Creative Disc Interview With Akira Kushida : Penyanyi Tokusatsu Yang Gak Fasih Bahasa Jepang

Akira Kushida (Kussy) merupakan salah seorang Line up dari Indonesia Comic Con 2016 yang diadakan awal bulan oktober ini. Penampilannya selama 2 hari membuat para pecinta pop culture khususnya dalam soundtrack tokusatsu dibuat bernostalgia bersamanya. CreativeDisc selaku media patner dalam acara tersebut diberikan kesempatan untuk wawancara langsung bersama sang legenda ini. Yuk kita simak bincang-bincang kita bersama Kussy-san !

Kussy-san kan sudah mengisi beberapa sountrack dari era showa sampai heisei nih. Perbedaan era showa sama heisei dari lagu- lagunya apa?
Kushi : Pada saat saya menyanyikan lagu-lagu era showa itu liriknya lebih nyantai, lebih simple dan pasti ada hubungannya sama masa depan. Untuk di melodi, saya pribadi lebih condong di showa. Tapi pada saat masuk ke era heisei rhythm-nya lebih funky, lebih fun serta lebih power full. Lebih menunjukan anak muda. Meski begitu, baik di era showa atau heisei selalu ada perasaan semangat dari lagu itu untuk membahagiakan anak-anak di dunia. Tidak berubah dari era showa sampai era heisei.

Pengalaman apa sih yang paling memorable dan berkesan buat Kussy-san?
Khusi : Pengalaman paling berekesan itu ketika saya bernyanyi dan semua penonton ikut bernyanyi, sampai ada penonton yang menangis. Itu sangat menyentuh sekali.

Bisa diceritain ga awal mula Akira Kushida terjun di dunia musik khususnya untuk soundtrack tokusatsu ?
Khusi : Kurang lebih awal mulanya saya bikin lagu buat film jaman itu yang saya sukai, yaitu Mad Max. Waktu itu saya di minta langsung oleh sang composernya, Chumei Watanabe. Lalu dia bilang, “Saya mau dia bernyanyi untuk judul baru saya”. Setelah itu saya diberi kesempatan untuk menyanyikan lagu dari serial tokusatsu “Taiyo Sentai Sun Vulcan”. Yah begitulah awalnya perpaduan antara Mad Max dan Sun Vulcan lah awal mula saya berada di dunia tokusatsu.

akira-kushida

Menurut Kussy-san sendiri musik itu apa ?
Kussy : Karena dengan musik saya bisa bertemu dengan semua orang didunia, dan menurut saya musik adalah hal paling berharga setelah nyawa saya sendiri.

Bisa disebutin hal-hal yang kita ngga ketahui tentang Kussy-san ?
Kussy : – saya suka memancing.
-saya suka sekali mengendarai motor bisa dibilang seorang biker dan suka mengendarai motor motor besar maka dari itu banyak yang heran tubuh kecil naek suka motor besar hahaha.
-yang paling terakhir dan belum banyak orang tahu, saya dibilang kurang mengusai bahasa Jepang itu sendiri. Iya kata mereka bahasa Jepang saya aneh dan suka terbata-bata. Mungkin kalau saya belajar bahasa Indonesia malah lebih cepat bisa.

Teks : Ajimas Mansyur
Foto: Anton Wijaya Saputra

About The Author

Reply