Nama Shakira, Elton John & Beberapa Selebriti Lain Terseret Skandal Pandora Papers

Oleh: admincd - 07 Oct 2021

Skandal yang sedang heboh saat ini adalah Pandora Papers, yaitu di mana terungkapnya sekitar 12 juta dokumen yang mengungkap berbagai aset tersembunyi, penghindaran pajak, dan kasus pencucian uang oleh beberapa sosok kaya dan berkuasa di dunia. Pandora Papers mencakup 6,4 juta dokumen, 3 juta gambar, lebih dari sejuta email, dan hampir setengah juta spreadsheet. Dokumen diterbitkan oleh International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ).

Kini, selain para milyuner atau pejabat dunia saja, beberapa nama selebritis juga terseret di dalamnya, seperti diva pop Latin Shakira dan bintang legendaris nan ikonik Elton John, serta juga supermodel Claudia Schiffer, drummer The Beatles Ringo Starr dan penyanyi asal Spanyol Julio Iglesias.

Dalam berkas ini disebutkan jika Shakira memiliki rekening di sebuah perusahaan offshore yang berada di luar negeri. Tepatnya sebuah entitas perusahaan cangkang di British Virgin Island. Melansir pengacara bintang asal Kolombia ini, pihaknya mengakui secara terbuka eksistensi perusahaan tersebut, selain menunjukkan bukti jika klien mereka tidak mendapatkan keringanan pajak.

Kabar ini menyusul setelah beberapa waktu lalu Shakira dituduh melakukan kasus penipuan pajak di Spanyol. Anggota parlemen negara tersebut merekomendasikan sang bintang untuk diadili dan kemudian dihukum setelah gagal membayar pajak sekitar $16.84 juta atas penghasilan yang diperoleh Shakira antara tahun 2012 hingga 2014.

admincd
More from Creative Disc