GUM Lepas Single 'Would It Pain You To See?' dan Umumkan Album "Saturnia"

Oleh: welly - 31 Jul 2023

Jay Watson atau yang dikenal dengan nama panggung GUM ini siap kembali dengan album baru ke-6 miliknya, "Saturnia" yang akan rilis pada 15 September melalui Spinning Top Records.

Bersamaan dengan pengumuman album, Member Tame Impala dan Pond ini juga merilis single terbarunya yang berjudul 'Would It Pain You To See?'. Ini merupakan single kedua dari album baru setelah 'Race to the Air'.

Single ini rilis bersamaan dengan video musik yang luar biasa yang dibuat oleh Michael Hili, yang juga menyutradarai 'Say Nothing' milik Flume. Michael mengatakan, "Jay adalah bakat yang luar biasa, Anda bisa merasakan sentuhan karyanya pada setiap bagian lagu, dia benar-benar ahli dalam studio. Inspirasi untuk video ini muncul dari bayangan Jay di studio belakangnya, merangkai lagu tersebut. Saat proses berlangsung, waktu berlalu dan berubah, karakter-karakter muncul dengan kostum lengkap memainkan bagian senar yang ada dalam pikiran Jay. Di tengah-tengah malam, ketidakamanan merayap masuk, dan Anda dapat merasakan kehadiran beberapa iblis dan inspirasi."



Jay Watson (GUM)berkata, "Saya menulis lagu ini saat masa lockdown bersama putra bayi saya, dengan menggunakan Wurli (sejenis piano elektrik). Lagu-lagu saya tidak pernah benar-benar literal atau dengan makna yang jelas, tapi jika saya harus mengatakan apa arti lagu ini, maka itu tentang konflik antara apati dan kepedulian yang mendalam terhadap sesuatu, yang ada di dalam diri setiap orang. Tampaknya konflik ini menjadi sangat membingungkan dan kasar di zaman sekarang. Saya menyukai bagian senar indah yang dimainkan oleh Jesse Kotansky."

Setelah sukses dengan album "Out In The World" pada tahun 2020, Watson memiliki gambaran kasar tentang arah perjalanan GUM ke depan. "Saya sangat ingin membuat sebuah rekaman yang keseluruhannya terdengar seragam," kenangnya. "Meskipun akan ada berbagai suara di dalamnya, tapi saya ingin kesan organik dengan adanya gitar akustik dan drum asli. Sebagian besar album GUM sebenarnya tidak memiliki banyak drum asli di dalamnya."

Tracklist Album "Saturnia":

1. Race to the Air
2. Muscle Memory
3. Argentina
4. Would It Pain You to See?
5. Fear of Joy
6. Music Is Bigger Than Hair
7. Real Life
8. Saturnism
9. In a Glasshouse (With No Light)
10. It Lies a Lifetime

welly
More from Creative Disc