CreativeDisc Exclusive Interview With Tiara Eve: Bebas Lepas di Lagu Terbarunya Setelah Sekian Lama

Oleh: luthfi - 08 Oct 2022

Bagi orang-orang yang sering clubbing dan mengetahui skena DJ di Indonesia nama Tiara Eve sepertinya sudah tidak asing lagi. DJ yang sudah malang melintang di skena club lebih dari 15 tahun ini awalnya tidak menyangka akan menjadi seorang DJ bahkan hal itu masih diungkapkan sampai sekarang.

“Jujur sampai sekarang pun aku bingung kalau ditanya alasannya jadi DJ. Awalnya aku diajarin iseng-iseng sama teman karena waktu itu gak ada namanya female DJ wah dulu kalau main bener-bener berantakan banget. Gak tau flow, gak tau beat-nya kemana, terus dapet tawaran tampil di mana-mana karena aku perempuan dan gara-gara sering tampil jadi profesi deh.”, ungkap Tiara ketika ditemui melalui Zoom.

Setelah ia berkarir akhirnya banyak female DJ yang muncul ke permukaan, tetapi meskipun ia menjadi pionir dari female DJ di Indonesia ia malah semakin tidak suka dikaitkan dengan hal tersebut. “Hal yang membuat aku tidak suka dicap sebagai female DJ adalah makin ke sini citra female DJ itu semakin buruk padahal dulu DJ perempuan itu mainnya bagus-bagus dan mereka ngerti musik kalau sekarang ngundang DJ perempuan buat tampil hanya sekedar melihat kalau itu perempuan bukan karena kualitas dan kemampuannya. Makanya aku di kontrak tidak mau di poster promosinya ada huruf F (menandakan female DJ) di kata FDJ, cukup DJ Tiara Eve atau Tiara Eve aja karena aku mau dilihat sebagai seorang artis yang bisa DJ dan main lagu.”, kata Tiara.

Setelah lama sebagai seseorang yang mencampuradukkan musik orang lain di pesta, club dan bar (bahkan menjadi seorang aktris dan wirausahawan juga) akhirnya ia kembali merilis single terbarunya berjudul 'No Body' yang mempunyai konsep unik dan sesuai dengan kemauan Tiara sebagai seorang musisi bukan sebagai seorang DJ.


Di lagu terbarunya ini ia seolah ingin dilihat sebagai seorang trackmaker dengan menggabungkan unsur musik yang ia suka yaitu afrobeat dengan sedikit unsur reggaeton yang bisa untuk bergoyang namun tidak terlalu ramai dan upbeat sehingga terdengar chill dan asyik untuk didengarkan sambil bergoyang.

Dari judul lagunya saja yang memiliki arti “tanpa badan” sudah menunjukkan bahwa ia ingin didengar dan dilihat apa adanya bukan ada apanya sebagai perempuan, pengalamannya mendalami meditasi juga menginspirasi lagu ini dan membuat dirinya menjadi lebih bebas dari segi manapun. 'No Body' seolah menjadi bukti kebebasan Tiara dari segi apapun karena pengalaman dia di bidang musik membuat dia akhirnya bisa bebas memilih membentuk musik sesuai yang ia suka.

Simak wawancara eksklusif CreativeDisc bersama Tiara Eve dimana kami bercerita tentang single terbarunya, cerita dia pertama kali DJ, stigma tentang DJ perempuan, kultur DJ di Indonesia dan di luar negeri serta harapannya terhadap skena musik dance di Indonesia melalui video di bawah ini:



 



luthfi
More from Creative Disc