album mereka yang terbaru. CreativeDisc berkesempatan mewawancarai sang vokalis Heather Baron-Gracie untuk menceritakan perubahan yang terjadi pada Pale Waves.

CD: Apakah tinggal di Manchester memberikan pengaruh yang besar terhadap musikalitasmu?
Pale Waves: Yap, Manchester mempunyai banyak konser musik yang menarik dan saya sangat senang dikelilingi oleh lingkungan yang dekat dengan musik.

CD: Pale Waves dikenal karena menampilkan musik dari era 80’an lengkap dengan dandanannya. Apakah kamu mempunyai hal yang paling disuka dari 80’an seperti musik atau hal lainnya?
Pale Waves: Sebenarnya saya tidak terlalu menggemari sesuatu di era 80’an tapi kalau boleh pilih satu saya memilih band terbaik di era 80’an dan itu adalah The Cure. Album favorit saya dari The Cure adalah “Disintegration”.

CD: Ceritakan soal single terbaru kalian ‘Change’?
Pale Waves: ‘Change’ seperti membuka lembaran baru bagi Pale Waves, karena kami sebelumnya sangat lekat dengan sound dan citra dari era 80’an. Lagu ini mempunyai sound yang sangat kental di era 2000’an dimana kami tumbuh besar di era tersebut dengan mendengarkan banyak lagu. Mendengar ‘Change’ seperti mendengar soundtrack film remaja di era 2000’an.

CD: Jadi ‘Change’ menjadi pengenalan ulang kepada image Pale Waves sendiri ya?
Pale Waves: Betul, kami ingin merubah image kami dari band yang dikenal karena terlihat seperti band 80’an. Sekarang kami ingin menjadi terlihat lebih 2000’an karena di situ adalah era kami hidup dan mendengarkan banyak musik yang membentuk selera musik kita. Dengan image yang baru seperti ini saya lebih nyaman dan bisa menjadi diri sendiri.

CD: Musik apa yang sedang kamu sukai saat ini?
Pale Waves: Aku sangat suka mendengarkan musik pop saat ini tapi yang paling aku suka adalah mendengarkan musik country pop seperti Kacey Musgraves. Kadang-kadang aku suka genjrang genjreng gitar sendiri dengan nada country pop.

CD: Apakah sound country pop bakal masuk di materi terbaru Pale Waves?
Pale Waves: Bisa jadi (tertawa), tapi itu sepertinya tidak nyambung dengan musik Pale Waves jadi kemungkinan aku akan memainkan musik country pop ketika aku mengeluarkan album solo sendiri nanti.

CD: Apakah kalian merasa ada tekanan dalam mengeluarkan album terbaru karena seperti yang kita tahu album kalian sebelumnya berhasil meraih posisi 10 besar di Inggris dengan status band pendatang baru?
Pale Waves: Saya merasakan tekanan yang luar biasa saat mau mengeluarkan album terbaru kami. Mudah-mudahan di album baru kami bisa menjawab tekanan tersebut dengan memberikan sesuatu yang berbeda.

CD: Apa yang bisa kami tunggu di album terbaru Pale Waves nanti?
Pale Waves: Kami akan banyak memainkan sound pop di era 2000’an di album terbaru kami dan bakal ada variasi sound yang beragam dari album kami sebelumnya dan tidak hanya sekedar memainkan sound synth yang besar dan megah. Banyak yang baru di album Pale Waves berikutnya dan kami tidak sabar untuk mengeluarkan dan mempertunjukannya kepada pendengar.

Special thanks to Dirty Hit!

Related posts

Leave a Reply