Sam Smith & Normani Terjerat Kasus Pelanggaran Hak Cipta Karena 'Dancing With A Stranger'

Oleh: admincd - 08 Mar 2022

Bertambah lagi barisan artis yang harus berurusan dengan pengadilan akibat tuduhan pelanggaran hak cipta. Mereka adalah Sam Smith dan Normani. Penyanyi asal Inggris dan mantan member Fifth Harmony tersebut terjerat kasus berkat hits single kolaboratif mereka, 'Dancing With a Stranger'.

Tuntutan diajukan oleh barisan penulis lagu bernama Jordan Vincent, Christopher Miranda dan Rosco Banlaoi, sebagaimana laporan oleh Rolling Stone. Dalam tuntutan yang diajukan kepada pengadilan federal di Los Angeles, Jumat, 4 Maret, mereka menuduh Sam dan Normani menjiplak bagian esensial dari lagu milik Jordan, 'Dancing With Strangers', yang dirilis di tahun 2017 lalu.

Bagian paling signifikan yang ditiru adalah segmen hook/chorus, yang juga dianggap sebagai bagian paling penting dan aspek artistik dari kedua lagu ini mengandung lirik, "dancing with a stranger," dinyanyikan dengan melodi yang nyaris identik dan juga komposisi musikalnya.

Bukan hanya itu, video musik untuk kedua lagu ini juga menampilkan seorang gadis yang melakukan tarian interpratif di seting studio minimalis, dan diselingi dengan adegan sang vokalis laki-laki. Kombinasi antara tema video musik dan kemiripan dua lagunya adalah indikasi jika hal ini terjadi bukan karena kebetulan semata, demikian ungkap tuntutan tersebut.

Pihak penuntut percaya jika Sam dan para penulis lain untuk lagunya, Tor Erik Hermansen dan James John Napier, dan member tim Normani, memiliki akses untuk lagu milik Jordan dan juga visualnya melalui Thrive Records, yang disebutkan menerima materi lagunya di tahun 2015. Nama lain yang diseret Jordan sebagai tertuduh adalah Universal Music Group, Sony Music Group dan EMI Music.


admincd