Bad Bunny Tuntut Penggemar atas Unggahan Rekaman Konser di YouTube

Oleh: riadini - 11 Mar 2024

Bad Bunny tengah menggugat seorang penggemar bernama Eric Guillermo Madronal Garrone karena memposting cuplikan konsernya ke saluran YouTube, MADforliveMUSIC.

Gugatan tersebut menuduh bahwa Garrone merekam dan mengunggah penampilan lengkap dari Most Wanted Tour Bad Bunny yang dihelat di Salt Lake City pada 21 Februari tanpa persetujuan, sehingga melanggar hak atas musik pertunjukan live-nya.

Menurut laporan, rapper asal Puerto Rico tersebut mengklaim bahwa unggahan Garrone menggunakan nama dan musiknya untuk menarik penayangan dan pendapatan iklan ke saluran YouTube konsernya, bukan halaman resmi sang rapper.

Gugatan ini menyatakan bahwa meskipun Bad Bunny berhasil menghapus video-video tersebut dengan serangan hak cipta, Garrone diduga mengajukan keberatan balik untuk tetap mempertahankan video-video tersebut, yang menyebabkan rapper dengan nama asli Benito ini mengajukan gugatannya.

Bad Bunny mencari injungsi untuk mencegah Garrone mengunggah lebih banyak rekaman dan meminta $150,000 per video atau kompensasi untuk kerugian sesungguhnya yang disebabkan oleh perekaman tersebut.

Saat ini, satu-satunya video Bad Bunny yang tersisa di halaman YouTube Garrone mencakup pengantar orkestra, suatu selingan, dan video "encore" selama lima menit di mana rapper tersebut berbicara dengan para penggemar. Saluran Garrone juga menampilkan rekaman dari konser-konser terbaru oleh Rauw Alejandro, Rosalía, The Weeknd, Blackpink, dan Beyoncé.

Di sisi lain, Bad Bunny baru saja melepas video musik untuk single kolaborasinya bersama ARCÁNGEL, DE LA GHETTO dan ÑENGO FLOW, berjudul 'ACHO PR' yang diambil dari album "nadie sabe lo que va a pasar mañana."

riadini
More from Creative Disc