CreativeDisc Exclusive Interview with a kid named rufus: Menemukan Banyak Cerita Seru Selama Dirantau

Oleh: luthfi - 06 Sep 2023

Musisi asal Malaysia Rufus Sivaroshan yang mempunyai nama panggung a kid named rufus mempunyai banyak cerita lucu dan menarik ketika hidup merantau ke Syracuse, New York.

“Ketika pertama kali datang ke Amerika ya aku masuk ke apotek dan nanya ke kasirnya ‘ada plester gak?’, terus kasirnya bilang ‘hah plester?’ dan kami berdebat selama sepuluh menit dan setelah aku jelaskan buat nutupin luka kasirnya bilang ‘oh maksudnya band-aid’ dan ternyata plester itu namanya band-aid di sana. Terus waktu itu aku beli telur kan dan aku taruh di luar telurnya karena biasanya di Malaysia dan Indonesia itu udah jadi hal biasa, pas temenku lihat dia bilang gini ‘kenapa taruh telurnya di luar!! taruh telur tuh di kulkas jangan di luar’, terus aku gak percaya sama hal itu sampai berdebat selama setengah jam. Temenku yang dari Singapura akhirnya ikut ngebantu belain aku soal masalah telur disimpan di luar. Besok paginya ketika aku mau sarapan ternyata telurnya basi dan itu membuatku sadar kalau telur di Amerika harus disimpan di kulkas”, kekehnya.

Cerita tersebut dan berbagai cerita lainnya tentang masa hidupnya sebagai seorang perantau diceritakan dengan gamblang di album perdananya berjudul “whatever works” sebuah album yang sangat jujur dan gamblang sampai ia berkata bahwa album ini tidak boleh didengarkan bersama orang tuamu. “Waktu aku kasih album ini ke ibuku beliau langsung bilang ‘ini apa sih’”, katanya sambil tertawa. Sesuai dengan judulnya “whatever works” ia membuat albumnya dengan begitu apa adanya sama seperti cerita hidupnya di negeri orang. “Pokoknya apapun bakal kulakuin deh yang penting jalan”.

Di dalam album itu ada satu lagu berjudul “stuck in san antonio” yang sangat berkesan baginya karena ia mendapatkan pelajaran yang begitu berharga tentang kepercayaan seseorang.

Mendenegar cerita dan kelakar Rufus di wawancara ini serasa mendengar seorang teman sesama perantau dengan ceritanya yang lucu dan unik. Jika kamu adalah seorang perantau terutama perantau di negara lain kamu bisa mengecek celotehan kami berdua lewat video CreativeDisc Exclusive Interview bersama a kid named rufus lewat video di bawah ini:

luthfi
More from Creative Disc