CreativeDisc Exclusive Interview with CHVRCHES: Rekaman LDR Untuk Siapkan Kejutan di Album Baru

Oleh: lauretha - 05 Jun 2021

CHVRCHES is back, Y’all! Wow akhirnya trio asal Glasgow UK ini kembali memberikan suguhan karya di tahun yang penuh dengan usaha tetap waras di masa pandemi. Lauren, Iain dan Martin tak mau berdiam diri dalam ketidakberdayaan tanpa karya meski dunia sempat terasa berhenti karena pandemi.

CHVRCHES kembali merilis single terbarunya 'He Said She Said' bulan April lalu dengan 80’s synth electro-pop yang kental khas band satu ini. Kali ini kami sangat senang bisa berbincang dengan salah satu personil Chvrches setelah interview terakhir CreativeDisc 8 tahun lalu. Such an awesome throwback moment!

Iain Cook berhasil terhubung dengan CreativeDisc dan menyampaikan betapa ia sangat senang bisa membagikan kabar baik seperti semangat Chvrches untuk terus produktif meski di masa pandemi. Saat ditanya bagaimana band ini “tetap waras” di masa sulit ini, Iain menjawab bahwa mereka juga sempat terserang stres dan sedih tidak bisa beraktifitas seperti biasa. Tak ada panggung, tak ada keramaian, terpisah jarak antar personil. Lauren dan Martin berada di LA sedang Iain di Skotlandia. Meski begitu, tiga orang ini terus terhubung virtual dan membuat karya di sela kesempitan situasi.

Dari pengakuan Iain, sebenarnya tahun 2020 kemarin merupakan tahun yang tepat untuk CHVRCHES memproduksi karya baru karena setelah rangkaian tur mereka akan mengambil dua tahun jeda untuk kembali ke studio, menggodok karya baru. Sehingga meski mereka tak bisa melakukan proses rekaman seperti biasanya, sepertinya tak menjadi halangan mereka untuk terus melahirkan karya baru. Tantangan terberat adalah zona waktu yang cukup berbeda dua benua membuat mereka harus bisa menyamakan ritme untuk memproduksi karya musik.

Single 'He Said She Said' ini ditulis oleh sang vokalis, Lauren yang mengisahkan tentang polemik patah hati dan bagaimana merespon reaksi mantan pasangan yang labil. Lagu ini juga masih memasukkan unsur electro pop dan synth yang kencang, meski diakui oleh Iain bahwa di album terbaru nanti CHVRCHES akan juga memasukkan unsur modern hip-hop, drum n bass, gitar dan new wave. Akan sangat kaya nuansa ditambahkan dengan kolaborasi “mengejutkan” yang akan membuat fans tak menyangka kolaborasi itu akan terjadi.

CreativeDisc menanyakan hal pertama apa yang akan kalian lakukan saat pandemi telah mereda dan acara musik massal sudah bisa diadakan kembali di berbagai belahan bumi, lalu CHVRCHES bisa tampil lagi? Jawabnya, Iain akan menangis sepertinya saking terharunya. Ya ia mengakui bahwa dia sangat rindu dekat dengan fans dan memberikan musik secara live dan memberikan energi magis, menghipnotis ratusan ribu penonton festival musik.

Iain berpesan kepada fans CHVRCHES pada masa sulit seperti sekarang, tidak apa kita untuk melihat kembali dalam diri, melakukan refleksi, kembali lebih tenang, mengatur diri dari apa yang selalu membuat kita risau akan kehidupan. Ia berkata, “Mari mencoba mencari kembali arti kehidupan kita dan menyebarkan kebaikan dan hal positif untuk banyak orang. Jangan terlalu menenggelamkan diri dalam duka, kita harus terus maju dan menjaga pikiran positif dalam diri kita."

Wow, sungguh pesan yang sangat jujur dan relevan untuk kita resap dan aplikasikan ke dalam hidup kita.

Lalu bagaimana kelanjutan bocoran album terbaru Chvrches tahun ini? Iain berkata tak bisa membocorkan terlalu banyak, yang pasti kejutan yang sudah kami siapkan semoga akan membuat kalian lebih terhubung dengan Chvrches. Tak lama lagi, jadi bersiaplah!

Interview & Teks by Lauretha Sudjono

Thanks to Universal Music Indonesia.

lauretha
More from Creative Disc